Keesokan hari, gue pergi ke mall sehabis jemput banta. Kebetulan hari itu jumat, jadi bang bari bisa pulang cepat.“Ma, banta boleh ikut om yono belanja baju ke mall, nggak?” tanya banta begitu tau kalo gue berencana pergi ke mall.
“Banta di rumah aja bantu mama jaga toko,” sahut mbak arum sambil sibuk tata tepung kiloan ke rak bahan sembako menempel ke tembok sisi kiri ruang toko.
“Huh, bosen. Banta pengin main ke timezone.”
“Besok aja bareng papa,” balas mbak arum keukeuh.
“Banta janji nggak bakalan nakal di sana. Plis, boleh ya?” bujuk banta sambil pasang puppy eyes.
Mbak arum buang napas gusar, trus tengok ke gue. Kasih keputusan final ke gue.
“Nggak apa, mbak. Yono malah seneng kalo ada banta, jadi nggak jalan sendirian di mall,” kata gue bikin banta sontak bersorak girang sambil lari ke lantai atas.
“Sori mbak cuman ada uang segitu,” celetuk mbak arum sambil sodorin tiga lembar uang cepekan ke gue. “Kalo nggak cukup, bilang aja. Nanti mbak bakal ganti uang kamu.”
“N-nggak usah. Uang yono masih cukup, kok.”
“Udah, ambil aja. Gaji kamu bisa ludes kalo kamu pake buat bayar tarif banta main di timezone,” paksa mbak arum sumpalin lembaran uang itu ke genggaman tangan gue.
“Om yono. Ayo jalan,” ajak banta sambil tarik satu tangan gue begitu dia turun dari lantai atas setelah ganti seragam sekolah dengan kaos dan celana levis pendek. “Banta udah siap berangkat, nih.”
“Ya udah, mbak. Kami pamit pergi dulu.”
“Segera pulang sebelom makan malam,” pesan mbak arum ketika kami pamitan dan beranjak ke pintu depan.
Gue pun mengangguk. “Baik, mbak. Palingan abis ashar kami udah balik ke rumah.”
***
Udah hampir sejam gue keliling butik cari baju sesuai tren gaya busana anak muda jaman now. Meski pakaian gue kebanyakan masih bagusan, tapi keliatan ketinggalan mode kalo dibandingin sama pengunjung lain mall.
“Masih lama, om?” gerutu banta dari arah belakang gue. “Kaki banta udah mulai pegal, nih.”
“Banta tunggu aja di sana kalo udah capek jalan,” kata gue sambil tunjuk ke bangku taman imitasi bagi para pengunjung duduk santai setelah capek keliling mall. “Tetap duduk di sana sampe om selesai belanja di butik ini. Oke?”
Banta mengangguk malas, trus jalan ke bangku taman dengan aneka pot bunga imitasi.
Gue pun kembali mengamati deretan baju yang kegantung di rak sambil sesekali melirik ke bangku taman. Tapi selalu berubah pikiran tiap kali liat label harga baju.
Bukan bersikap pelit, tapi gue pikir boros betul kalo nominal ratusan ribu bakal habis cuman buat beli sepotong baju.
Karena lebih fokus liatin label harga, kali aja ada satu baju dengan harga di bawah seratus ribu, tanpa sadar gue tumbukan sama pelanggan lain yang jalan dari arah berlawanan.
“S-sori, aku—”
“Yono?” panggil sebuah suara yang cukup familiar di telinga gue.
“Altaf?” balas gue sambil dongak tatap pemuda tinggi ramping tepat di hadapan gue.
Yah, meski udah temenan hampir setahun sejak gue gabung komunitas gay daring. Tapi belom sekali pun kami bertatap muka secara langsung, cuma dari pesan singkat atau rekaman suara saat kita saling balas pesan.
“Yoi, bro.”
“Hei, yon. Kok nggak ajak kita sih, kalo mau belanja baju?” tegur sebuah suara bikin gue sama altaf menoleh ke sumber suara. Yap siapa lagi kalo bukan diaz. Mereka udah seperti gula dan semut.
Meski kadang bikin gue heran sih pas kita chattingan bertiga. Aneh aja gitu, kenapa mesti kirim pesan kalo bisa bicara langsung tanpa perantara ponsel.
“Oh, kalian ... menguntit aku?” tuduh gue merasa curiga sama kejadian kami bisa ketemu di butik itu secara kebetulan. Dari sekian ratus mall di jakarta, peluang bisa bertemu di satu tempat dalam waktu bersamaan tampak begitu mustahil bagi gue, kecuali ada alat pelacak kepasang...
“Oh, sialan,” umpat gue begitu sadar letak kesalahan fatal gue. “GPS?”
“Yap, kami melacak lokasimu dari sana,” aku altaf sambil tunjukin layar ponsel ke gue.
“Sori kalo kami udah ganggu privasi kamu,” sambung diaz pas liat reaksi kurang bersahabat gue.
“B-bukan begitu. Aku cuman ... oh, brengsek. Tau bakalan ketemu kalian di sini, aku pasti bakal dandan lebih dulu sebelom belanja ke mall,” jelas gue sambil menelisik penampilan altaf dan diaz secara bergantian.
“Plis, jangan coba hibur aku,” sambung gue saat diaz hendak buka mulut siap kasih wejangan soal bersikap bodo amat. “Aku tau udah kalah keren dari kalian.”
“Omong kosong,” umpat altaf liat keminderan gue. “Kamu nggak jelek, kok. Cuman kurang fashionable aja.”
Diaz mengangguk setuju. “Betul. Kamu cuman butuh beberapa setelan baju dan skincare baru untuk menunjang penampilan kamu.”
Mereka pun segera sibuk memilih model baju dan celana yang cocok sama bentuk badan gue.
Mulai risih pas mereka paksa gue coba pake beberapa baju pilihan mereka. “Uhm, kalo boleh jujur. Uang aku nggak cuk—”
“Tenang aja. Kami yang bakal bayar, kamu tinggal pake aja.”
“Tapi...”
“Kami nggak terima penolakan,” tukas diaz tegas sambil dorong pelan punggung gue menuju ruang ganti.
Sulit gue percaya, penampilan gue bisa berubah elegan dalam sekejap cuman dengan sepasang potongan kain. Nyaris nggak gue kenali sosok asing dalam pantulan cermin setinggi badan itu.
“Oke, sekarang giliran rombak gaya rambut kamu,” putus altaf sepihak sambil tarik lengan gue, sementara diaz sibuk bertransaksi di meja kasir bayar semua baju dan celana baru gue. “Ayo, kita ke salon.”
“Eh, tunggu,” tahan gue begitu teringat sesuatu.
Kaki altaf tetiba berenti, pun diaz yang baru keluar butik sambil tenteng kantong belanjaan, serentak mereka menoleh ke gue yang mematung dengan muka pucat dan bersimbah keringat.
“Ada apa, yon?”
“Banta,” sahut gue dengan napas tercekat dan mata memandang lurus ke depan, tanpa berani mengedip.
Mereka bertukar pandang sekilas sebelom balik tatap gue. “Banta ... siapa?”
“Ponakan aku. Dia ... nggak ada di bangku taman.”
To be continue >>>