Setiap orang pasti memiliki hobi untuk mengisi waktu senggangnya. Salah satunya adalah dengan cara memasak.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, memasak merupakan kata turunan dari kata masak yang berarti membuat atau mengolah penganan, masakan, gulai, dan lain sebagainya. Sedangkan Wikipedia menjelaskan bahwa memasak adalah suatu kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan bahan makanan supaya bisa dikonsumsi.
Berabad-abad yang lalu, manusia menemukan api untuk memasak. Di era paleolitikum atau zaman batu, makanan mulai menjadi ajang untuk merekatkan pertemuan dengan manusia lain atau dengan keluarga sendiri. Api menjadi pusat transisi dari makan makanan mentah menjadi matang.
Memasak sendiri membawa banyak manfaat. Selain untuk membuat perut kenyang dan memperpanjang umur seseorang, kegiatan tersebut juga bisa difungsiksn untuk membuang waktu luang agar tidak berakhir sia-sia. Dengan memasak, besar kemungkinan kita bisa menjadi lebih hemat.
Selain itu, memasak juga mengajarkan kepemimpinan serta kerja tim, mempererat hubungan sambil bersenang-senang dan pastinya menghasilkan makanan lezat.
Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu cara atau teknik memasak dengan benar. Ada pula yang enggan untuk belajar. Beberapa orang malah berpikir bahwa memasak adalah tugas yang membosankan. Ada pula yang beranggapan bahwa memasak bukan sebuah kewajiban atau tugas pokok yang harus mereka lakukan. Mungkin karena selama ini selalu ada orang lain di rumah yang selalu memasakkan makanan lezat untuk mereka, sehingga mereka dapat berpikir demikian.
Terlepas dari tanggapan-tanggapan miring mengenai aktivitas memasak, tahukah kamu bahwa semakin modern zaman, pengembangan skill memasak juga kian meluas? Bahkan memasak sendiri memiliki istilah-istilah tersendiri untuk menghasilkan olahan tertentu. Mirip seperti sub-genre pada sebuah buku.
Berikut adalah beberapa istilah umum dan juga basic yang perlu diketahui agar tidak salah sebut-terutama bagi para pemula-yang berhasil dirangkum.
1. Fry
KAMU SEDANG MEMBACA
Risettopia
غير روائيMenuang imajinasi dalam bentuk tulisan memang mengasyikan. Tapi jangan lupa bahwa fiksi ditulis dengan cakupan realita yang benar-benar terjadi di sekitar kita. Oleh sebab itu, riset sangatlah diperlukan. Supaya tulisan kita lebih menarik dan relate...