Truly Fighter, Jessica!

106 9 5
                                    

Apa yang terlintas di pikiranmu saat kau mendengar nama Jessica Jung? Belum pernah mendengarnya? Baiklah, mari kita kupas tuntas tentang siapa sosok yang namanya menjadi headline kali ini.

Apa yang terlintas di pikiranmu saat kau mendengar nama Jessica Jung? Belum pernah mendengarnya? Baiklah, mari kita kupas tuntas tentang siapa sosok yang namanya menjadi headline kali ini

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Jung Soo Yeon (정수연) atau yang biasa dikenal dengan nama Jessica Jung adalah seorang penyanyi yang telah melebarkan sayapnya sebagai bussiness woman. Ia lahir di San Fransisco pada 18 April 1989. Dan merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Amerika sebelum bertolak kembali ke negara asalnya, Korea Selatan untuk menjalani proses idol training.

Jessica masih berumur 11 tahun saat sebuah agensi ternama menemukan dirinya dengan bakat yang luar biasa. Sejak saat itu, ia resmi menjadi trainee di perusahaan tersebut untuk dididik dan dilatih supaya bisa menjadi sosok idola yang mengagumkan. Bersama sang adik—Krystal—ia menghabiskan tujuh tahun masa latihan sebelum benar-benar didebutkan sebagai salah satu anggota grup idola Girl's Generation, atau yang biasa disebut dengan nama pendek SNSD, pada tahun 2007.

Kemunculan grup idola baru tersebut di jagad musik Korea Selatan memang mencuri perhatian banyak masyarakat. Selain karena paras dari seluruh anggotanya yang cantik, lagu yang easy-listening, terdapat pula dua vokal kuat yang menjadi ciri khas grup, dan salah satunya adalah milik Jessica. Menarik.

Jessica memiliki karakter vokal yang unik. Suaranya lembut, halus, dan melengking indah. Ia juga mampu menjangkau nada tinggi dengan baik. Bahkan ketika ia berteriak pun akan terdengar seperti suara lumba-lumba yang bersenandung ceria di pantai lepas. Range vokal yang ia miliki mencapai 3 oktaf—berkisar antara D3~D6. Dengan rentang yang didukung meliputi G3 / G # 3 ~ B4 / C5. Vokal yang miliki tersebut termasuk dalam kategori register chest voice, atau dengan kata lain suara alami. Jessica sangat kental dengan register semacam ini sehingga sangat membantu ketika ia berada di vocal fry alias nada terendah atau saat mencoba head voice nada tinggi walau dengan menggunakan falsetto.

Tipe vokal yang dimiliki oleh Jessica merupakan light lyric soprano, yakni suara sopran yang memiliki suara lebih besar dari soubrette tetapi masih memiliki kualitas muda, terang, dan girlish. Penyanyi lain dengan tipe suara serupa antara lain Ariana Grande, Demi Lovatto, Gita Gutawa, Agnez Mo, Rossa, dan lain sebagainya. Tentunya dengan teknik register yang berbeda-beda, ya.

Meski terkadang Jessica terlihat tidak konsisten dengan suara yang diambilnya, tetapi ia merupakan salah satu penyanyi KPOP dengan chest register yang sangat baik. Maka tak heran jika pada masa itu ia didapuk sebagai vokalis utama di dalam grup bersama Taeyeon.

Karier seorang Jessica Jung bersama SNSD kian hari kian melesat. Berawal dari lagu 'Gee' dan 'Tell Me Your Wish', popularitas yang diraih pun tak main-main. Sempat menjuarai beberapa chart musik dan memenangkan banyak penghargaan di Korea Selatan adalah salah satu bukti nyata.

Namanya kian santer diperbincangkan khalayak luas tatkala lagu 'The Boys' dirilis pada tahun 2011. Pasalnya pada menit 3.20 hingga 3.29 dalam lagu tersebut, Jessica sukses membuat para penikmatnya merinding saat suaranya dengan lantang melantunkan lirik 'Cause the girls bring the boys out' berhasil mencapai nada tinggi yang umumnya sulit dijangkau oleh penyanyi lainnya. With her smooth voice she really did it perfectly at that time.

RisettopiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang