Reno tertawa kecil setelah membaca sederet chat dirinya dengan Sekar. Bermula dari gadis itu yang tiba-tiba mengirim tautan google form tentang penelitian fenomena putus cinta dan menyuruh Reno untuk mengisinya. Katanya biar galaunya sedikit lebih berguna.
Akhir-akhir ini mereka berdua memang kerap kali menghabiskan waktu bersama sebagai sesama sobat patah hati. Entah hanya untuk nongkrong gak jelas sambil menghabiskan waktu di cafe—atau angkringan kalau lagi gak ada duit—atau cuma sekadar lari pagi keliling kampus. Bahkan partner sepedahan Reno yang semula Gavin kini berubah jadi Sekar.
Reno bilang olahraga adalah salah satu pengalihan patah hati yang sehat dan Sekar ingin mengujinya sendiri apakah benar begitu atau tidak karena Sekar sendiri tidak punya metode khusus bagaimana cara dia menangani kegalauannya akan sang mantan.
Pernah suatu malam Sekar browsing internet dengan kata kunci 'tips moveon paling ampuh' kira-kira beginilah isinya sebagaimana yang dilansir dari laman merdeka.com
1. Seimbangkan kenangan mantan yang melintas
Baru tips pertama Sekar sudah gagal melakukannya karena 70% dalam pikirannya masih berpusat pada Zein si mantan terindah—karena dia satu-satunya mantan yang Sekar punya.
Padahal kata Guy Winch dalam bukunya yang berjudul How to Fix a Broken Heart, katanya kamu perlu memastikan setiap pikiran tentang mantan tetap realistis dan tidak berat sebelah. Jika pikiranmu memunculkan momen-momen bahagia kebersamaan kalian saat weekend, kamu perlu menambahkan momen-momen weekend yang membuatmu marah dan benar-benar sedih.
Namun, Sekar tidak bisa melakukannya karena dia ini tipe cewek yang persis digambarkan dalam lagu Mawar De Jongh, yang liriknya kaya gini : “Aku yang minta maaf walau kau yang salah.”
Iya, selama ini Sekar selalu mencoba mempertahankan hubungan mereka dengan segala cara. Apapun kesalahan yang Zein lakukan, akan dia maafkan dengan mudah, malah kadang jadi Sekar yang minta maaf karena tidak bisa jadi pacar yang baik untuk Zein.
Kata Citra hubungan mereka ini toxic, tapi bagi Sekar si bucin nomor satu yang sudah dibutakan oleh cinta, katanya itu merupakan salah satu perjuangannya. Padahal pacaran itu dilakukan berdua, kalau yang berjuang hanya sendirian maka yang terlihat di depan hanyalah perpisahan.
2. Jangan kepoin media sosialnya.
Tips nomor dua berhasil Sekar lakukan, tapi hanya bertahan beberapa hari saja karena setelahnya Sekar mengidap kepo akut yang berakhir membuka blokir akun media sosial Zein dan melancarkan aksi stalking mantan. Seperti kebiasaan para cewek gagal moveon pada umumnya. Apalagi akun instagram Zein tidak dikunci dan dia lumayan aktif di media sosial. Kerap kali ia membagikan momen bersama teman-temannya atau sekedar membuat snapgram berisi lagu yang sedang ia dengarkan dan berujung Sekar ikut-ikutan mendengarkan lagu tersebut.
3. Stop mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir.
Kalau yang ini sih Sekar tidak kesulitan, karena ia tahu apa yang menyebabkan hubungan mereka berakhir yakni Zein yang kemungkinan sudah bosan pada Sekar dan dirinya yang dengan begonya coba-coba minta putus. Niatnya hanya ingin menguji Zein, tapi siapa sangka cowok itu malah mengiyakan dan hal yang paling Sekar takutkan malah jadi kenyataan.
4. Bercermin Kepada Pengalaman.
Maksud dari poin ini adalah membuat daftar apa saja yang tidak pernah Sekar lakukan, tapi pernah dilakukannya demi sang mantan. Tentu saja ini banyak, bahkan saking banyaknya Sekar jadi malas membuat daftarnya. Diantaranya adalah membuat Zein jadi prioritas nomor satu padahal Zein tidak melakukan hal yang sama, menutup diri dari lingkar sosial karena dunianya hanya berpusat pada Zein—itu juga yang jadi alasan kenapa Sekar hanya punya Citra sebagai temannya, padahal waktu SMA teman Sekar banyak bahkan hampir ada di setiap kelas.
KAMU SEDANG MEMBACA
Heart Pieces [𝙴𝙽𝙳]
Ficción GeneralIni tentang Sekar dan segala kegalauannya akan sang mantan juga tentang Reno yang datang untuk menolong, tapi malah berakhir jadi yang ditolong. Tentang dua hati yang patah dan dipertemukan untuk saling memperbaiki. Romance | Campus Life Start : 13...