19) Harry Menjelaskan

735 107 40
                                    

Sembilan Belas—Harry Menjelaskan

(19 Desember 1987)

Selama bertahun-tahun, Sirius tidak pernah percaya bahwa membungkamkan atau benar-benar mengejutkan Kepala Sekolah itu mungkin. Sebagian besar waktunya ketika dia menjadi murid di Hogwarts telah dihabiskan untuk mencari cara untuk mengejutkan lelaki tua itu, dan banyak prank yang telah dilakukan Marauder dengan tujuan semata-mata untuk membuat pria itu terperanjat atau meringis. Tetapi semuanya telah gagal, dan akhirnya para Marauder mengakui satu-satunya kekalahan mereka: mereka tidak dapat mengejutkan Kepala Sekolah.

Tentu saja, ketika Sirius mengejutkan Kepala Sekolah dengan ketidakbersalahannya sebelumnya, Animagus itu telah menganggapnya sebagai kemenangan pribadi. Tetapi rupanya dia memiliki sedikit persaingan, karena Harry, seorang bocah yang kurang dari setengah usianya, telah mengejutkan lelaki tua itu hingga tidak bisa berkata-kata.

Ketika Harry mengakui bahwa dia adalah seorang Shapeshifter, mata Dumbledore menjadi sangat, sangat lebar, dan Sirius mulai bertanya-tanya apakah itu baik bagi kesehatannya, di usianya, untuk benar-benar dikejutkan dua kali dalam satu hari.

"Shapeshifter!" Dumbledore berucap pelan. "Shapeshifter." Tampaknya butuh beberapa saat bagi pemikiran tersebut untuk menempati benak Kepala Sekolah; dia menatap Harry beberapa saat dan kemudian bertanya, "Bagaimana?"

Harry membuka mulutnya untuk berbicara, tetapi Dumbledore menjawab pertanyaannya sendiri. "Tentu saja, tentu saja," gumamnya pada diri sendiri. "Shapeshifter lahir secara acak, ini bukan soal keturunan..." suaranya terlalu rendah bagi Sirius untuk mendengar lebih banyak lagi. "...tapi Shapeshifter terakhir... tidak dalam beberapa tahun... tetapi kemungkinan kau mendapati... itu sangat luar biasa!" Kepalanya tiba-tiba terangkat. "Maukah kau membiarkanku melihat demonstrasi kecil?"

"Tentu," kata Harry, sedikit bingung. Dia berdiri dan berubah menjadi burung gagak hitam yang telah Sirius dan Remus lihat sebelumnya dan terbang ke udara untuk hinggap di meja Dumbledore.

"Menakjubkan," kata Dumbledore, segera mencondongkan tubuh lebih dekat ke burung hitam itu, yang berjingkik mundur satu inci atau lebih. Sirius dan Remus menahan senyum melihat ekspresi terpesona di wajah mantan Kepala Sekolah mereka. "Fenomenal!"

Harry berubah kembali dan duduk dengan nyaman di kursinya.

"Tapi kemudian—..." Kepala Sekolah terpikirkan munculnya sesuatu dalam benaknya yang mengalir dengan sangat cepat. "Kau harus memiliki—"

Harry mengangguk.

"Dan kau sudah berbicara dengan—"

Harry mengangguk lagi.

"Fenomenal!" Dumbledore mengulangi saat dia bersandar ke kursi sambil berpikir.

Remus dan Sirius yang sampai sekarang menertawakan Dumbledore, sekarang benar-benar bingung. "Apa yang dia bicarakan?" Sirius bertanya pada Harry, yang sedang duduk kembali.

"Well," Harry berkata perlahan, "kurasa Shapeshifter tidak cukup langka seperti yang semua orang kira. Mungkin... mungkin satu dari beberapa ribu orang adalah Shapeshifter."

"Tapi itu mustahil," kata Remus. "Shapeshifter yang terakhir tercatat itu lebih dari tiga ratus tahun yang lalu. Aku mencarinya di buku sendiri! Jika itu benar—"

"Tunggu, tunggu, tunggu," Harry berkata cepat, mengangkat tangannya sebagai isyarat tenang terhadap luapan informasi Remus. "Maksudku hanya sekitar satu dari dua ribu orang bisa menjadi Shapeshifter. Maksudku, mereka adalah Shapeshifter tapi tidak mengetahuinya, kurasa."

Dia memberi cengiran miring. "Hanya ada satu aturan yang harus kau ikuti untuk menjadi Shapeshifter: kau perlu berteman dengan Boggart."

***

Shift | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang