17) Di Mana Lebih Banyak Hal Berjalan Salah

539 91 17
                                    

Tujuh Belas—Di Mana Lebih Banyak Hal Berjalan Salah

(19 Desember 1987, sore hari)

Harry berdiri di salju di luar desa. Dia mengenakan salah satu mantel tebal milik Remus yang hampir mencapai lututnya, sepatu bot saljunya sendiri yang terbenam jauh ke dalam salju putih, syal biru untuk menutupi hidung dan mulutnya, dan topi untuk menutupi rambut dan bekas luka khasnya. Saat itu masih turun salju, jadi Harry berharap pakaian ini akan membantu menyamarkannya, dan dia tidak akan menimbulkan kecurigaan karena dia hanyalah seorang anak kecil yang bepergian sendiri. Yah, bagaimanapun juga Devlin bersamanya, tapi itu tidak banyak membantu.

Dia bergumam pada dirinya sendiri, "Ini sebaiknya berhasil," dan dia menjulurkan lengan kanannya dan melambaikannya selama beberapa detik. Dia berhenti sejenak, tangan membeku di udara, lalu melambai lebih liar.

Tidak terjadi apa-apa. Dia menghela napas, "Kurasa tidak ada gunanya, Devlin. Aku bahkan tidak punya tongkat sihir, jadi tidak mungkin-"

Terdengar bunyi DUAR keras, dan Harry mengangkat tangannya untuk melindungi matanya dari cahaya menyilaukan yang muncul tiba-tiba. Dia dengan cepat mengambil beberapa langkah mundur, hampir tersandung di salju, dan kemudian sebuah bus tingkat tiga yang sangat besar berwarna ungu menderu-deru di depannya.

Bus Ksatria.

Harry tidak bisa menahan senyum di balik syalnya, bersyukur bahwa itu berhasil, bersyukur bahwa dia ingat salah satu dari banyaknya cerita Sirius tentang para Marauder...

Seorang kondektur dengan rambut abu-abu pendek dan hidung yang tampak agak pesek melangkah keluar dari bus dan melafalkan, "Selamat datang di Bus Ksatria, transportasi darurat untuk para penyihir yang tersesat. Julurkan saja tangan-pemegang-tongkatmu, naiklah ke atas-" di sini dia membentangkan salah satu lengan ke arah pintu untuk menunjukkan bahwa Harry harus masuk ke dalam bus, "-dan kami bisa membawamu ke mana saja kau ingin pergi. Namaku Jerry, dan akulah kondekturmu malam ini."

"Terima kasih," ucap Harry. "Um, bisakah anjingku ikut juga? Dia sangat berperilaku baik, dan—"

"Tentu, tentu," kata Jerry. "Kau bepergian sendiri, Nak?

"Ya, sir," kata Harry sopan. Jerry memandangnya dengan penasaran, jadi Harry melanjutkan, bersiap. "Aku akan menemui bibiku di Hogsmeade, tapi Mum agak sakit—dia memutuskan untuk tetap di rumah di tempat tidur."

Jerry mengangguk, dan Harry dalam hati mendesah lega. "Oke, Nak. Siapa namamu?"

"Er... James... James Evans," kata Harry, berpikir cepat.

"Well, Jim, kau harus membayar sebelas Sickle untuk pergi ke Hogsmeade."

Harry memasukkan tangannya ke dalam saku, mencari uang yang buru-buru dia "pinjam" dari Remus, dan menyerahkannya. Jerry mengambilnya dan memberi isyarat agar Harry duduk. Pria itu meneriakkan sesuatu dan kendaraan bertingkat itu tiba-tiba melesat maju lagi dengan bunyi DUAR keras, dan Harry terjatuh ke belakang dan mendarat dengan agak kikuk di lantai. Devlin memeking kesal, setelah tergelincir ke beberapa kursi, dan Harry dengan gemetar membangunkan diri ke kursinya dan, tidak ingin menarik lebih banyak perhatian pada dirinya sendiri, lanjut berpegang pada sisi bus selama perjalanan.

***

Ketika Bus Ksatria akhirnya berhenti tiba-tiba di tujuan mereka, Harry nyaris menyeret Devlin ke pintu, berterima kasih pada Jerry dan sopir bus, dan memijak tanah. Kendaraan bertingkat itu berbunyi DUAR keras di belakangnya dan melesat pergi.

"Itu sangat mengerikan," gumamnya pada Devlin sambil menarik napas dalam-dalam, "dan kuharap kita tidak perlu melakukannya lagi." Dengan Devlin yang menjilati punggung tangannya untuk menenangkan, Harry memperhatikan sekelilingnya.

Shift | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang