Ziz adalah makhluk berwujud burung raksasa menyerupai elang, yang lebar sayapnya mampu memblokir matahari. Ziz termasuk salah satu dari tiga hewan raksasa yang diciptakan yahweh dalam agama yahudi dan kristen, namanya muncul di kitab mazmur. dinobatkan menjadi penguasa atas burung dan langit, Ziz tidak bersifat ganas seperti behemoth dan leviathan. Ziz juga tidak dimasukkan dalam demonologi karena sifatnya sebagai pelindung dari badai angin selatan. menurut mitos, tubuh Ziz teramat besar sehingga kepalanya mencapai langit, dan suaranya yang indah serupa dengan renamin yang dalam bahasa ibrani berarti bersuara keras (burung unta betina). dalam kitab ayub, Ziz disebut sebagai sekwi, sang peramal, dan dalam bahasa talmud disebut bar yokni atau bar juchne yang berarti anak anak sarang karena burung burung Ziz menetas tanpa perlu dierami induknya.
ada cerita yang menyebutkan seorang pengembara melihat Ziz berdiri di lautan dan kepalanya mencapai langit. lautan tersebut tampak dangkal karena airnya hanya sebatas tumit Ziz, dan dia ingin mandi di dalamnya. namun, sebuah suara dari surga melarang pengembara tersebut, menceritakan tentang kampak seorang tukang kayu yang jatuh ke dalam laut itu dan baru 7 tahun kemudian mencapai dasarnya. ada juga cerita mengenai telur burung Ziz yang terjatuh dari sarang ke dalam laut dan menyebabkan tsunami hingga menenggelamkan 16 kota dan menghancurkan 300 pohon cemara.
Ziz muncul dalam kisah nabi nuh dan merupakan satu satunya makhluk penghuni taman eden yang tidak tergoda memakan buah terlarang walau sudah dibujuk hawa.
Seperti Leviathan, demikian Ziz adalah makanan lezat untuk disajikan kepada orang-orang saleh di akhir zaman, untuk mengkompensasi mereka atas kekurangan yang menjauhkan diri dari unggas najis yang dikenakan pada mereka. Ziz di ciptakan pada hari kelima,
mitos Ziz sendiri ada beberapa macam :
1. anka (mitos persia dan india) merupakan burung elang raksasa yang lebar sayapnya mencapai 20 kaki dan suaranya sangat kencang. anka tinggal di gunung dan dikatakan hanya hidup satu ekor di masa kehidupan nya. anka menjadi simbol kekuatan dan cinta
2. roc (mitos arab) merupakan burung elang raksasa yang ditemui sinbad ketika dia terdampar di sebuah pulau. dalam perjalanan nya, marco polo dikatakan juga pernah melihat burung elang yang sangat besar hingga sanggup menopang gajah.
3. kun peng (mitos cina) mirip dengan roc, dan merupakan perpaduan Ziz dan leviathan. kun berarti ikan raksasa yang dikaitkan dengan Ziz. konon, kun berenang di laut untuk beberapa lama lalu bertransformasi menjadi burung dan terbang ke langit.
Ziz muncul dalam banyak game sebagai karakter monster, misalnya game brave fronther di mana Ziz bisa bertransformasi, game reign of dragons di mana Ziz digambarkan sebagai naga, game blood brother dan game yu gi oh.
SEREM YAA GUYS
~TQ