Baku adalah makhluk mitologi yang terkenal dari cina dan jepang, wujudnya hampir mirip dengan tapir melayu, diceritakan baku memiliki tubuh seekor beruang, hidung seperti gajah, cakar setajam harimau dan mempunyai ekor seekor lembu, sebuah legenda mengatakan kenapa baku terlihat sangat aneh bahwa ketika para dewa selesai menciptakan binatang mereka mengambil sisa sisa yang tergeletak dan menempelkan semua bagian tersebut untuk membuat seekor baku.
Sosok baku diceritakan memiliki kemampuan untuk memakan Mimpi buruk seseorang. Umumnya mereka sering muncul untuk memakan roh roh jahat yang menyebabkan mimpi buruk pada manusia. Biasanya untuk memanggil seekor baku, seseorang harus mengucapkan doa terlebih dahulu sebelum mereka beranjak tidur, di saat mereka sudah mengalami mimpi buruk, mereka harus mengucapkan doa kedua untuk membuat baku datang dan memakan mimpi buruk mereka.Doa nya yang berbunyi seperti ini "Baku-san, yume o tabe ni kite" yang artinya "Bakusan, datang makan mimpi saya" jika permintaanya terkabulkan sosok baku akan datang pada malam hari dan masuk kekamar untuk menghisap mimpi buruk orang tersebut hingga lenyap. Akan tetapi jangan terlalu sering memanggil sosok baku karena sosok baku yang terlalu lapar mungkin tidak akan kenyang hanya dengan menghisap mimpi saja namun juga bisa menghisap harapan, ambisis dan bahkan masa depan orang tersebut.
Baku sering disalahartikan dengan hewan legendaries cina lainnya, Hakutaku (disebut Ze bai dalam bahasa cina) bahkan di kuil Gobyakukan-ji di Tokyo ada sebuah patung yang disebut Baku King yang sebenarnya adalah patung Hakutaku
Seperti hal nya makhluk folklor lain, baku telah berubah selama berabad abad. Dalam legenda cina tertua, baku diburu banyak orang untuk di ambil bulu mereka. Dikatakan bahwa menggunakan selimut yang terbuat dari bulu baku merupakan sebuah jimat melawan penyakit dan kebencian roh roh jahat.
Konon baku akan memberikan nasib baik kepada siapa pun yang telah memanggil mereka.
~tq
Jangan lupa like and share ya guys
Mampir ke ig mimin juga boleh xixi 🙂
IG : taufiq_fajry