Thanks to

1K 115 6
                                    

Author Note:

Makasih banyak buat kalian yang udah baca cerita Reveal dari awal. Sejujurnya, aku gak nyangka kalo ada yang baca.

Maaf banget kalo ternyata gak sesuai sama imajinasi kalian di awal. Karena sejujurnya, waktu bikin script awal, dan ke depannya mau gimana, bukan Bomin yang jadi pelaku. Tapi ya beginilah isi otak-ku.

Aku juga mau minta maaf banget kalo ada kesalahan typo dan salah pengertian dibeberapa yang berkaitan sama medis. Karena, aku bukan anak IPA, bukan juga anak yang berniat ambil Kedokteran. Cuma anak yang kebetulan suka detektif sama psikologi tapi malah nyasar ke Multimedia.

So, I'll apologize about that.

Beberapa pertanyaan yang mungkin ada dibenak kalian:

1. Pyromania yang diderita Sanha
>Pyromania adalah gangguan mental yang ditandai dorongan kuat untuk menyulut api yang dilakukan pengidap untuk meredakan rasa cemas atau gelisah. Biasanya penderita akan membakar kertas sebagai objeknya untuk menghilangkan rasa cemasnya.

Jangan pernah sesekali ambil atau sembunyiin korek dari orang penderita pyromania pas mereka lagi butuh. Sekalinya kalian lakuin kayak gitu, mereka bisa aja lebih parah. Mainannya bukan sama korek lagi, tapi sama benda tajam disekitarnya terus lukis tangannya pake benda tajam itu, alias Self-harm.

2. Apa itu Hematophobia?
> Hematophobia atau hemophobia adalah fobia darah. Fobia ini termasuk jenis fobia spesifik yang ditandai dengan rasa takut atau cemas luar biasa ketika melihat darah, baik darah mereka sendiri, orang lain, binatang, dan bahkan darah dalam bentuk gambar atau tayangan di televisi.

Fobia darah merupakan salah satu jenis gangguan mental. Biasanya orang yang memiliki fobia darah juga menderita phobia jarum suntik (Tripanofobia).

3. Seungmin 'kan penderita hematophobia, kok dia bisa ambil bagian yang berkaitan sama racun di tim ini?
> Bisa. Cara kerja Seungmin beda dari Renjun atau Jaemin. Seungmin lebih suka neliti jenis racun dari minuman yang diminum korban. Bukan dari korbannya langsung.

4. Katanya Seungmin penderita hematophobia, apa gak papa dia deketan sama makhluk halus di tribun yang katanya bunuh diri? Kalo bunuh diri 'kan pasti banyak darah.
> Gak papa. Gak jahat juga ghost-nya. Karena ini masih teka-teki, aku gak bakal bahas banyak.

5. Han sakit apa, kok dalam pengaruh obat-obatan?
> Anxiety Disorders. Lagi di masa pemulihan, tapi kadang dia juga masih merasa cemas di waktu-waktu tertentu. Pengobatannya bisa terapi psikologis, seperti cognitive behavioral therapy (CBT). Atau juga bisa pakai obat-obatan Anti-depresan, seperti SSRI. Kalau obat-obatan, biasanya disarankan langsung sama dokternya.

6. Dapat ide dari mana?
> Aku tertarik sama detektif dari SD dan psikologi dari kelas 8. Waktu lulus SMP, kepikiran aja kalo di sekolah baru ada kasus ginian. Bukan berarti aku mengharapkan di sekolah baru ada kasus ginian, ya.

Pyromania - Sanha. Awalnya aku gak mau angkat topik gangguan mental dari pyromania, hematophobia, sampai anxiety. Tapi setelah ku pikir-pikir lagi, alasan kenapa Bomin dendam ke Sanha harus jelas.

Kalau orang awam, pasti mikirnya penderita pyromania yang sebabin kebakaran, padahal itu belum pasti. Karena penderita pyromania kalau mau main bakar-bakaran juga bakal mikir dulu kerugiannya. Tapi itu tergantung gimana orangnya sih.

Hematophobia - Seungmin, itu terinspirasi dari aku. Aku gak bisa liat darah, bukan ke darahku, tapi ke darah orang. Kalo liat, rasanya mual. Kayaknya bakal seru kalo cerita di real-life ku ubah jadi cerita fiksi. Karena, gak banyak orang yang tau tentang fobia ini.

[END] REVEAL - 00LTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang