"Bu guru, kenapa sih kita harus belajar bahasa Indonesia?".
"Bosen belajar bahasa Indonesia,bu guru. Banyak teksnya!"Demikianlah beberapa celetukan kalimat yang acap kali saya dengar dari siswa-siswi saya di sekolah. Entah saya harus menganggap itu sebuah keluhan, curhatan, atau mungkin mereka memang benar-benar menuntut jawaban. Bahkan tidak jarang mereka kadang-kadang meremehkan mata pelajaran bahasa Indonesia dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, seperti Matematika, IPA, Fisika dan lainnya. Misalnya, pada saat ada ulangan IPA atau Matematika, mereka akan belajar mati-matian. Sedangkan pada saat ulangan bahasa Indonesia, mereka akan cenderung lebih santai.
Mata pelajaran bahasa Indonesia memang sudah menjadi mata pelajaran pokok selain dari mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris (untuk jenjang SMP/Sederajat). Beberapa mata pelajaran wajib masuk ke dalam daftar soal UN.
Sejak masuk bangku sekolah hingga ke perguruan tinggi sekalipun, kita akan selalu bertemu dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.Kalau dipikir-pikir, anak yang belum sekolah saja sudah bisa berbahasa Indonesia. Jika bahasa ibu atau bahasa pertama yang diperkenalkan oleh orang tuanya tentu saja bahasa Indonesia. Tidak hanya orang kantoran atau orang berpendidikan saja. Tukang cilok, tukang becak, kenek, pengamen,mereka semua bisa berbahasa Indonesia.
Jadi, kenapa sih harus ada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah?Memang hampir semua orang bisa berbahasa Indonesia. Akan tetapi, tidak semua orang mampu berbahasa Indonesia. Di sinilah perbedaannya. Antara orang yang bisa dengan orang yang mampu. Kecuali orang-orang yang memang tidak bisa berbahasa Indonesia dan hanya bisa berkomunikasi menggunakan bahasa daerah saja.
Orang yang bersekolah, tidak hanya akan sekedar bisa berbahasa Indonesia. Tetapi juga, mereka akan mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berbahasa yang baik artinya menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan situasi dan kondisi. Sedangkan berbahasa yang benar artinya menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah kebahasaan.
Itulah alasan mengapa belajar bahasa Indonesia sangat penting.
Budi luhur bangsa Indonesia, terletak pada budi penduduknya. Budi penduduk akan tercermin dari bahasanya.Tetap semangat.
(Mataram, 27 Mei 2021)
KAMU SEDANG MEMBACA
Artikel Ramputan
Random"Artikel Ramputan" ini saya tulis dalam rangka mengikuti tantangan "30 Hari Konsisten Menulis". Kata "Ramputan" saya ambil dari bahasa daerah asal saya, daerah Lombok yaitu bahasa Sasak. Dalam bahasa Indonesia biasanya disebut sayur asem. Di mana se...