Sudahkah Saya Dewasa?

28 8 4
                                    

Dewasa, sering kali dikaitkan dengan usia.
Apakah orang yang sudah berusia banyak itu pasti dewasa?
Apakah orang yang lebih muda tidak mungkin bisa lebih dewasa dari orang yang lebih tua?

Tolak ukur untuk mengetahui kedewasaan seseorang, tidak dapat diukur hanya dari makin bertambahnya usia. Akan tetapi, kedewasaan seseorang dapat dilihat dari pola pikir yang matang. Nyatanya, banyak orang yang umurnya lebih muda, justru lebih dewasa dibandingkan dengan orang yang umurnya lebih tua.

Mengutip pernyataan seorang penulis, Carroll Bryant, "Growing old is mandatory but growing up is optional". "Menjadi tua adalah pasti, tapi menjadi dewasa itu adalah pilihan".
Kita semua pasti berproses dan akan terus bertumbuh dalam hidup ini. Begitu juga dengan kedewasaan. Merupakan hal yang senantiasa akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Adapun hal-hal yang dapat membentuk kedewasaan seseorang antara lain: berani membuat perubahan dalam hidup ke arah yang lebih baik, pengalaman hidup yang begitu banyak dan rumit, keberanian dalam menentukan pilihan hidup, mampu bersikap bijaksana dan rendah hati dalam menyikapi segala hal, bisa mengontrol emosi, berani mengakui kesalahan serta tidak menyalahkan.

Perlu diingat bahwa, kedewasaan tidak akan datang begitu saja. Akan tetapi, dengan cara melatih pola pikir untuk menjadi dewasa.
Intinya adalah kemampuan dan juga niat untuk terus berproses memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Open minded dan selalu belajar dalam setiap prosesnya.

Semoga bermanfaat.

(Mataram, 09 Juni 2021)

Artikel RamputanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang