☀️ Wisata Masa Lalu

80 16 20
                                    

Terhitung udah tiga tahun menginjak empat tahun hubungan Azam dan Rachel berjalan hingga kala itu. Baik buruknya Rachel, Azam udah tau begitupun sebaliknya. Kisah masa lalu mereka udah bukan rahasia lagi diantara keduanya.

"Lo berapa taun sama Rachel?" Tanya Eric kala itu. Manusia yang bermigrasi ke Amerika lagi nyambangin tanah airnya.

Azam yang lagi berkutat dengan komputer di depannya lantas menolah. Tiba-tiba banget sobatnya ini nanyain hal itu, padahal tadi lagi asik sendiri ngemilin mie goreng. "Ngapain nanyain itu?"

"Lo nggak bosen apa?" Pertanyaan yang terlontar dari mulut Eric membuat kerutan samar di dahi Azam.

"Nggak. Ngapa lo? Masih suka sama Acel gue?" Tanyanya curiga.

Eric seketika langsung tersedak mie gorengnya. "Ya masih lah, lo kira gampang move on sama yang modelan kek Rachel? Lo sih curang anjing nyolong start duluan."

Azam lantas tergelak. Kalo diinget-inget lagi emang Azam ngebet banget mau macarin Rachel, alasannya ya tentu saingannya dimana-mana. Bahkan beberapa temennya Willy, mantannya Rachel juga gencar pepetin Rachel pasca kabar putusnya Willy sama Rachel mengudara.

"Ya gimana ya Ric? Lo tau sendiri saingan gue bukan cuma lo doang." Ujar Azam di sela tawa renyahnya.

Eric mendelik. Dulu dia juga berjuang, ngajakin Rachel jalan tapi ditolak mulu, eh nggak lama kemudian ada kabar Rachel jadian sama Azam. Kalo bukan temen pasti udah Eric ajakin adu gulat di tengah lapangan.

"Dah lah buruan putus deh lo! Biarin gue sama Rachel jadian." Ucapan Eric tentu nggak dianggap serius sama Azam. Emang Rachel mau sama modelan kek Eric? Kaya sih iya, ganteng juga iya, cuma kan namanya hati nggak bisa dipaksa buat jatuh cinta. Iyekaaan???

"Enteng banget congor lo, dapetin dia nggak segampang mungut cabe di pinggir jalan." Azam merubah posisinya yang semula menghadap komputer menjadi menghadap Eric sepenuhnya.

Eric mengangguk setuju. "Dia beda atau cuma karena gue suka sama dia ya? Taulah pokoknya lo pemenangnya. Gue kira dulu lo nggak sampek setahun sama dia, taunya sampek lo gondol kemana-mana tuh anak."

Perlahan senyum bangga lebih ke sombong terbit di wajah Azam. Kek sebuah prestasi yang membanggakan sejuta umat bisa macarin anaknya pak Haeswe.

"Orang yang baru kenal sama lo pasti ngiranya lo suka gonta-ganti cewek. Padahal mah lo cuma bisa bucin sama satu cewek doang." Lanjut Eric, setuju sih sama Eric. Muka Azam emang tergolong muka-muka predator kehausan mangsa, tapi aslinya mah dia bucin level dewa sama satu orang.

"Gue nggak butuh cewek lain, semua yang gue butuhin udah ada di cewek gue. Kalaupun gue harus berkorban buat pertahanin dia, apapun bakalan gue lakuin." Ucap Azam yang tiba-tiba berubah menjadi lebih serius, Eric aja yang denger langsung melebarkan matanya. Terkamchagia.

Jujurly dia nggak pernah ngira bakalan denger Azam ngomong kayak gitu. "Kalo suatu hari dia hianatin lo, lo juga masih mau pertahanin dia?"

Azam mengangguk yakin. "Rachel dua dunia gue, kalo dia pergi gue udah tamat."

Eric lantas tertawa remeh. Azam beneran sebucin itu sama Rachel, entah apa aja yang udah terjadi selama dia meninggalkan tanah airnya. Tapi yang jelas udah terjadi beberapa hal yang akan membuat kedua sahabatnya menjadi lebih serius.

☀️☀️☀️

Di kantin FISIP yang megahnya kayak kantin gedung whyji itu Rachel lagi menikmati semangkuk soto dengan berpaduan es nutrisari favoritnya.

Dulu kata Kara soto di kantin fakultasnya emang juara, karena penasaran Rachel akhirnya mampir buat buktiin sendiri. Dan ternyata beneran, Rachel langsung ketagihan.

[ii] A S M A R A L O K ATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang