1. Vitis vinifera

13.7K 1.1K 58
                                    

Heyho, Kakak2!
Selamat membaca bab pertama cerita ini, bagi Kakak2 yg sudah berbuka puasa

Bagi yang belum buka puasa, baca bab ini nanti aja setelah buka puasa ya Kak hehehe 😘

* * *

Sejumlah penelitian membuktikan buah anggur mengandung sejumlah bahan bioaktif seperti flavonoid (seperti kuersetin) dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Daya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas inilah yang dipercaya, dan kemudian lanjut diteliti potensinya sebagai anti-aging, anti-inflamasi dan antikanker. Kulit buah dan biji anggur, terutama anggur merah, mengandung resveratrol, yang berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan potensi aktif sebagai kardioprotektif, antidiabetes dan antikanker, meski hal ini masih terus diteliti.

Diluar potensi antioksidannya, anggur juga dimanfaatkan sebagai produk minuman. Daging buahnya dihancurkan dan difermentasi, menghasilkan minuman beralkohol dengan harga yang mahal.

Karena buah aslinya yang mengandung flavonoid, polifenol dan resveratrol dianggap memiliki efek antioksidan, antiaging, antidiabetes atau anti penuaan dini yang baik bagi kesehatan, maka sejumlah orang juga meneliti potensi efek baik dari konsumsi wine dan minuman beralkohol lain yang merupakan hasil fermentasi anggur, bagi kesehatan.

Penelitian memang membuktikan bahwa terdapat kandungan kuersetin pada ampas anggur, sebelum difermentasi. Meski demikian, kita tidak bisa begitu saja mengharapkan efek baik kuersetin di dalam wine sebagai antioksidan ketika di saat yang sama wine dan minuman beralkohol lain hasil pengolahan anggur juga mengandung alkohol dalam jumlah tinggi. Efek baik dari kuersetin dan resveratrol pada wine tidak dapat kita peroleh pada kadar terapi, karena di saat yang sama kadar alkohol tinggi dalam wine justru bersifat hepatotoksik.

Liver yang mengalami inflamasi karena konsumsi alkohol memang dapat memulihkan dirinya sendiri. Namun demikian, jika konsumsi alkohol sering dan terus menerus, maka sel dan jaringan liver tidak bisa lagi memulihkan kondisinya sendiri, dan bisa berujung pada sirosis/fibrosis/kanker.

Jadi kalau ada orang yang bilang bahwa mengkonsumsi wine sehat karena mengandung kuersetin dan resveratrol, itu sebenarnya hanya pembenaran agar tidak terlalu merasa bersalah kepada dirinya sendiri karena sudah menyakiti dirinya sendiri karena telah memasukkan minuman yang toksik terhadap liver ke dalam tubuhnya.

Tapi Airlangga Kamanjaya tidak perlu pembenaran atau justifikasi apapun. Ia dengan sadar meminta pelayan memberinya minuman beralkohol, meski ia sudah tahu bahwa itu tindakan yang menyakiti diri sendiri. Ia memang sedang ingin menyakiti diri sendiri. Barangkali dengan rasa sakit yang terlalu, ia bisa lupa pada rasanya sakit hati. Sakit hati karena seorang perempuan, Faradiba Hairani.

Ini sudah yang kesekian kalinya Erlang mendengar penolakan dari bibir gadis itu. Padahal ia yakin bahwa penolakan itu hanya di bibir, bukan dari hati. Ia yakin Farah masih mencintainya. Gadis itu hanya belum bisa yakin bahwa dirinya benar-benar mencintai gadis itu, dan bukan hanya menganggapnya sebagai tanggung jawab atau pelarian.

Erlang mengakui, kesalahannya pada Farah amat fatal. Sejak lama Erlang sudah punya firasat bahwa gadis itu menyukainya. Tapi ia selalu mengabaiknya, bersikap seolah ia tidak tahu. Bukan hanya karena ia hanya menganggap gadis itu sebagai keponakannya, tapi karena gadis itu adalah anak dari wanita yang telah lama dicintainya diam-diam. Lalu, setelah lama berpura-pura hanya menganggap gadis itu sebagai keponakan, malam dimana ia seharusnya bersikap sebagai seorang paman yang menjaga keponakannya, Erlang justru merusaknya. Ia menidurinya. Mengambil keperawanan gadis itu. Kalau itu semua belum cukup brengsek, Erlang bahkan tidak sengaja menyebut nama ibu gadis itu saat orgasme, lalu meninggalkan gadis itu sesaat setelah mereka berhubungan, saking paniknya. Gadis itu bahkan sempat hamil lalu keguguran, karena menanggung akibat perbuatannya sendirian.

EUGENIA: Healing FlosTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang