Subuh-subuh Jin GuangYao sudah melihat adik ipar dakjalnya jalan menuju masjid, tumben banget. Dengan mukena yang kebesaran, dia menghampiri adik iparnya. “Assalamualaikum!” Sapanya, dan hal ini tidak bisa dipercaya. Wei WuXian menoleh dan tersenyum hangat sembari menjawab “Waalaikumsalam.”
Noooo! Kenapa Wei WuXian si biang kerok bisa alim? Apa dia tobat karena habis di jampe-jampe Jiang Cheng kemarin berhubung kemarin dia kesurupan. Saat Jin GuangYao sibuk syok, tiba-tiba Nie HuaiSang, Lan JingYi dan Jin Ling datang. Dan yang membuat istri Lan XiChen itu semakin syok ketika melihat tiga anak buah Wei WuXian yang juga sudah rapih dengan peralatan solatnya. Apa ini mimpi?
“Assalamualaikum teh/mba/mpok!” Sapa Jin Ling, Lan JingYi dan juga Nie HuaiSang secara bersamaan.
Dengan kikuk, Jin GuangYao membalas, “Waalaikumsalam.” Tapi dihatinya sudah menjerit 'Kenapa kaum kafir ini tiba-tiba menjadi begitu alim? Kapan mereka bertaubat? Kapan!
Mereka berlima berjalan menuju masjid diiringi salawat, masyaallah kayaknya mereka bener-bener tobat. Jangan sampe cuman tobat sambel, udah ketawan pedes masih aja dicocol. Tak terasa mereka sudah sampai dan di barisan pertama sudah ada Yu ZiYuan dan Jiang YanLi yang memang setiap harinya selalu bertemu dengan Jin GuangYao ketika subuh. Melihat empat orang lainnya yang begitu familiar, kedua ibu rumah tangga itu syok seperti Jin GuangYao beberapa saat yang lalu.
Sementara itu di tempat wudhu, Jiang Fengmian sedang menuntun Lan Qiren agar tidak tergelincir ketika memasuki tempat wudhu, namun ada aliran air yang begitu deras sehingga membuat tempat itu becek dan basah kuyup. Kira-kira siapa pelakunya? Dengan hati-hati mereka melihat ada Jiang Cheng yang sedang wudhu tapi udah kayak mandi, Lan XiChen yang baru keluar kamar mandi sehabis boker serta Lan WangJi dan Lan SiZhui yang sedang main perahu-perahuan kertas digenangan air tersebut.
“ASTAGFIRULLAH! SAYANG! LIHAT KELAKUAN ANAKMU!” Teriak Jiang FengMian seperti sedang mengadu, tapi ya emang lagi ngadu sih. Jiang Cheng yang terkejut langsung berbalik dan melihat ayahnya dengan si tua bangka itu. Lan XiChen dan Lan WangJi yang melihat pamannya langsung ketar-ketir sementara Lan SiZhui masih anteng dengan mainan perahu-perahuannya.
Hal itu memanggil para ibu-ibu solehah itu ke tempat wudhu. “A'a! Ya ampun kenapa basah begini?” Jin Ling bertanya ketika dia melihat baju koko Jiang Cheng yang sudah basah kuyup.
“Neng, makanya kalo nyari suami yang beneran sedikit.” Sambung Jin ZiXuan ketika baru masuk ke dalam tempat wudhu tersebut. Jiang Cheng memutar bola matanya dan mengipas-ngipasi baju koko nya, kali aja kering.
“Pulang, ganti baju.” Suruh Yu ZiYuan kepada anak bungsunya itu. Jiang Cheng cuman manggut-manggut doang.
“Waduh, ada apa nih rame-rame?” Tanya Nie MingJue penasaran sembari menggulung lengan bajunya, dia hendak berwudhu.
“A' pinjem baju.” Jiang Cheng menarik baju koko Nie MingJue dengan brutal, untung pria berotot itu memakai dalaman lainnya. Lan QiRen sudah pingsan duluan ketika disuguhi pemandangan absurd itu, sementara makhluk-makhluk lainnya kembali ke tempat semula. Ya, mereka ga mempermasalahkan baju Nie MingJue yang menjadi korban, toh dia pake kaos My Little Poni.
Ah, solat subuh pagi ini begitu riweh. Ketika sudah selesai Jiang Cheng mengembalikan baju koko milik Nie MingJue dan meminta maaf lalu pergi ngejar ayangnya. Memang manusia jaman sekarang otaknya suka hilang, Nie MingJue meratapi baju koko nya yang basah sehabis dipakai Jiang Cheng, dasar manusia.
“Neng!”
Jin Ling bertengok kanan dan kiri, kayak ada yang manggil. Tapi siapa? Apa iya hantu? Masa ada hantu, kan dia barusan solat tadi. Tiba-tiba Jiang Cheng muncul di depannha. “Astagfirullah! A'a, plis jangan kayak asu!” Dia mengeplak manusia itu menggunakan sajadahnya.
“KDRT, asik!” Sorak Jin ZiXuan dibalik punggung dua manusia itu.
“KDRT? Ga jaman!” Sorak Jiang Cheng sembari menggoyangkan bokongnya kesana kemari membuat ayah mertuanya merasa najis. “Ayo neng kita pulang, papah kamu ganggu.” Jiang Cheng menarik Jin Ling bagai mobil mainan agar menjauh dari manusia dibelakang mereka tadi.
Sementara itu, dikediaman Lan QiRen sedang ramai-ramainya. Mengapa demikian? Keluarganya pada minta warisan! Bercanda, mereka sedang memalak THR padahal lebaran aja belum. Lan SiZhui sudah kegatelan pengen cepet-cepet pegang duit, sedangkan Lan JingYi sibuk mencuri harta benda eyangnya. Memang kalo jodoh ga jauh adabnya.
“Mas, besok mau sahur pake apa?” Tanya Jin GuangYao, hati Lan XiChen langsung gejedar-gejedor. Ya gusti, dia dapet bini solehah begini! Jago masak, cantik, paket komplit.
“Ga usah! Wei Ying aja yang masak!” Wei WuXian langsung menerobos jarak diantara Lan XiChen dan Jin GuangYao. Keduanya hanya menaikkan alis dengan bingung, emangnya dia bisa masak? Yang ada sekampung bisa mencret.
“Ga! A-Yi aja yang masak!” JingYi langsung kalang-kabut ketika mendengar ibu mertuanya hendak memasak untuk sahur besok. Dia tidak mau puasa pertamanya bolak-balik kamar mandi.
“Apa sih! Mama pengen masak!” Balas Wei WuXian garang, kayaknya mereka ga mau makan masakannya. Cih, dasar tidak tahu untung!
Dalam hati Jin GuangYao, 'Baru aja tobat tadi.'
“Gimana kalo abah aja yang masak!” Sahut Lan SiZhui di ujung ruangan. Ini anak bener-bener ngarep eyangnya mati, dasar penjilat warisan.
“Goblok! Bisa mati gue!” Sahut si tua bangka, eh sori maksudnya Lan QiRen. Lan SiZhui hanya haha hehe ga jelas, padahal dia emang ngarep.
Sekarang kita beralih ke kediaman Jiang FengMian, disana sudah ada Jiang YanLi dan Jin ZiXuan. Jin Ling dan Jiang Cheng yang baru saja sampai rumah sudah ogah-ogahan keluar lagi, tapi ya kan harus berbakti, besok mau puasa. Akhirnya keduanya mendatangi kediaman keluarga Jiang.
Tidak seperti keluarga Lan, keluarga Jiang sudah sungkeman sambil nangis bombay. Jarang-jarang liat Jin ZiXuan sama Jiang Cheng akur, keduanya saling bermaaf-maafan. Entar abis lebaran lanjut berantem lagi. Dasar manusia.
Mereka semua memutuskan untuk menginap dan sahur bersama besok, sekali-kali ngerasain punya keluarga bahagia. Ya gak? Yaiyalah!
KAMU SEDANG MEMBACA
Tetangga [MDZS°TGCF]
FanfictionPara tetangga kampret mulai berkeliaran, bagaimana jadinya jika mereka bersatu?