Judul: 'Seventeen Once Again'
Pengarang: Handi Namire
Tahun terbit: 2017
Genre: young adult, romansa
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Halaman: 288 lembar
ISBN: 139786020378190
Blurb:
"Big news!
"Raka membalas perasaan Briana. Ya, Raka, ketua OSIS yang digandrungi banyak siswi di sekolah. Raka yang juga pacar Tara, sahabat baiknya! Eh, bukankah itu artinya Briana merebut pacar sahabatnya sendiri? Ah, entahlah! Meski Raka mengaku juga menyukai Briana, cowok itu belum bisa putus dari Tara. Saat study tour, Raka berjanji akan membuat hubungan mereka jelas.
"Sayangnya, saat semua pertanyaan akan terjawab, Briana mengalami kecelakaan di India. Anehnya sejak kecelakaan Briana kesulitan mengingat hal yang terjadi belakangan ini. Lebih menyebalkan lagi, Mama malah memindahkan Briana ke sekolah lain di Bandun—jauh dari Raka, Tara, dan teman-teman dekatnya.
"Seolah semuanya belum cukup, di sekolah barunya Briana dihadapkan pada drama yang menyebalkan. Ben, cowok ketua klub penyiaran yang caper dan ngotot merekrut Briana jadi anggota! Belum lagi ada Alisha, si cewek sok berkuasa, yang memintanya untuk menjauhi Ben! Semua seolah berjalan seperti semestinya peristiwa yang dialami cewek tujuh belas tahun.
"Sampai satu per satu keanehan mulai Briana rasakan. Kenapa keberadaan Raka masih misterius? Kenapa Mama dan abangnya tampak menyembunyikan sesuatu? Dan… benarkah Briana berusia tujuh belas tahun?"
***
Aku membeli novel Seventeen Once Again, atau selanjutnya kita sebut dengan SOA, sebab sedang ingin menganalisis karya pemenang lomba GPU. Setelah membeli novel Twinwar, sang juara 1 berkat giveaway Kak Karasmara, aku masih penasaran untuk membaca semua juara: 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2. Untuk saat ini, aku sudah menyelesaikan buku sang juara 2. Kesan pesan lebih rinci akan dibahas lebih lanjut di bagian selanjutnya.
Sinopsis
Briana yang berusia 25 tahunan kini bekerja sebagai konsultan desain interior di India. Dia adalah gadis muram dan penuh keputusasaan. Itu sejak kematian sang pujaan hati, tepat bersamaan dengan hari ketika ia dibuang oleh teman-temannya. Namun, suatu hari Briana tiba-tiba kembali ke ingatan 17 tahun, saat ia masih ceria dan memiliki sang kekasih di sisinya. Itu semua disebabkan oleh kecelakaan yang melukai kepalanya ketika melayani klien terakhir. Untuk melakukan penyembuhan, Briana dimasukkan kembali ke SMA di Bandung untuk menghindari kepribadian muram seperti sebelumnya.
Di SMA tersebut, ia tersandung kasus perebutan cinta antara cowok pemilik klub penyiaran radio, Ben, yang naksir kepadanya, dan Alisha, anak orang kaya yang juga naksir sama Ben. Briana melalui masa SMA bagai neraka dengan gangguan dari Ben dan Alisha. Hingga di suatu ketika, Alisha mengetahui kebenaran Briana bahwa dia tidak berusia 17 tahun, lalu dia akan menunjukkan kebenaran ke Briana.
Lantas, apa yang akan terjadi dengan Briana? Apakah dia akan kembali ke kepribadian muram seperti sebelumnya?
Kesan dan Pesan Subjektif
Jujur, aku lebih suka novel SOA, yang merupakan juara kedua, daripada Twinwar sebagai pemenang pertama. Gaya menulis Kak Handi Namire sangat dewasa dan indah. Begitu pula dengan konfliknya, amat anti-mainstream dan serius. Benar-benar jenius!
Kelebihan
Kalau bicara kelebihan, jelas ada di keindahan bahasa dan peramuan masalah. Kak Handi Namire sangat cerdas sebab sudah berpengalaman dalam menulis novel.
Kak Handi Namire berhasil menyulap genre young adult seperti thriller yang benar-benar bikin penasaran. Apalagi dengan pemberian tanggal di awal cerita, seperti akan banyak konsep waktu yang akan memegang permainan. Dan terbukti benar, aku benar-benar dibuat kagum dengan rahasia di balik tiap resolusi.
Kekurangan
Gaya menulis terlalu dewasa untuk novel young adult, bahkan bisa dibilang teenlit sebab sebagian besar dihabiskan di sekolah. Selain itu, konflik berupa lupa ingatan agak sedikit mustahil jika dibayangkan di dunia nyata. Jadi, seakan sulit relate ketika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
Penilaian
Kurang lebih angka-angkanya akan sedikit kompetitif.
Plot 4/5
Cerita menarik dan sangat mind-blowing meskipun harus menulis dengan tema teenlit yang kesannya tentang anak ABG doang. Meski begitu, aku masih bisa menemui plot semacam ini di beberapa cerita lain. Jadi, masih bisa lebih unik lagi.
Tokoh 2/5
Hampir semua karakter tokoh sudah banyak digunakan di cerita lain. Satu-satunya keunikan adalah kisah Briana yang sangat begitu nyata dan mengiris hati, sisanya karakter begitu dangkal dan klise.
Hook 4/5
Prolog dibuka dengan konflik yang besar, tetapi tidak bisa diperkirakan. Dengan gaya bahasa yang dewasa, aku langsung penasaran untuk membaca bab berikutnya.
Latar 1/5
Sangat klise. Tidak ada tempat yang spesial. Latar dan waktu yang digunakan seperti tidak ada alasan berkesan, seperti sekolah, rumah sakit, dan mall. Semua hanya tempat-tempat normal. Begitu pula pemilihan waktu 2013 yang tidak ada kekhususan tertentu.
Suara 5/5
Kak Handi Namire punya gaya bahasa yang indah dan dewasa. Sangat suka ketika membaca tulisan-tulisan beliau, termasuk novel ini. Bahkan, aku yang bukan penggemar teenlit bisa menyelesaikan novel ini.
Total 3,2 / 5
⭐⭐⭐
Kesimpulan
Kamu mungkin akan suka dengan novel teenlit dan thriller. Memang ceritanya murni tentang remaja, tetapi gaya menulis Kak Handi Namire yang serius, benar-benar mengingatkanku pada novel thriller yang menegangkan. Sangat hebat dan nagih!
Sekian review dariku! Jika ada hal yang ingin didiskusikan silakan tinggalkan komentar!
Salam hangat,
— rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
Phi Hư CấuResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .