11. Paulo Coelho - The Alchemist

16 1 0
                                    

Judul: The Alchemist

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Judul: The Alchemist

Pengarang: Paulo Coelho

Genre: Spiritual, Fantasy

Penerbit: HarperOne

Tahun terbit: 1988

Tebal: 182 halaman

ISBN: 9780062315007

Blurb:

"Combining magic, mysticism, wisdom, and wonder into an inspiring tale of self-discovery, The Alchemist has become a modern classic, selling millions of copies around the world and transforming the lives of countless readers across generations.

"Paulo Coelho's masterpiece tells the mystical story of Santiago, an Andalusian shepherd boy who yearns to travel in search of a worldly treasure. His quest will lead him to riches far different—and far more satisfying—than he ever imagined. Santiago's journey teaches us about the essential wisdom of listening to our hearts, recognizing opportunity and learning to read the omens strewn along life's path, and, most importantly, following our dreams
."

***

Mendengar nama Sang Alkemis, bukan untuk pertama kalinya. Sudah banyak para pembaca menyebut nama itu berkali-kali. Apalagi buku tersebut hampir dapat dikatakan sebagai buku klasik. Jadi, aku hanya merespons dengan oh saja, tidak lebih.

Karena ada kata alkemis di sana, aku jadi terbayang alkemi-alkemi yang beberapa kali dijadikan topik di dalam buku, seperti Harry Potter and The Sorcerers Stone atau animanga Full Metal Alchemy. Aku mengira buku tersebut akan dipenuhi sihir atau petualangan. Namun, aku tidak sepenuhnya salah.

Ketika aku melihat data jumlah buku terbanyak yang dijual di dunia, aku mendapati The Alchemist ini berada di 10 besar, lho! Aku tidak menyangka buku ini sangat populer. Karena itu, aku memberinya kesempatan, dan membelinya. Karena tebalnya tidak terlalu banyak, aku membelinya dengan harga yang relatif lebih murah daripada novel lainnya.

Sinopsis

Seorang bocah penggembala bernama Santiago yang sering membaca buku memiliki pemikiran yang berbeda daripada manusia di tempat dan di zaman itu. Dia memiliki perspektif yang berbeda ketika memandang sebuah mimpi dan tujuan hidup. Hingga sebuah mimpi mengantarkannya dalam pencarian harta karun di ujung Mesir dari tempat tinggalnya di Andalusia. Dan akhirnya, ia menemukan apa makna harta karun yang sesungguhnya. 

Kesan dan Pesan Subjektif

Aku suka dengan buku ini! Aku tidak menyangka penulis mengambil latar belakang di Afrika utara, yang dikelilingi banyak negara Arab yang masih memegang teguh ajaran Islam. Terlepas agama apa pun yang dianut tokoh utama, novel ini menyuguhkan pengalaman spiritual yang menyentuh, khususnya untuk muslim sepertiku. Apalagi tambahan fantasi di bagian akhir buku, membuatku sangat mencintainya.

Kelebihan

Novel ini mengajarkan makna hidup yang sebenarnya. Singkat, tetapi mengena dan begitu dalam. Aku sampai heran, bagaimana bisa sang pengarang mendapatkan ilham sebijak ini. Apa saja yang sudah ia lalui hingga bisa menelurkan pemikiran yang begitu indah dan menuntun? Aku sangat terbantu. Bahkan, setelah membaca buku ini, aku memandang dunia dengan cara yang berbeda, menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan

Sebenarnya ini bukan kekurangan yang fatal. Hanya saja, novel ini ditulis tidak seperti novel pada umumnya. Sangat to the point dan showing sewajarnya. 

Penilaian

Ini akan menjadi bagian yang paling seru karena aku sangat puas dengan buku ini.

Hook/ending 4/5

Buku ini tidak dibuka dengan awal dan akhir yang penuh dengan ledakan fisik, tetapi dipenuhi dengan LEDAKAN PIKIRAN. Pemikiran dari Santiago dan perkembangan karakternya membuat mata berkaca-kaca. Aku tidak pernah sepuas ini sebelumnya. Hanya saja, bagian awalnya perlu dikuatkan lagi untuk menuntun pembaca.

Tokoh 5/5

Kamu tidak akan mendapati tokoh yang klise di buku ini. Semua memiliki karakter unik masing-masing, tetapi sangat realistis terjadi di dunia nyata.

Latar 5/5

Latar memang terjadi di gurun Afrika utara. Petualangannya juga sangat menjanjikan. Namun, kamu tidak disuguhkan dengan perjalanan yang kaleng-kaleng. Semuanya ditempuh dengan metode yang realistis. Oh, aku lupa bahwa sang author ternyata benar-benar pernah melakukan perjalanan di Afrika utara.

Konflik 5/5

Jangan ditanya perihal tujuan cerita dan konflik besar di klimaks nanti. Kamu akan terperangah dan tidak bisa mengatakan apa-apa, kecuali menitikkan air mata. Semuanya terjawab dengan impas, bahkan melebihi ekspektasi.

Suara 3/5

Mungkin aku sudah berkata tadi bahwa novel ini tidak seperti novel-novel pada umumnya. Cerita ditulis singkat dengan meminimalkan showing. Meski begitu hal yang paling kuapresiasi adalah suara tiap karakter. Benar-benar original dan membius. Bagus!

Total 4,4/5

Buku ini sangat bagus dengan caranya sendiri! Aku tidak kaget mengapa buku ini bisa menjadi top 10 buku terlaris di dunia.

Kesimpulan

Novel ini adalah novel yang wajib dibaca, siapa pun kamu. Entah kamu suka genre romance, fantasi, petualangan, spiritual, atau apa pun itu. Kamu perlu membaca buku ini sekali dalam seumur hidup. Jumlah halamannya tidak banyak, tetapi mampu memberikan cara pandang baru terhadap dunia.

***

Sekian resensi singkat dariku. Jika ada salah kata dan hal yang ingin didiskusikan, silakan meninggalkan komentar atau menghubungiku di pesan pribadi. Aku sangat senang untuk membalasnya.

Salam hangat,

— rizkywahyufir

Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- LainnyaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang