Judul: Komsi Komsa
Penulis: E.S. Ito
Tahun terbit: 2019
Genre: sejarah, laga, dan kriminal
Penerbit: Falcon Publisher
Halaman: 364 lembar
ISBN: 139786026714725
Blurb:
"Sam, pemuda Indonesia yang berniat mengenyam pendidikan militer di Saipan, sudah memutuskan mati sebelum seorang dokter Amerika menyelamatkan dan mengirimnya ke Tanah Paman Sam untuk menjadi manusia berpendidikan. Tetapi, Sam malah terjebak utang judi pada mafia. Demi melunasi utangnya, Sam terjerumus dalam serangkaian pekerjaan penyelundupan, mulai dari narkotika, orang, hingga ratusan pucuk senjata. Bahkah, perannya menjadi sentral dalam berbagai perang saudara dan konflik yang terjadi pada periode 1950-an di dunia internasional. Sam pun harus mengungkap siapa sutradara besar di balik semua tugas klandestin yang memanjang dari Amerika, Tibet, India, Vietnam, Afrika Utara, hingga rencana yang melibatkan pembunuhan Bung Karno."
***
Sejak bagian ini, aku akan membuat resensi secara singkat sebab aku membaca banyak novel belakangan ini. Membuat resensi butuh waktu dan tenaga yang lebih banyak lagi. Aku tidak punya waktu yang banyak. Aku harus beristirahat dan bekerja.
Anyway, Komsi Komsa adalah novel pertama yang kubeli semasa berkuliah di Bandung. Kala itu, aku bersama sahabatku sedang mencari buku. Aku memberikan syarat: (1) novel Indonesia bukan terjemahan, (2) penulis lelaki, dan (3) bukan romansa. Setelah itu, novel Komsi Komsa yang ditemukan.
Aku awalnya ragu untuk membelinya sebab diterbitkan oleh Falcon, bukan GPU. Namun, ketika aku membacanya, semua pandanganku berubah. Aku jatuh cinta kepada Komsi Komsa. Aku jatuh cinta kepada Falcon. Dan aku jatuh cinta kepada tulisan E.S. Ito.
Sinopsis
Ini kisah petualangan seorang Sam yang cerdas tetapi nakal. Awalnya, Sam ingin mengakhiri hidup sebab gagal meraih mimpi sebagai tentara. Namun, seorang dokter menolongnya untuk menciptakan mimpi lain di Amerika. Sebab jiwa petualangannya, Sam terseret masalah yang akan berbuntut ke rencana pembunuhan Soekarno.
Pesan dan Kesan Subjektif
Novel ini sangat cerdas. Riset sangat detail dan kaya. Gaya penulisan yang amat efektif, terutama tokoh dan tiap aksi sangat tergambar apik. Aku benar-benar suka novel ini!
Kelebihan
Novel ditulis dengan amat cerdas. Sangat deskriptif dengan menggambarkan setiap latar tempat dan waktu, apalagi dengan cara yang amat efektif. Wow, sangat jenius. Selain itu, risetnya juga bukan kaleng-kaleng. Detailnya benar-benar ada di dunia nyata dan disuguhkan layaknya sang penulis pernah pergi ke sana. Bahkan, aku mengira Sam benar-benar tokoh nyata.
Konflik yang disuguhkan sangat serius dan menggambarkan atmosfer yang menegangkan. Sangat sukses disampaikan! Selain itu, tokoh-tokohnya sangat hidup. Semua punya suara dan kisah tersendiri. Tak ada yang sama. Semua sangat berarti dan unik. Gampang jatuh cinta dengan tiap karakter yang ditemui Sam sepanjang novel.
Penulis benar-benar jenius dalam meramu novel ini!
Kekurangan
Satu-satunya kekurangan ada pada bab pertama. Benar-benar membosankan dan tidak memiliki hook. Jika aku tidak sabar untuk tidak terus membaca, aku tidak akan menemukan kisah hebat yang disuguhkan sejak bab 2.
Penilaian
Sepertinya aku akan memberikan penilaian yang sangat bagus untuk novel ini.
Plot 5/5
Cerita yang disuguhkan benar-benar fresh dan sangat hidup. Riset yang dilakukan begitu jenius, juga penggambaran setiap konflik yang sangat bagus.
Hook 1/5
Bab pertama novel ini sangat membosankan, kecuali di saat ia ingin bunuh diri. Benar-benar lambat dan sangat tidak mengundang. Kalian harus sabar menghabiskan bagian awal buku ini.
Tokoh 5/5
Semua tokoh di buku ini benar-benar bernyawa dan seperti hidup. Semua digambarkan begitu nyata dan detail. Aku benar-benar menyukai semua karakter di buku ini.
Latar 5/5
Jangan tanya lagi tentang latar. Penulis menunjukkan betapa cerdasnya ia dalam menghubungkan peristiwa sejarah dan detail setiap lokasi yang tak terbilang banyaknya. Apalagi detail yang diberikan benar-benar membuat pembaca seakan berada di tempat tersebut, sekaligus memberikan pengetahuan tentang lokasi yang belum pernah kita dengar.
Suara 5/5
Penulis punya gaya menulis maskulin yang sangat indah dan efektif. Aku jatuh cinta dengan setiap katanya, bahkan aku tidak bisa melewatkan setiap kata yang tercetak di buku. Benar-benar menggugah untuk terus dinikmati.
Total 4,2/5
⭐⭐⭐⭐⭐
Aku memberikannya lima bintang sebab novel ini sangat berkelas dan mahal. Benar-benar memberikan banyak ilmu dalam kepenulisan maupun pengetahuan sejarah.
Kesimpulan
Jika kamu laki-laki, atau segala gender yang suka dengan aksi ala-ala James Bond dan Indiana Jones, kamu harus membaca novel ini. Komsi Komsa membawa atmosfer Hero aksi dalam balutan Indonesia yang kental. Jika kamu mencoba belajar menulis, membaca novel ini juga amat tepat. Aku benar-benar menyarankan bagimu. Namun, aku tidak menganjurkan anak-anak membaca buku ini sebab topik yang digambarkan sangat gelap (kriminal tingkat tinggi) apalagi dengan kecerdasan penulis meramu cerita sehingga tampak benar-benar nyata.
Sekian review dariku! Jika ada yang perlu didiskusikan, silakan tinggalkan di komentar!
Salam hangat,
— rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
No FicciónResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .