13. Holy Black - The Cruel Prince

12 1 0
                                    

Judul: The Cruel Prince

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Judul: The Cruel Prince

Pengarang: Holly Black

Genre: Fantasy, romance, teenlit

Penerbit: Little, Brown Books for Young Readers

Tahun terbit: 2018

Tebal: 370 halaman

ISBN: 9780316310277

Blurb:

"Of course I want to be like them. They're beautiful as blades forged in some divine fire. They will live forever.

"And Cardan is even more beautiful than the rest. I hate him more than all the others. I hate him so much that sometimes when I look at him, I can hardly breathe.


"Jude was seven when her parents were murdered and she and her two sisters were stolen away to live in the treacherous High Court of Faerie. Ten years later, Jude wants nothing more than to belong there, despite her mortality. But many of the fey despise humans. Especially Prince Cardan, the youngest and wickedest son of the High King.

"To win a place at the Court, she must defy him–and face the consequences.

"As Jude becomes more deeply embroiled in palace intrigues and deceptions, she discovers her own capacity for trickery and bloodshed. But as betrayal threatens to drown the Courts of Faerie in violence, Jude will need to risk her life in a dangerous alliance to save her sisters, and Faerie itself."

***

Aku membeli buku ini di tumpukan haul fantasy yang aku beli bersamaan dengan Caraval. Setelah menamatkannya, aku memilih membaca buku ini sebab hype-nya sangat besar. Banyak pecinta fantasi yang menyarankan buku ini. Bahkan, di beberapa akun author, aku melihat story mereka sedang membacanya. Karena itu, aku pun tertarik untuk membacanya.

Sinopsis

Jude tidak pernah berpikir bahwa dia dan saudara-saudaranya harus berurusan dengan makhluk ajaib seperti peri. Apalagi setelah menyaksikan kedua orang tua dibunuh tepat di depan mata. Besar di alam fairy, tidak serta merta enak-enakan. Dia harus mendapat rundungan sebab tidak abadi. Apalagi masalah semakin besar ketika keluarga angkat memiliki rencana politik yang mematikan dan rumit. Akankah Jude berhasil menghentikan politik busuk itu meskipun ia harus bekerja sama dengan Prince Cardan yang selalu kejam dan merundungnya tanpa henti?

Kesan dan Pesan Subjektif

Awalnya, aku kira buku ini hanya fantasi biasa yang dibuka dengan membosankan. Namun, betapa terkejutnya aku ketika mendapati adegan berdarah-darah di lembar berikutnya. Kata Cruel di judul benar-benar menunjukkan kekejaman yang nyata, begitu pula seisi novel. Apalagi cerita diantarkan dengan sangat indah. Karena itu, aku senang bisa menamatkan karya ini.

Kelebihan

Kelebihannya ada banyak sebenarnya, seperti konflik yang realistis, resolusi yang unik, dan tema yang beragam. Akan tetapi, ada dua hal yang akan kuhighlight saking indahnya. Pertama, buku ini ditulis dengan begitu indah. Narasinya, deskripsinya, termasuk dialognya. Semuanya memukau, apalagi world buildingnya. Kedua, cerita ini sangat berbeda. Benar-benar angin segar bagi pembaca cerita fantasi, apalagi tak segan menunjukkan adegan berdarah di sana. Aku sangat acungi jempol. Hebat!

Kekurangan

Satu-satunya kekurangan yang ada di novel ini adalah goal yang masih belum jelas. Pembaca tidak mengetahui alasan untuk terus membuka tiap lembar, selain membaca diksi yang indah. Tak jarang, plot loncat-loncat ke sana kemari, yang penting ada sesuatu yang diselidiki.

Penilaian

Aku akui novel ini sangat indah. Aku terperangah setiap membaca tiap diksi yang menyambut di hadapanku. Aku akan memberikan nilai yang tinggi, terlepas apa pun kekurangan yang ada di novel ini.

Hook/ending 5/5

Masalah hook, tidak terdapat di awal kalimat, tetapi di awal bab. Benar-benar menggebrak dan serius. Penulis seperti mendeklarasikan dia menamai karyanya dengan Cruel Prince bukan untuk main-main. Dia akan menyajikan cerita yang mengandung kekejaman nyata, sampai akhir buku.

Tokoh 5/5

Tidak ada yang menyangka tokoh utama adalah anak tengah? Salah satu dari anak kembar apalagi. Lalu, tidak ada yang menyangka juga kalau saudara angkat akan sangat banyak, termasuk dengan teman-teman Jude yang akan merundungnya. Semuanya unik. Namanya indah. Karakternya kuat. Punya tujuan masing-masing.

Latar 5/5

Ini cerita high fantasy yang mencampurkan realita nyata di dunia. Sangat menarik. Apalagi dengan kemampuan author mendeskripsikan cerita. Benar-benar luar biasa, sangat memukau.

Konflik 3/5

Ini dia titik lemah dari karya ini. Alurnya masih ngambang dan pembaca seakan tidak diberikan motivasi untuk terus membuka lembar novel hingga ke halaman terakhir. Akan tetapi, beruntung konflik yang ditawarkan masih seru dan punya urgensi.

Suara 5/5

Tidak perlu ditanya lagi. Holly Black menyampaikan cerita dengan sangat anggun. Aku tidak bisa berkata apa-apa ketika menelisik kata demi kata selain terkagum.

Total 4,6/5

Nilai yang sangat tinggi. Masih ada beberapa hal yang harus dibenarkan, tetapi kabarnya hal tersebut sudah lunas di buku kedua dan ketiga. Jadi, penasaran.

Kesimpulan

Bagi kamu para pecinta fantasi, terutama fairy, kamu wajib untuk membaca buku ini. Aku bisa merasakan buku ini akan menjadi seri yang besar ke depannya. Apalagi dengan cara penulisan yang sangat indah dan karakterisasi yang sangat kuat. Kalian harus membacanya dan merasakan fantasi yang anggun dan kuat dari karya Holly Black.

***

Sekian resensi singkat dariku. Jika ada salah kata dan hal yang ingin didiskusikan, silakan menaruhnya di kolom komentar atau dengan menyapaku di DM. Aku akan senang hati merespons dan mendiskusikannya denganmu. Karena itu, kuucapkan terima kasih telah membaca. Semoga sehat selalu.

Salam hangat,

— rizkywahyufir

Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- LainnyaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang