Judul: Things About Him
Pengarang: Nara Lahmusi
Genre: Teenlit, minor thriller
Tahun terbit: 2018
Tebal: 248 halaman
ISBN: 9786020387468
Blurb:
"Cinta mengira kehidupan SMA-nya bakal tenang-tenang aja. Sayangnya, nggak demikian. Cewek itu mesti tampil pada malam keakraban yang diadakan OSIS dan jadi sekretaris di kelasnya. Yang bikin tambah kelabakan, dia harus menghadapi Jason, ketua kelas yang temperamental.
"Akan tetapi, siapa sangka ternyata Jason perhatian sama Cinta? Bahkan lama-lama Cinta merasa Jason nggak semenyebalkan itu. Namun, Ramon--teman sebangku Cinta--malah bilang kalau Jason itu berbahaya.
"Apa benar Jason berbahaya? Atau itu hanya bualan Ramon? Tapi, nggak mungkin kan Ramon berbohong?"***
Funfact: Nara Lahmusi adalah temen dekat dosen pembimbingku, ternyata.!
Awalnya, ketika masih di tingkat dua, dosen pembimbingku pernah bercerita bahwa dia punya teman yang menjadi penulis novel karena penyakit berat yang diderita. Setelah itu, dua tahun kemudian ketika aku mengerjakan tugas akhir, aku dikenalkan oleh Kai Elian dengan satu nama: Nara Lahmusi. Dia bilang, aku dan Nara Lahmusi sama-sama berkuliah di jurusan teknik.
Awalnya, cuman sekadar tahu. Namun, semakin lama aku mulai mengetahui sosok Nara Lahmusi. Domisili tempat tinggal, almamater, dan sakit yang sedang diderita. Yurika! Semua mengarah ke satu kesimpulan: Nara Lahmusi adalah teman dekat yang pernah dosen pembimbingku ceritakan.
Aku memberanikan diri untuk menyapanya di DM Instagram. Tak lama berselang, dia menjawabku, dan aku terkejut ketika Nara Lahmusi bilang, "Iya". Kami pun bertukar kabar. Aku membeli seluruh novelnya.
Things about Him adalah novel pertama Nara Lahmusi yang pernah diterbitkan. Karena itu, aku membacanya pertama kali. Dan setelah tamat, aku sepertinya mulai mengenal sosok Nara Lahmusi melalui setiap tokoh dan perjalanannya di sepanjang cerita.
Sinopsis
Cinta berusaha menjalani hidup baru di masa SMA sebagai cewek pintar dan berprestasi. Akan tetapi, kehidupan masa lalunya tiba-tiba hidup kembali. Bersamaan dengan ketua kelas barunya tiba-tiba menghidupkan akun Instagram teman baiknya yang sudah tiada, Jason dicurigai adalah teman masa kecilnya. Akan tetapi, bualan Ramon membuat Cinta. Entah siapa yang harus dia percaya. Karena itu, Cinta akan menyelidikinya sendiri untuk menemukan kebenaran di antara Jason dan Ramon. Yang ternyata, keduanya sama-sama menyimpan rahasia.
Kesan dan Pesan Subjektif
Awalnya, aku berpikir buku ini akan dipenuhi romansa remaja. Tidak sepenuhnya salah. Namun, aku bisa mengatakan novel ini malah dibumbui banyak misteri seperti genre thriller. Aku selalu dibuat penasaran tiap membalik halaman. Apakah ini akan berakhir sebagai kisah cinta? Atau, apakah ini akan menjadi kisah thriller yang punya plot twist? Ternyata keduanya!
Kelebihan
Novel ini sangat matang apabila dibandingkan dengan novel debut lainnya. Siapa yang akan berpikir untuk menggabungkan thriller dengan romansa remaja. Aku malah antusias dengan detektif Cinta ala-ala yang menyelidiki kasus dengan baper sendiri. Ini sangat jenius dan punya selling point yang bagus. Good job!
Kekurangan
Aku tidak mau panjang lebar. Singkatnya, story di cerita ini hanya punya kemungkinan kecil untuk terjadi di dunia nyata. Jika ini novel full thriller, akan sangat menyenangkan. Sayangnya, ini novel teenlit.
Penilaian
Things about Him memang novel yang bagus. Akan tetapi, aku tidak akan memberikan nilai yang terlalu tinggi.
Hook/ending 2/5
Tidak ada sesuatu yang begitu intriguing, kecuali hook yang tiba-tiba membuat pembaca bertanya-tanya siapa Jason sebenarnya dan mengapa Ramon mengatakan dia berbahaya.
Tokoh 3/5
Untuk penamaan tokoh, tergolong standar. Akan tetapi, kisah yang disimpan masing-masing tokoh tergolong unik dan menarik.
Latar 2/5
Latar tempat dan waktu standar di dunia nyata. Tidak ada sesuatu yang unik, kecuali beberapa tempat yang sudah disetting oleh pengarang sangat punya signature yang menarik, seperti rumah Cinta.
Konflik 5/5
Ini yang jadi nilai plus dari keseluruhan novel. Siapa yang menyangka novel akan membahas misteri keseluruhan di tengah tema teenlit.
Suara 2/5
Aku berharap Nara Lahmusi masih mempertahankan gaya bahasa saintek dan penuh ambisi sebagai pria yang rajin olahraga. Tapi, aku berkeberatan ketika mendengar suaranya harus diubah menjadi remaja yang baperan seperti Cinta.
Total 2,8/5
Cukup bagus dan berada di atas rata-rata. Sedikit.
Kesimpulan
Things about Him adalah novel yang ringan dibaca, tetapi punya konflik yang intriguing sehingga tak hanya remaja yang bisa menikmati novel teenlit ini. Kamu pun bisa, terlepas berapa pun usiamu. Apalagi kalau kamu penggemar thriller dan fantasi. Sungguh akan sangat enak dinikmati.
***
Sekian resensi singkat dariku. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau ada poin yang kurang setuju, silakan menambahkan komentar. Aku sangat senang untuk berdiskusi denganmu.
Salam hangat,
— rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
SachbücherResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .