Judul: The Seven Husbands of Evelyn Hugo
Pengarang: Taylor Jenkins Reid
Genre: historical, romance
Tahun terbit: 2017
Tebal: 389 halaman
ISBN: 9781501139239
Blurb:
"Aging and reclusive Hollywood movie icon Evelyn Hugo is finally ready to tell the truth about her glamorous and scandalous life. But when she chooses unknown magazine reporter Monique Grant for the job, no one is more astounded than Monique herself. Why her? Why now?
"Monique is not exactly on top of the world. Her husband has left her, and her professional life is going nowhere. Regardless of why Evelyn has selected her to write her biography, Monique is determined to use this opportunity to jumpstart her career.
"Summoned to Evelyn’s luxurious apartment, Monique listens in fascination as the actress tells her story. From making her way to Los Angeles in the 1950s to her decision to leave show business in the ‘80s, and, of course, the seven husbands along the way, Evelyn unspools a tale of ruthless ambition, unexpected friendship, and a great forbidden love. Monique begins to feel a very real connection to the legendary star, but as Evelyn’s story nears its conclusion, it becomes clear that her life intersects with Monique’s own in tragic and irreversible ways."
***
Wow, tumben aku membaca novel Bahasa Inggris. Dulu, aku paling takut dengan namanya Bahasa Inggris. Namun, berkat giveaway dari Kak Karasmara. Aku diberi kesempatan untuk memberanikan memilih beberapa judul novel Bahasa Inggris. Dan salah satu saran dari Kak Andywylan adalah novel ini: "The Seven Husbands of Evelyn Hugo".
Hah, gimana nih punya tujuh suami!? Well, dari judulnya saja sudah menarik. Pasti tidak ada alasan yang jelek mengapa novel ini bisa menjadi populer pada masanya. Anyway, novel ini bergenre historical fiction. Dikemas dengan cara unik melalui kilas balik dan wawancara. Benar-benar cara yang tidak membosankan. Kak Andywylan benar-benar menyarankan pilihan yang bagus!
Tapi aku ada peringatan. Buku ini mengandung unsur LGBT+ dan adegan dewasa yang kuat. Jika kamu tidak bisa mencernanya, sebaiknya hindari buku ini. Terima kasih. Sebelum itu, kita mulai resensinya.
Sinopsis
Pada masa kini, Monique adalah penulis di salah satu perusahaan percetakan. Dia gadis yang biasa-biasa saja hingga pada suatu hari, ia mendapat undangan interview dari veteran bintang Holywood papan atas, bernama Evelyn Hugo. Wawancara ini akan mengubah namanya sebab Evelyn tidak akan berbicara tentang hal remeh, tetapi mengungkapkan seluruh rahasia terbesarnya bersama ketujuh suami.
Dari setiap cerita yang terbongkar, Monique semakin sadar betapa pahit, getir, dan hebat perjalanan dari sosok Evelyn Hugo, termasuk kisah cintanya bersama rekan kerja wanita yang ternyata merupakan seorang lesbian.
Hingga di akhir cerita, Monique mendapatkan fakta bahwa kehidupannya memiliki irisan dengan Evelyn. Mendiang ayah Monique, ternyata mantan kekasih suami Evelyn. Lantas, setelah mendengar kenyataan itu, apakah Monique siap untuk membawa rahasia Evelyn ke depan publik?
Kesan dan Pesan Subjektif
Novel ini benar-benar membawaku kembali ke masa 1900-an. Penulisannya bergaya modern memang, tetapi suasana yang dibangun benar-benar mirip seperti pada masa lalu. Tiap karakter dan latar, dibangun dengan riset yang teliti. Oh iy, tak lupa drama yang diciptakan menjadi bumbu yang sedap dalam menikmati setiap lembar.
Kelebihan
Novel ini disajikan dengan tidak membosankan. Konflik dibuat berlapis pada masa kini dan masa lampau. Selain itu, setiap babak juga mendapat pemisah, apalagi setiap beberapa bagian diberi pemisah berupa potongan berita yang menggambarkan pembaruan linimasa. Apa yang sedang terjadi pada tahun tersebut.
Ditambah, penulis merupakan jawara pada genre ini. Tentu, tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas dari novel ini. Benar-benar masterpiece yang siap untuk dinikmati.
Kekurangan
Adegan dewasa dan konten LGBT+ terlalu banyak dan menurutku tidak make sense sama sekali. Maksudku, seorang bintang Hollywood tidak mungkin dipenuhi dengan hawa nafsu pada hampir 70% kehidupannya, kan?
Penilaian
Nilai yang akan diberikan akan sangat menarik, menimbang novel ini sangat populer di seluruh dunia.
Hook/ending 2/5
Novel ini dibuka dengan adegan yang sangat biasa, yaitu Monique mengagumi bosnya. Satu bab prolog bahkan tidak memancing untuk dibaca. Lalu, endingnya benar-benar sangat terburu-buru bahkan rasanya overwhelmed pada 95% bagian, lalu menurun jadi underwhelmed ketika 99% bagian. Keputusan Monique untuk tidak respect dengan Evelyn benar-benar membuatku kecewa sebab telah merusak karakternya sendiri.
Tokoh 5/5
Semua tokoh di sini punya karakter yang unik, terutama tujuh suami Evelyn yang sangat-sangat membuatku bingung suka yang mana. Semuanya patut disukai sekaligus patut dibenci. Benar-benar jenius penulis menciptakan tiap karakter!
Latar 5/5
Karena ini novel historical, tentu sangat menarik ketika membaca setiap latar tempat dan waktu. Benar-benar nyata. Bahkan aku sampai berpikir bahwa semua kejadian di novel ini semua nyata!
Konflik 4/5
Setiap bagian sangat seru, apalagi dengan adanya pembabakan urutan suami Evelyn. Namun, seandainya kisah cinta Evelyn dengan pasangan lesbiannya tidak terlalu banyak, tentu menjadikan konflik di buku ini sempurna dan seimbang.
Suara 3/5
Meski cerita historical ini sangat sukses dibawakan. Namun, menurutku penulisannya masih terlalu basic. Aku belum menemukan gaya sastra yang indah. Otakku masih tidak bisa tertarik oleh keindahan dalam setiap ketikan. Hanya biasa saja. Satu-satunya hal yang hebat adalah penulisan deskripsi yang realistis dan begitu unik.
Total 3,8/5
Kesimpulan
Novel ini sangat berhak untuk mendapatkan hype sebesar ini. Sangat cerdas dan menghibur untuk dibaca. Akan tetapi, aku berharap penulis bisa lebih profesional dalam menulis agar mampu membawakan novel untuk para pembaca, bukan semata-mata imajinasi pribadi.
Buat kamu para penyuka romansa, drama, dan genre sejarah. Kamu harus baca novel ini. Ayo jangan sampai ketinggalan hype dan rasakan roller coaster yang dibawa oleh setiap halaman novel ini.
***
Demikian resensi singkat dariku. Jika ada hal yang perlu didiskusikan, silakan tambahkan komentar atau hubungi via DM. Terima kasih!
Salam hangat,
— rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
Non-FictionResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .