Judul: Caraval
Pengarang: Stephanie Garber
Genre: Fantasi, Romance, Thriller
Penerbit: Flatiron Books
Tahun terbit: 2016
Tebal: 407 halaman
ISBN: 9781250095251
Blurb:
"A legendary competition.
A mesmerizing romance.
An unbreakable bond
between two sisters.
"Scarlett Dragna has never left the tiny island where she and her sister, Tella, live with their powerful, and cruel, father. Now Scarlett's father has arranged a marriage for her, and Scarlett thinks her dreams of seeing Caraval—the faraway, once-a-year performance where the audience participates in the show—are over.
"But this year, Scarlett's long-dreamt-of invitation finally arrives. With the help of a mysterious sailor, Tella whisks Scarlett away to the show. Only, as soon as they arrive, Tella is kidnapped by Caraval's mastermind organizer, Legend. It turns out that this season's Caraval revolves around Tella, and whoever finds her first is the winner.
"Scarlett has been told that everything that happens during Caraval is only an elaborate performance. Nevertheless she becomes enmeshed in a game of love, heartbreak, and magic. And whether Caraval is real or not, Scarlett must find Tella before the five nights of the game are over or a dangerous domino effect of consequences will be set off, and her beloved sister will disappear forever.
"Welcome, welcome to Caraval . . . beware of getting swept too far away."***
Aku ingat ketika aku mulai bekerja. Aku menyisihkan gajiku untuk membeli buku setiap bulannya sebagai hiburan. Daripada open BO. Baca buku lebih mengasyikkan bagiku. Apalagi buku-buku fantasi yang ramai orang perbincangkan. Salah satunya oleh Serenade33 yang penasaran sekali dengan novel ini. Akhirnya, novel ini merangsek menjadi urutan pertama novel yang akan kubaca pertama kali.
Dan asal kalian tahu, aku menghabiskan novel ini DALAM SEHARI!
Sinopsis
Scarlett sayang sekali dengan adiknya, sebesar ia ingin hadir ke dalam pertunjukan ajaib yang berlangsung di pulau seberang bernama Caraval. Sempat dilarang oleh sang ayah setelah 7 tahun gagal untuk diundang. Seorang pelaut tampan memberinya tumpangan, tetapi malah terkejut ketika sampai di pulau tersebut. Mereka harus menjadi pemain ke dalam Caraval, apalagi taruhannya adalah adik Scarlett yang menjadi buruan setelah diculik oleh Game Master. Dalam lima hari, Scarlett harus memenangkan Caraval dengan menemukan sang adik, atau tidak dia akan kehilangan adiknya untuk selamanya.
Kesan dan Pesan Subjektif
Kisah fantasi yang indah dan mendebarkan. Setiap halaman mengundang untuk dibuka dan segera ditamatkan. Akan tetapi, aku tidak tahan dengan cara sang pengarang menulis kisah cinta antara Scarlett dengan pelaut tampan yang menolongnya. Benar-benar murahan dan seperti cinta monyet biasa. Seorang gadis yang hanya tertarik dengan pria tampan yang baru dikenal. Akan tetapi, aku akui plot buku ini sangat rapi.
Kelebihan
Cerita ini menjanjikan goals yang sangat jelas, yaitu mencari adik Scarlett. Selain itu, pertaruhan yang ditawarkan juga sangat serius. Karena itu, novel ini sangat menarik untuk dihabiskan. Apalagi dunianya sangat memukau dan tak membosankan untuk dijelajahi.
Kekurangan
Kisah cinta sangat cheezy, apalagi resolusi yang seperti dipaksakan. Sangat disayangkan.
Penilaian
Aku akan memberikan nilai yang sangat kompetitif. Di satu sisi, novel ini berhasil menghipnotisku untuk menamatkannya dalam sehari. Namun, aku juga ingin muntah di saat yang bersamaan.
Hook/ending 4/5
Cerita dibuka dengan hook yang menarik apalagi sekumpulan surat pribadi dari Scarlett untuk Game Master. Oh ya, jangan lupa ending yang dikelilingi plot twist. Memukau, tapi masih belum sampai segurih itu.
Tokoh 4/5
Tokoh sangat menarik dengan penamaan, deskripsi, dan segala karakternya. Akan tetapi, tokoh male lead sangat halu, seakan keinginan terpendam dari sang pengarang itu sendiri.
Latar 5/5
Sangat memukau dan tidak pernah disangka kisah fantasi bisa mengangkat latar seperti ini. Aku tidak bisa menjelaskannya, tetapi sangat berkelas, tidak seperti latar abad pertengahan pada kebanyakan karya fantasi.
Konflik 4/5
Konflik disuguhkan dengan berdebar-debar dan tidak membosankan. Setiap hari tiap Caraval memantik satu per satu pertanyaan. Akan tetapi, semakin di akhir konflik seakan melonggar, apalagi beberapa decision making sangat bikin hah heh hoh sendiri. Tanpa ada asal muasal yang jelas, seakan penulis ingin menarik segala solusi dari imajinasi tak berdasar.
Suara 3/5
Penulisannya indah, apalagi deskripsi dengan menggambarkan sesuatu dengan warna. Akan tetapi, dialogue antara Scarlett dengan beberapa tokoh sangat naif, apalagi kepada gebetan pelautnya, sangat halu dan cheezy.
Total 4,0/5
Sangat bagus. Meskipun aku geli sendiri selama membacanya, tetapi aku tak bisa memungkiri sang pengarang berhasil menciptakan kisah yang memukau.
Kesimpulan
Novel ini cocok untuk pencinta fantasi, apalagi yang masih remaja. Untuk percintaan, kita kesampingkan terlebih dahulu, tetapi Caraval memang cerita yang menyuguhkan keindahan di mana-mana. Dan tantangan yang menarik, sebenarnya. Karena itu, aku sangat merekomendasikan novel ini jika ingin lepas dari kebosanan.
***
Sekian resensi singkat dariku. Jika ada salah kata atau hal yang hendak didiskusikan, aku sangat terbuka untuk mendiskusikannya di kolom komentar atau DM. Terima kasih telah membaca. Aku sangat mengapresiasinya :D
Salam hangat,
— rizkywahyufir
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
Non-FictionResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .