Ketika Orang Mulia seperti Khass Tertimpa Siksaan Bertubi-tubi yang Lebih Pedih daripada Kematian
Judul: Antima: The Denial
Pengarang: andywylan
Genre: High-fantasy, dark-fantasy, spiritual
Tahun: 2020
Jumlah: 68 bab
Status: Tamat
Blurb:
"Khass memang seorang Guru Muda, tetapi Par takkan menyerah untuk menyeretnya keluar dari perguruan menuju neraka dunia.
"Khass semula adalah bocah asuhan Kamitua yang tak pernah keluar desa perguruan. Namun dibujuk Par si monster hingga terseret ke perbudakan telah membuka mata Khass akan bara api dunia yang semula dikira gemerlap. Teka-teki tersebar di berbagai tempat Khass menginjakkan kaki.
"Dunia Khass yang awalnya sebatas ayam panggang, hapalan doa, dan cambukan peringatan kini beralih seheboh letusan-letusan kembang api di puncak tenda sirkus, atau seheboh canda tawa bangsawan pada pesta-pesta hangat di atas peperangan. Khass bahkan bukan seorang Khass lagi, dan ia benar-benar membutuhkanmu untuk menemaninya mengais identitasnya yang sebenarnya.
"Jadi, maukah kamu menemani Khass."
***
Mau!
Itulah jawaban yang langsung terlontar dari mulut. Aku sangat suka dengan nama Khass. Entahlah. Tetapi sejujurnya, aku memilih buku ini sebagai bacaan ketika melakukan survei sebelum ikut event writteninaction. Pada kala itu, Januari 2022, ada 15 karya yang bersarang di daftar featured story, lalu perhatianku jatuh di buku ini: Antima.
Aku mengunjungi akun penulis, Andywylan, lalu mendapati judul lengkap Antima adalah Antima: The Denials. Mbak Andy—akan kusebut seperti ini—menulis buku tersebut dari pembuka dari tetralogi berjudul Anti series. Jadi, untuk mempersingkat, aku akan menyebut Antima: The Denials sebagai ATD.
Sampul sangat menarik, sebab Mbak Andy memang lulusan DKV yang sangat berbakat. Aku suka. Dari blurb, aku bisa menduga bahwa penulis sedang mengangkat isu spiritual dengan balutan fantasi pekat nan memukau. Karena itu, keputusanku semakin bulat untuk membaca ATD, dan Maret 2022, petualanganku di dunia ATD dimulai.
Sinopsis
Rasa ingin tahu ke dunia luar berakhir buruk, Khass—seorang Guru Muda yang polos—mendapati kesusahan bertubi-tubi setelah mendengar bujukan iblis dari dunia luar. Dalam perguruan, Khass dididik keras oleh Kamitua, sehingga tidak berani bertanya banyak. Hingga Par sang iblis memasuki desa dengan menyamar, menyibak rahasia yang perlahan terbuka tentang siapa diri Khass yang sebenarnya.
Ketika Khass pertama kali melanggar larangan untuk pergi ke kota, dia malah tertimpa petaka yang lebih berat daripada cambuk dan tendangan. Dia disergap oleh oknum lakar yang menculik anak-anak untuk dijadikan sebagai budak, atau lebih buruk. Khass dikorbankan dalam percobaan manusia. Usaha kekaisaran untuk mendapatkan host dari kombinasi iblis dan manusia, membuahkan dendam, termasuk pada diri Khass, yaitu untuk mengakhiri hidup Profesor Desmond.
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi, Relaksasi, Rekreasi, dan Re- Re- Re- Lainnya
Non-FictionResensi novel fisik dan Wattpad yang pernah dibaca oleh akun ini. Juga ada cerpen yang pernah dibuat. (Bonus) Rekomendasi film! [Achievements] #1 Resensi (31/08/2022) #1 Testimoni (26/10/2023) .