Halo, gua Sean. Siswa taun terakhir di SMK jurusan Farmasi. Anak laki-laki yang nekat masuk ke rumpun kesehatan.
Alesan gua masuk farmasi karena:
- Disuruh orangtua kek Yasa? Nope.
- Iseng kek Seno? Big no.
- Gak ada pilihan/pasrah aja kek Haga? Seorang Sean gabakal gitu.Gua anaknya punya pendirian yang tinggi. Gua tau apa yang gua mau. Saking aja rasa males gua lebih tinggi jadi kalah saing.
Iya, aslinya gua masuk farmasi emang karena kemauan sendiri. Gua cari tau tu jurusan prospeknya emang ngejanjiin. Gua udah yakin lulus dari sini bakal lanjut kerja dulu sebelum lanjut kuliah.
Sebenernya kehadiran gua di chapter ini pen ngeshare aja pengalaman gua dan mungkin bisa disebut tips n trick sebagai anak farmasi.
Pertama, punya keuangan yang stabil. Beneran. Uang adalah nomer satu. Apalagi lu sekolah di swasta, jurusan farmasi lagi. SPP mahal, biaya praktek per bulan juga mahal.
Tapi kalo otak lu pinter bisa kebantu kek Junior. Anak itu 3 tahun sekolah di sini keknya gaperna ngerasain bayar spp dah. Sekolah gua emang ada beasiswa gitu buat anak pinter, dapet potongan harga. Intinya lu pinter lu aman.
Kedua, siapin mental. Karena pinter doang ga cukup. Contoh si Juan, dia nilainya gede-gede terus. Tapi kemaren jatoh sakit seminggu, ngedrop karena kebanyakan overthinking. OSIS aja hampir keluar dia. Karena apa? Ya karena farmasi sesusah itu coyy. Lu masih napas aja sukur.
Pernah tuh biasanya menjelang PTS/PAS, guru-guru pada ngepush siswanya buat ulangan harian. Seminggu bisa hampir tu full ujian tiap mapel, belom sama praktek. Tiap praktek emang ujian sih, cuma berarti kan pusingnya lebih double. Lu kalo imannya ga kuat bisa nyerah di tengah jalan kali.
Palagi ya, mungkin siapin perlengkapan tempur aja buat praktek biar ga nyusahin temen. Bawa buku pendamping sendiri kayak farmakope, fornas, ISO. Satu buku tebelnya kan di luar nalar tu ya, bisa diakalin kek gua sih. Jadi kongsi sama temen semeja. Gua kebetulan semeja sama Seno, jadi gua suruh dia bawa fornas sama ISO, gua bawa farmakope.
Tas doraemon sebutan guru gua, itu tempat buat naro perlengkapan tempur yang gua bilang tadi. Contohnya mortir stamper, botol berbagai ukuran, spatel, sendok tanduk, penjepit, anak timbangan, batang pengaduk, pipet tetes, perkamen, plastik klip.
Batang pengaduk optional sebenernya dibawa, soalnya di lab ada. Jangan sampe ketauan Bu Sari aja pas minjem, paling nanti ditanya "emang kalian di tas doraemon itu ga dapet batang pengaduk?"
Jangan lupa nyicil hapalan kalo udah dapet biar ga pusing kek gua. Karena ngegampangin gua kemaren bareng Juni mepet banget ke PTS baru kelar setoran. Plusnya sih emang jadinya tu apalan tetep nempel di otak pas ujian.
Farmasi juga nuntut kreativitas lu di mapel prokre dan kwu. Mungkin di SMA dua mapel itu digabung di PKWU, cuma gatau sekolah gua kenapa dipisah, susahnya kan jadi berlipat ganda.
Di mapel prokre terutama, uang lu lagi-lagi dibikin boncos. Sekali projek buat produk itu bisa print laporan berkali-kali, belom buat produknya itu sendiri perlu alat bahan yang gak sedikit.
Kayaknya cukup dah pengalaman gua yang mungkin bisa bikin takut kalian buat lirik farmasi. Sebenernya gak seserem itu kok, bawa enjoy aja.
Kesimpulannya ya tadi, siapin uang dan mental. Farmasi jangan dibikin pusing, ada usaha ada hasil. Anggep jerih payah dan tangisan yang dikeluarin gara-gara ini bisa bikin lu sukses buat masa depan lu nanti.
Farmasi nuntut kita buat belajar sepanjang karir, so jangan kebanyakan males kek gua kalo gamau ketinggalan.
Sekian dari gua, bye. Skrr~
KAMU SEDANG MEMBACA
pharmacy school; xikers lokal
Teen FictionSebuah cerita dari penulis yang pengen ngeluarin keluh kesahnya 3 tahun sekolah di SMK jurusan farmasi. "Farmasi tuh mudah, mudah-mudahan kuat." start: 12-09-23 end: -