Namanya Juan. Sekarang nginjek kelas sebelas. Sampe hari ini, berarti udah enam bulan dia ngejabat sebagai bendahara di OSIS.
Dia dilantik menjelang akhir kelas sepuluh di bulan maret. Alesan dipercaya jadi bendahara, karena dia bilang di kelas jadi bendahara juga.
Bagi Juan, hari yang paling melelahkan tuh hari rabu. Di hari itu dia harus dateng ke sekolah lebih awal di jam 06.00 karena jaga gerbang.
Tiap hari emang ada osis yang kebagian jaga. Di situ mereka ngecek kelengkapan seragam tiap siswa-siswi. Biasanya yang ngelanggar ada yg dihukum atau cuma dicatet. Tapi buat yang telat udah pasti dihukum suruh lari keliling lapangan.
"Jaket lepas," pinta Juan pas liat Junior dateng sambil make cardigan.
Sean di samping Junior yang ngerasa abis ini giliran dia ditegor buru-buru ngelepas topi itemnya.
"Di luar dingin. Lagian cardigan ga ngeganggu jam mapel nanti kok kalo gua pake."
"Tetep aja mencolok."
Buat mastiin biar gak dipake lagi, Juan nyita topi sama cardigan temennya itu. Iya, Sean tetep kena.
"Bisa lu ambil lagi nanti balik sekolah di ruang osis."
***
"Gaboleh pake gelang. Berapa kali dibilang." Orang selanjutnya yang diberentiin Juan si Juni.
"Bukan gelang ini. Karet kunciran," elak Juni, tapi ga didenger Juan. Gelang yang ada di tangan kanan Juni dia tarik kemudian diputus.
"Karet kalo udah masuk tangan namanya tetep gelang. Karena ini kali pertama lu ngelanggar, hari ini gua kasih keringanan nama lu ga dicatet."
Juni cemberut lalu ngehentakin kakinya dan pergi.
Gak lama si Yasa dateng sambil cengengesan. Padahal dia tau hari ini bakal dihukum.
"Kenapa ga make pantofel?"
"Anu Juan. Ilang masaa. Pagi-pagi gua cariin gatau kemana."
"Push up 10 kali." Juan ga nerima alesan Yasa.
***
Lima belas menit sebelum gerbang ditutup, Hadif baru dateng. Tumben banget. Dia senyum aja karena ngerasa gada yang salah.
Juan juga bales senyum tipis, mukanya balik jadi datar pas liat anak itu juga ga patuh.
"Kaos kaki lu putihnya kemana?" tanya dia, tangannya nunjuk ke arah kaki Hadif. Hadif ikut nengok terus baru sadar.
"Loh, perasaan tadi gua ngambilnya item putih dah." Hadif sampe ngangkat celananya ke betis. Warna kaos kakinya tetep item.
"Push up 10 kali."
"Kasih keringanan lah Juan, gua anak baru kan."
"Anak baru apaan. Dah setaun ya lu di sini."
Hadif akhirnya manut doang dan turun buat push up.
Sebenernya dia gak tega buat ngehukum orang, apalagi temen-temen deketnya. Tapi namanya peraturan ya tetep peraturan.
***
Jam udah nunjukin pukul 07.15. Apel pagi udah dimulai. Keringanan buat osis yang jaga gerbang tu mereka jadi gaperlu ikut upacara atau apel di hari itu.
Juan nutup buku sanksinya dan jalan ke depan buat nutup gerbang. Total yang ngelanggar hari ni 15 orang termasuk temen-temennya. Tumben banget gada yang telat.
"Tunggu bentarr, jangan ditutup dulu."
Baru juga dibilang. Dari arah parkiran di luar gerbang, Juan ngeliat Seno sama Jefri lari nyamperin.
Juan gak habis pikir sama mereka, terutama Seno. Rumah dia depan mata sekolah pisan bisa-bisanya telat.
"Kenapa lu telat?" Juan langsung nginterogasi mereka.
"Abis ngeprint etiket buat praktek. Tukang potokopian deket sini gabisa ngeprint tumben. Makanya kita pergi ke potokopian luar kompleks," jawab Seno. Jefri ngangguk-ngangguk doang.
"Kan bisa tasnya lu taro dulu di sekolah terus ijin sama gua." Juan kemudian ngeliatin Jefri.
"Lu juga bandel banget, gua aduin Bunda lu tau rasa." Jefri yang tadi ngangguk-ngangguk jadi geleng-geleng ribut.
Seno sama Jefri ditahan Juan buat dihukum lari nanti setelah apel selesai. Mereka bertiga duduk di tempat Juan jaga tadi.
"Gimana rasanya, Bro. Setelah setengah taun jadi osis?" tanya Jefri tiba-tiba, ngebuka topik.
"Gak gimana-gimana. Paling stress dikit."
"Kalo stress angkat tangan aja nyerah." Seno si mantan casis ngomporin.
Sebenernya ada tiga anak laki di farmasi yang dulu daftar jadi osis. Si Juan, Seno, sama Junior. Junior gugur waktu tes wawancara. Seno harusnya emang lolos bareng Juan, sayangnya waktu pelantikan di LDKO dia malah ga ikut karena bentrok sama acara keluarga.
"Yang bikin gua stress di osis tu anak-anak bandel, yang pada ga nurut sama peraturan sekolah. Contohnya lu berdua. Kalo begitu kan kadang osis yang disalahin pihak sekolah disangka ga tegas."
"Yamaap."
"Jadi osis serba salah tau ga. Mereka negakin peraturan sekolah, tapi tiap ada siswa yang kontra mereka juga yang jadi korban," sambung Juan. Dia sering dijudesin sama kakak kelas. Dibilang sok ngatur padahal anak baru.
"Yang sabar yaa, tanpa organisasi lu, pasti sekolah jadi ga tertib walopun punya peraturan." Jefri berusaha nenangin.
"Makanya lu pada patuh, seenggaknya ngurangin beban gua."
"Siap Pak Bos!"
Setelah apel selesai, Seno sama Jefri digiring Juan ke lapangan. "Lari dua puteran aja sana, masing-masing satu puteran."
"Gua satu jefri satu gitu?" Seno mastiin. Soalnya setau dia kalo yg telat tu lari tiga puteran.
"Iyaa."
"Ya ampunn baik banget Pak Bos. Semoga praktek hari ini dilancarin yaa," sorak Jefri sebelum mulai keliling lapangan.
KAMU SEDANG MEMBACA
pharmacy school; xikers lokal
Teen FictionSebuah cerita dari penulis yang pengen ngeluarin keluh kesahnya 3 tahun sekolah di SMK jurusan farmasi. "Farmasi tuh mudah, mudah-mudahan kuat." start: 12-09-23 end: -