Karena waktu jam praktek Bu Sari nyuruh nulis daftar peralatan tempur alias alat praktek, akhir pekan ini Haga pake buat nyari peralatan tersebut.
Sebenernya kan ada banyak tuh yang harus dilengkapin, tapi ternyata disuruh beli yang diceklis aja. Soalnya nanti dari sekolah juga dapet tas yang isinya alat praktek.
Haga ngeliat chat terakhir yang Juan kirim. Iya, dia gabakal sendirian buat keliling. Juan minta ngikut pas tau Haga hari ini pergi nyari.
Sekolah udah jalan beberapa hari, tapi Juan akrab sama Haga doang.
Sekarang Haga lagi nunggu bocah itu di deket tukang nasi padang. Rumah Juan katanya ga jauh dari situ.
Gak lama Juan muncul dari arah yang daritadi jadi perhatian Haga.
"Lu abis ziarah apa gimana dah? Tiba-tiba nongol dari situ," tanya Haga ketika Juan nyampe di depannya.
"Rumah gua emang di sono."
Jawaban Juan malah bikin Haga cengo. "Lu? Tinggal di kuburan?"
"Yakali." Juan langsung naik ke motor Haga. Udah capek sebenernya dia nanggepin anak itu.
Haga tancep gas abis denger kata Juan yang sebenernya ga ngejawab pertanyaannya.
"Kita mau kemana dulu berarti?" Juan nanya.
"Potokopian."
Perjalanan makan waktu ga sampe lima menit. Haga sama Juan turun berdua, nyamperin tukang potokopiannya.
"Bang, beli double tip dua," ucap Haga. Dia nanya ke Juan, "Lu mau beli gunting juga ga?"
Juan yang lagi liat hape ngebales dengan gelengan kepala.
"Sama guntingnya satu aja berarti, Bang."
Setelah ngambil pesenan Haga, abangnya balik lagi ke depan. "Apalagi?"
"Kalkulator ada ga Bang?"
"Ada."
"Lu mau beli kalku juga ga?" Haga nanya lagi ke Juan. Kali ini dibales anggukan.
"Beli dua berarti, Bang."
"Sama label Bang.""Label buat nama? Yang ukuran berapa?"
Haga ngeliat daftar alprak di hapenya. Di situ cuma ditulis sesuai kebutuhan. Bingung juga dia emang ke depannya bakal butuh ukuran mana.
"Semua ukuran aja beli. Nanti bagi dua, patungan kita." Juan ngasi saran. Si Haga nurut aja.
Juan lagi liat bentuk sudip di hapenya lewat google. Dia ngeliat teksturnya kayak ga asing, mirip plastik apa gitu. Lupa namanya.
"Bang jual beginian ga?" Juan mutusin buat nanya.
"Yang di samping Mas gitu bukan?" Juan malah ditanya balik.
Dia kemudian nengok ke sampingnya. Di situ emang ada tumpukan plastik yang tadi dia maksud.
Juan lalu ngambil selembar, lumayan banyak sih kalo buat dipotong kecil jadi sudip, berdua aja makanya bareng Haga.
"Buat kebutuhan sekolah Mas?" Abang potokopiannya basa-basi.
"Iya. Buat ngelengkapin alat praktek," jawab Haga.
"Owhh. Jurusan apa emang Mas?"
"Saya Farmasi Bang."
"Oalahhh, Farmasi... Sepupu saya kuliah ngambil farmasi juga tuh."
"Widih. Udah lulus terus Bang?"
"Harusnya tahun depan lulus. Tapi kemaren baru aja meninggal."
"Innalilahi. Meninggal kenapa Bang?"
"Sakit. Gara-gara stress sama tugas juga sih katanya."
Haga sama Juan kompak diem.
"Mas berdua jangan sampe stress udah ya sama tugas. Pikirin seadanya aja, daripada sakit nanti mati juga."
"Jangan sampe Bang, Ya Allah."
***
Selese urusannya di potokopian, mereka jalan ke apotek. Tadinya mau beli sarung tangan sama masker doang di sana. Tapi untung Juan nanya ke yang jaga ada kertas perkamen apa ngga.
"Ada Mas."
"Berapaan?"
"Sepuluh ribu isi 50 lembar."
"Beli ceban cukup emang?" Haga nanya ke Juan.
"Kurang sih kayaknya."
"Beli 20 ribu aja berarti, berdua tapi." Haga ngasih solusi. Awalnya mau diiyain sama Juan. Tapi dia mikir dulu, terus baru sadar.
"Sama aja kalo bedua 20 ribu mah coy, ceban juga ujungnya."
"Oiya."
"Beli 50 ribu aja Mbak perkamennya."
Haga melotot. "Gocap sendirian lu?"
"Berdua patungan 25 ribu. Sekali praktek ga mungkin lagian make selembar doang." Juan ngasi tau.
"Iya sih."
Haga ngeliatin lagi daftar alpraknya. Tinggal etiket, tisu sama lap bersih. Tisu tinggal beli di warung nanti sekalian mampir pulang. Lap bersih juga ada di rumah pasti. Etiket?
"Di sini jual etiket Mbak?" Haga nanya.
"Kalo itu mah ga jual Mas. Biasanya etiket bikin sendiri. Buat praktek kan?"
"Iya Mbak."
"Iyaa, nanti Mas buat lewat dokumen tinggal diprint. Biasanya ketentuan isi etiketnya tergantung sekolah sih. Tanyain aja nanti ke gurunya."
"Okedeh, Mbak. Makasih banyak ya."
***
Udah masuk jam makan siang, Haga sama Juan juga udah selesai sama tugasnya. Mereka lagi di arah mau pulang ke rumah Juan.
"Lu kenapa mau masuk farmasi?" tanya Juan tiba-tiba dari belakang.
Haga gelagapan pas ditanya. Dia juga bingung alesannya apa.
"Apa ya. Gua juga gatau sih. Awalnya gada minat ke farmasi, pengen masuk SMA. Tapi mak gua bilang kalo lulus SMA mau langsung kerja susah, gada pegangannya. Dikasih saran masuk farmasi deh."
"Karena disuruh orang tua berarti ya."
"Yaa, bisa dibilang gitu. Tapi kalo mak gua denger pasti denial. Makanya gua suka ngaku kalo itu emang kemauan gua sendiri tanpa ada paksaan." Haga senyum miris. Gini amat jadi orang plin-plan.
"Lu sendiri? Gimana? Kenapa mau masuk farmasi?" Haga nanya balik.
"Gada alesannya. Mau aja."
"Bisa gitu."
"Turunin gua di sini," pinta Juan pas Haga dah nyampe di deket tukang nasi padang, tempat awal nunggu tadi.
"Ngga ah. Gua mau nyampe rumah lu." Haga ga nurutin keinginan Juan. Motornya dia arahin masuk ke kompleks pemakaman.
"Berani emang?"
"Berani lahh. Kalopun liat setan gua bakal ajak curhat," jawab Haga lumayan lantang.
Juan cuma geleng-geleng kepala, gak abis pikir. "Setan ge juga ogah liat muka lu."
KAMU SEDANG MEMBACA
pharmacy school; xikers lokal
Teen FictionSebuah cerita dari penulis yang pengen ngeluarin keluh kesahnya 3 tahun sekolah di SMK jurusan farmasi. "Farmasi tuh mudah, mudah-mudahan kuat." start: 12-09-23 end: -