hafalan obat

63 2 1
                                    

Di hari yang cerah ini, anak-anak pada ga tau hari ini jadwal pyf (pelayanan farmasi) ngapain di lab. Mereka cuma disuruh masuk aja.

Di sana udah ada Bu Desi sama Kak Via, tapi mereka diem aja.

Gak lama Bu Sari dateng, bawa banyak lembaran yang ga tau isinya apa. Junior ngiranya itu nilai jurnal praktek kemaren, tapi kok lembarannya kayak hvs bukan folio yang kemaren mereka pake.

"Gimana kabarnya anak-anakku?" sapa Bu Sari memulai kelas

"Alhamdulillah sehat Bu raganya."
"Jiwanya ngga Bu."

Selesai nyapa, Bu Sari naro lembaran tersebut di atas mejanya. "Hari ini hafalan obat ya. Minimal setor dulu sehalaman."

Sean senyum kecut. Mana pagi belom sarapan. Lambung lagi ngamuk disambutnya sama hafalan.

Satu anak dikasi lima lembar kertas. Dua lembar isinya daftar obat berdasarkan kelas terapi plus kekuatannya.

Contoh:
Analgesik Narkotik
- Fentanyl: Injeksi
- Codein: Tablet 10 mg, 15 mg, 20 mg
- Morfin: Tablet 10 mg; Injeksi
- Petidin: Injeksi 50 mg/ml

Totalnya ada 30 kelas terapi dengan jumlah obat yang berbeda, paling banyak tuh antibiotik sampe 17 obat.

Terus dua lembarnya lagi daftar obat wajib apotek 1, 2, dan 3. Isinya kurang lebih sama kayak kelas terapi. Lembar terakhir isinya daftar singkatan dalam resep.

Contoh:
Singkatan Aturan Pemakaian
- S: Signa: Tandai
- a.c: ante coenam: sebelum makan
- d.c.: durante coenam: pada waktu makan
- p.c.: post coenam: setelah makan

Totalnya ada 4 daftar singkatan yang mana paling sedikit tuh isinya belasan. Gimana gak bakal kambuh maagnya Sean.

"Alhamdulillah Sean dapet sarapan," ujar Martin.

Walaupun pada ngeluh, mereka tetep ngejalanin. Soalnya kata Bu Desi yang hafalannya belom lunas bulan depan gak bisa ikut PTS.

Dua jam akhirnya dipake buat ngapalin obat. Tiap anak cara ngapalinnya beda-beda.

Ada yang ngapalin sama temen tapi banyakan ngobrolin hal lain kayak Yasa sama Juni. Ada yang merem sambil rebahan kayak Jefri. Anaknya keknya kebablasan tidur.

Terus ada yang kalo ngapalin gabisa diem harus sambil jalan maju mundur kayak Hadif. Yang duduk di pojokan seolah gamau diganggu kayak Martin Haga. Yang gak pake suara kayak Juan.

Yang diem-diem menghanyutkan kayak..

"Bu, saya mau apalan."

"Buset dah si Junior," ucap Sean. Padahal kertas apalan baru dikasih tadi.

"Dua halaman ya Bu."

Sean ngeliat kertasnya lagi. Kelas analgesik aja dari tadi gak masuk-masuk ke otak dia.

Gak lama Seno nyusul, minta apalan ke Kak Via. Dilanjut Juan sama temen-temen lainnya.

"Udah gila semua," cerocos Sean. Dia gak habis pikir sama semua temennya.

Sean ngeliat ke sekelilingnya. Selain Yasa sama Juni, anak-anak cewek juga lebih banyak yang milih ngerumpi dibanding ngapalin.

Si Jefri sampe sekarang belom bangun dari tidurnya.

"Bu, Jefri malah tidur nih!" Sean ngadu.

"Udah buruan kamu maju dulu. Dari tadi ngurusin orang mulu!" teriak Bu Desi.

"Analgesik dulu boleh, Bu? Dua kelas yg narkotik sama non-narkotik?"

"Yaudah sini buruan."

Sean akhirnya maju. Juni yang ngeh langsung ngeledekin anak itu.

"Widihh maju si Laut."

Nyampe di depan Bu Desi, Sean malah diem.

"Apa buruan."

"Depannya apa Bu?"

"Ya Allah. Fentanyl!"

"Oiyaa, injeksi. Terus kodein tab 10, 15, 20 mg; morfin tab 10 mg, injeksi.."

Sean beneran nyelesein apalannya yang emang cuma dua kelas.

"Nanggung banget, Se. Kelarin lagi aja ini sisanya sehalaman."

"Besok lagi Bu, kasian otak saya."

"Banyak banget dramanya kamu."

Selese apalan Sean balik lagi ke tempatnya. Keknya hari ini dia orang yang nyetor paling dikit. Soalnya tu yang lain sedikit-sedikitnya nyelesein satu halaman, termasuk Juni sama Jefri yang ketiduran.

"Gua tau lu mah males juga," ucap Hadif pas Sean nyamperin dia.

Sean gak peduli. Dia cuma ngangkat bahunya lalu pergi tidur di atas kakinya Hadif yang lagi selonjoran.

pharmacy school; xikers lokalTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang