"Jangan di rumah gua."
Jawaban Juan setiap temennya mau minta kerja kelompok di rumah dia. Bukan karena pelit, Juan selalu ngelarang karena ada alesannya.
"Rumah gua lewat kuburan, gada jalan pintas," ujar Juan ke sekian kalinya di hadapan Martin dan kawan-kawannya.
Mereka ada kerkom presentasi ilmu resep buat besok. Tugasnya padahal udah disuruh dari minggu kemaren. Maklum mereka pada sok-sokan sibuk karena ngejar setoran hafalan jadi baru sempet.
Sekarang udah jam empat sore. Sekolah tutup gerbang tuh pokoknya jam lima lewat.
"Emang yang punya laptop gua doang?" tanya Juan
"Bukan butuh laptopnya doang sih, kita butuh tempat buat ngerjainnya. Lu tau kan di atas jam lima sekolah gaboleh ada kegiatan."
"Anak-anak osis kalo rapat pulang bisa sampe sore mulu."
"Osis mah punya sekolah, beda lagi ceritanya."
"Loh, emang kita bukan punya sekolah?"
"Udah cokk, ngoceh mulu tugas gak bakal kelar ini," Martin nengahin.
Juan terus inisiatif, "Kalo gak udah lah ni gua aja yang ngerjain semua. Kalian kalo mau bantu kirim aja materinya lewat wa."
Martin denger itu gak terima. Dia tau anak-anak di kelompoknya kecuali Juan kalo soal presentasi gini susah diajak kerjasama. Yang ada nanti dia sama Juan doang stress buat besok.
Kalo rumah Martin bisa ketempatan ge dia bakal ngajuin diri, saking aja rumahnya lagi dipake emaknya arisan. Emaknya kalo ada orang lain terus keganggu bisa-bisa ngamuk.
"Gak ada. Kita harus kerkom hari ini gak mau tau," kata Martin.
Juan nengok ke Haga yang lagi nunggu di depan pintu. Satu-satunya temen yang berani dan tau rumah Juan tuh si Haga. Dia mah kalo emang ngeliat jurig bukannya takut malah penasaran pen disamper.
"Terus maunya gimana? Gua gak bisa ketempatan. Gua juga gada motor buat baliknya."
Martin nanya ke Haga. "Lu kalo nunggu Juan bentaran mau kaga?"
"Kagaa. Gua soalnya juga ada urusan abis ni."
"Temen ga guna. Balik aja sono lu, yang nganter Juan gua aja nanti." Gak pake lama mikir Martin akhirnya mau ngajuin diri buat nganter Juan balik.
"Woke!"
Lima orang yang tersisa di kelas langsung ngerjain tugas. Juan nyusun ppt lewat hapenya, Martin sama temen-temen lainnya nyari materi di buku paket sama di jurnal online.
Mereka bener-bener ngejar biar selesai hari ini. Soalnya besok ge juga ada ulhar Farmakologi belom pada belajar.
Juan ngeliat jam di hapenya. Jam 17.15 dan akhirnya tugasnya kelar.
"Beres," kata Juan sambil ngeregangin tangannya yang pegel ngetik.
"Alhamdulillah."
Langit udah keorenan. Mereka buru-buru keluar kelas dan pergi. Kebetulan Mang Saeb baru mau ngunci gerbang.
"Makasi, Mang. Gak jadi nginep di sekolah saya," canda Martin.
"Rumah lu jauh kaga dari itu?" tanya Martin setelah keluar dari kompleks perumahan. Sekolah mereka tuh emang di dalem perumahan.
"Dari mana? Sekolah? Lumayan 15 menitan."
"Bukan. Dari kuburan." Martin padahal sengaja ga sebut kata itu malah dipancing. Jadilah bulu kuduknya tiba-tiba berdiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
pharmacy school; xikers lokal
Fiksi RemajaSebuah cerita dari penulis yang pengen ngeluarin keluh kesahnya 3 tahun sekolah di SMK jurusan farmasi. "Farmasi tuh mudah, mudah-mudahan kuat." start: 12-09-23 end: -