satu dukungan itu berharga

11 1 0
                                    

SATU dukungan, bila diucapkan dengan tulus dan sungguh hati, adalah berharga.

Seperti, pada hari ketika kamu merasa begitu lelah dengan kehidupan, ditekan oleh keadaan, dikhianati oleh orang-orang yang dulu kamu pikir bisa dipercaya. Lalu, seseorang datang dan menepuk pundakmu sembari berkata, "Semangat, ya. You're doing good."

Hatimu terenyuh.

Kekuatan selalu datang melalui kalimat-kalimat sederhana. Melalui sebuah dukungan tak kasat mata, melalui sebuah ucapan sederhana namun bermakna. Mengingatkanmu bahwa, tak peduli sesulit apa pun sekarang, masih ada harapan di luar sana.

Dan untuk setitik harapan itulah, kamu bertahan.

---

Terakhir kali aku menulis, topik yang kubahas bersumber dari pertanyaan sederhana: mengapa kita memilih untuk memendam? Sekarang, bagai antidotnya, aku menuliskan, satu dukungan berharga.

Sebagai pengingat bahwa, hidup sudah susah. Akan lebih susah bila kamu harus menghadapinya sendiri.

Satu kebaikan berharga.

Satu senyuman berharga.

Tapi terkadang, hal-hal berharga yang terlihat sederhana justru seringkali kita remehkan. Kita anggap rendah, kita pandang itu sebagai sebuah hal-hal sederhana. Itu yang akan menjadi penopang untuk kita melangkah ke depan.

Kita selalu bertanya apa yang bisa orang lakukan untuk diri kita?

Tanpa pernah mengucapkan, apa yang bisa aku lakukan untuk orang lain?

Tidak usah jauh-jauh. Untuk orang yang berada di dekatmu. Percayalah, mereka pun butuh dukunganmu. Dalam banyak hal, dalam banyak wujud. Tidak harus sama, tetapi selalu ingat, satu dukungan adalah berharga. []

bait-bait sajak yang lahir di pagi butaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang