"Lo kenapa, Wan?"
Alex barusan nyampe rooftop kafe. Begitu dateng dia mandang aneh ke arah Iwan. Pasalnya barista satu itu aura mukanya keliatan murung. Duduk nyender tembok dengan kedua kaki dilipat, tangan kirinya yang bertumpu lutut memegang sebuah foto yang sekarang dipandanginya, sementara tangan kanannya mengapit batangan nikotin yang baru aja dibakar.
"Galau dia," sahut Bagas menjawab pertanyaan Alex.
Malam itu sehabis jam tutup toko, para karyawan Xodiac kafe nggak langsung pulang. Husein, sang owner kafe ngajakin bakar-bakaran di rooftop. Yang masuk shift pagi juga udah dikasih tau hal ini, jadi mereka dateng ke kafe sehabis jam tutup. Tadinya mau bakar jagung aja menunya, tapi Gibran sang anak sultan malah bawain macem-macem sosis, bakso dan daging gurita. Ya udah deh mereka makan besar malem itu, apalagi buat para anak kos macem Zayyan, nggak sia-siain kesempatan makan banyak.
"Galau kenapa?" tanya Alex lagi, dia ikut gabung sama yang lain yang pada ngerubungin area bakar-bakaran. Meninggalkan Iwan yang asyik menggalau di tembok deket pintu rooftop.
"Ceweknya mau pergi, Lex." Kali ini Husein yang jawab, tapi disamber sama Bagas.
"Perempuan yang dia suka, Bang. Belum resmi jadi miliknya. Setahu saya begitu."
Sepertinya Bagas tau banget soal Iwan, pikir anak-anak yang lain. Iyalah orang kemarin Iwan curhat ke Bagas soal Ira. Karena Bagas adalah duta LDR di Xodiac Cafe, Iwan cerita soal rencana kepergian Ira ke Bagas.
Btw, foto yang diliat Iwan sekarang adalah foto yang diambil seminggu yang lalu. Tepat di hari Iwan ngajak Ira jalan-jalan ke game center bareng duo bocil.
Ira yang liat ada booth foto box ngajakin buat foto di sana. Berhubung di tempat itu bisa diedit sebelum dicetak, Ira sengaja ngasih gambar kue ulang tahun di dalem foto, lalu topi ulang tahun masing-masing di atas Ira, Iwan, Kenan, dan Kio. Terakhir Ira nambahin semacem dekorasi balon di sudut kiri kanan foto.
Ternyata hari itu adalah hari ulang tahun Kio yang kedua. Iwan ngeh saat Ira ngedit itu semua.
"Gue pengen punya kenangan sama Kio yang bisa gue simpen." Ira ngomong gitu setelah fotonya jadi. Setelah itu Ira merobek kertas foto itu. Yang tadinya ada empat foto berjejer dari atas ke bawah, sekarang terbagi jadi dua bagian yang sama. Salah satunya Ira sodorin ke depan Iwan. "Nih buat lo. Biar lo nggak kangen. Hehe."
Ira ngomong gitu sambil cengengesan. Makanya Iwan nggak mikir gimana-gimana waktu nerima foto itu. Bahkan setelah dari foto box Iwan ngajakin buat ke toko mainan sebentar, sengaja beliin mainan buat Kio sebagai hadiah ulang tahunnya.
Hari-hari berlalu, lalu terjadilah percakapan yang Iwan denger antara Ira dengan Naya di rumahnya. Tepatnya dua hari lalu.
Saat itu Iwan baru pulang kerja. Dia dapet shift pagi, jadi nyampe rumah hari udah sore. Berbarengan sama Naya yang juga baru pulang kerja trus mampir ke rumah Iwan buat jemput Kenan.
Singkatnya, Ira ngomong empat mata sama Naya di ruang tamu, dia bilang kalo mau berhenti kerja sama Naya. Ngomongnya bukan yang bisik-bisik gitu sih, makanya Iwan yang lagi di dapur bisa denger.
"Kenapa berhenti, Ra? Kamu ada kerjaan baru?"
Ira ngangguk waktu ditanya seperti itu. "Iya, Mbak. Temen aku yang punya kenalan kerja di agensi TKW, baru ngabarin kalo aku bisa ikut kerja sama temennya."
"Kamu mau jadi TKW?" Naya nanya dengan nada agak shock.
"Iya, Mbak. Aku udah mikirin ini dari lama sih. Cuma kemarin-kemarin kan ada kendala di Kio, aku mikir Kio masih harus ASI selama dua tahun. Nah sekarang Kio udah dua tahun, udah aku belajarin buat nggak nenen lagi, bahkan waktu dia masih dua puluh bulan. Jadi waktu temenku kemarin ngasih tau kalo ini dibuka lagi peluang buat kerja jadi TKW, aku nge-iya-in."
KAMU SEDANG MEMBACA
Special Love || Xodiac
Romance오직 하나뿐인 너의 이름 "my special love" (Satu-satunya namamu "cinta spesialku") Karena yang spesial bukan cuma martabak pake telor dua, kamu pun juga bisa spesial. [Member Xodiac x OC]