pria kampung

1.9K 42 2
                                    

"Aduhh ndukk.. kamu kenapa kesini nggak ngabarin oma dulu sih, kan oma bisa nyuruh orang jemput."

Gue menghirup sisa oksigen yang hampir habis, kulit gue beruam memerah, sebab berjalan seharian di tengah terik matahari.

"Aku kabur oma."

"Heh kabur kepie nduk?? Jadi mama papamu ndak tau kamu kerumah oma?!"

"Iyaaa oma. Jadi pleasee jangan kasih tau mama sama papa yaaah.."

Iya, gue kabur dari rumah. Alesannya karena gue mau dijodohin sama anaknya temen papa. Apaan sih main dijodoh-jodohin aja?? Emang ini jaman siti nurbaya? Lagian umur gue udah cukup matang buat nyari calon suami sendiri. Tapi ya sabarr, gue masih pengen kerja, foya-foya, cari duit yang banyak buat nyenengin diri sendiri. Akhirnya, rumah oma di kampung jadi tempat tujuan gue untuk tinggal sementara disana.

Suasana pagi hari di pedesaan bener-bener sejuk. Mata gue langsung disuguhi luasnya pematang sawah di depan rumah oma. Saat gue sedang asik-asiknya berswa-foto tiba-tiba dari belakang ada orang yang nepuk pundak gue.

Tubuhnya menjulang tinggi, kaosnya belel, pake celana pendek selutut, tapi gue kurang bisa melihat wajahnya yang tertutup topi camping.

"Eh kenapa ya mas?" Tanya gue penasaran kepada pria tersebut.

"Anuu mbak, katanya mau mandi." Pria itu berbicara gugup, tanpa melihat ke wajah gue.

"Oh iya.. terus?"

"Mm itu.. saya disuruh oma buat nemenin mbak mandi." Pria itu terlihat panik dengan kata-katanya. "Aduh bukan, maksud saya nganterin mbak ke kali buat mandi."

Gue tertawa kecil dibuatnya. "Oh... Hahaha iyaa santai aja mas.."

"Yaudah sebentar ya mas, saya ambil peralatan mandinya dulu."

Desa ini tuh beneran masih asri, jauh dari kota, dan rumahnya pun masih sederhana terbuat dari kayu.

Oma udah nyiapin semua peralatan mandi gue, dan kain jarik? Katanya kain itu buat nutupin badan gue waktu mandi nanti. Oma nggak bisa nemenin, karena sibuk ngurusin ternak sapi. Maklum ya, oma gue emang juragan sapi di kampung.

Jadilah sekarang gue dan pria ini. Pria misterius yang dari tadi jalan di depan gue tanpa suara. Gue jadi segan, mau basa basi ke dia.

"Aduh mas jangan cepet-cepet dong jalannya licin." Rengek gue padanya. Semalem tuh habis hujan gede disini, jadi jalan pematang sawah licin banget karena becek. Meleng dikit aja gue udah nyebur tuh ke sawah.

Denger gue ngerengek, pria itu langsung nengok ke belakang ngeliat gue. Tanpa babibu dia ngulurin tangannya, dan nuntun gue dengan hati-hati. Gue malah jadi deg-degan dapet perlakuan kayak gitu.

"Masih jauh ya mas?"

"Sebentar lagi nyampe kok."

Nggak lama setelah itu, kami beneran sampe di tempatnya. Sungainya jernih, dan arusnya deres banget. Kanan kirinya pepohonan rindang, pemandangannya persis kayak sungai di film 7 bidadari yang gue tonton waktu kecil.

"Saya duduk di balik pohon itu ya mbak. Kalo ada apa-apa nanti panggil saya aja."

"Okee.." Tapi belum sampe dia duduk, gue memanggilnya.

"Kenapa mbak?"

"Mm ini loh mas. Saya nggak bisa pake jariknya."

Dia balik lagi, dan berjalan mendekati gue. "Mbak belum pernah pake kemben?" Tanya dia yang langsung dapat kerutan di dahi gue.

"Kemben itu apa mas?" Tanya gue bingung.

"Kemben itu kaya sarung mbak, tapi kalo perempuan pakenya agak keatas." Dia ngomong sambil praktekin cara pakenya. "Nah nanti mbaknya telanjang, terus pake ini buat mandi." Gue langsung paham sama ucapannya, setelah itu gue mandi ke sungai tersebut.

oneshot giselle aespaWhere stories live. Discover now