"nguber iki, nguber iku, mlayu rene, mlayu rono, mugo ora mung oleh kesele, "Tawakallah maa qadarullah khair."
ꦩꦱ꧀ꦤꦠꦭꦤ꧀ꦏꦸꦠꦺꦴꦠꦸꦧꦤ꧀Senyum seringai tercetak begitu jelas, di bibir tipis seseorang dengan pakaian serba hitam yang kini duduk bersila disebuah ruangan yang begitu gelap. Membunuh tanpa menyentuh, satu kalimat yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa itu kini dijadikan pedoman oleh salah satu manusia bumi tersebut.
Rasa sakit hati yang begitu mendalam, membuatnya semakin gelap mata dalam melukai seseorang. Baginya, tidak ada kata ampun sebelum hancur dan kematian menghampiri manusia yang berani mengusik ketenangan hatinya.
"Kue kudu sengsoro, atimu kudu loro, rogomu kudu ajur," gumamnya, setelah selesai menjelaskan beberapa hal pada dukun yang ia kunjungi. (Kamu harus sensara, hatimu harus sakit, ragamu harus hancur,)
Ilmu santet merupakan ilmu hitam yang digunakan untuk mengendalikan alam seperti objek atau kejadian, dengan kekuatan supranatural dari paranormal. Santet biasanya melibatkan jin dan sebangsanya untuk membahayakan orang lain.
"Njupuk'o lemah kuburan! Uncalono nang ngarep omah.e menungso sing wes gawe loro atimu!" tintah sang dukun, setelah melakukan beberapa ritual. (Ambil tanah kuburan! Lempar ke rumah manusia yang sudah menyakiti hatimu!)
Manusia bumi itu mengangguk patuh. Kemudian kembali tersenyum dengan penuh arti.
"Titenono! lorone atiku, bakal dadi serete dalan lakumu!" (Lihat saja! Sakitnya hatiku, bakal jadi susahnya jalan hidupmu!)
🩺
Laki-laki dengan perawakan tinggi sekitar 178 cm, terus medumel tanpa henti sedari tadi. Aneh sekali, Haesa yang bertamu di tempat kerjanya, tapi Nata yang disuruh-suruh. Lihatlah sekarang, cowok dengan snelli lengan pendek itu berjalan malas ke arah kantin rumah sakit, hanya untuk membelikan kopi Haesa.
Snelli atau sering disebut jas putih dokter adalah pakaian yang digunakan dokter saat sedang bertugas memeriksa pasien. Warna putih merupakan lambang dari kebersihan dan keamanan. Jas putih memberikan kesan bahwa dokter adalah individu yang bersih dan steril. Kebersihan dalam dunia medis adalah hal yang sangat penting dan menjadi faktor utama dalam perawatan pasien.
Sedikit sejarah tentang jas dokter yang mungkin perlu kita ketahui. Banyak yang mengira bahwa jas dokter berwarna putih karena identik dengan namanya. Namun sejarahnya, hingga akhir abad ke-19, mantel Dr.Snell sebenarnya tidak berwarna putih, melainkan berwarna hitam.
Pakaian hitam yang dikenakan oleh dokter di masalalu memiliki tujuan praktis, yaitu untuk menutupi noda kotor yang terkait dengan noda mereka.
Meskipun ada banyak teori tentang sejarah penggunaan jas lab, penggambaran jas lab putih paling awal berasal dari lukisan "The Agnew Clinic" tahun 1889 karya Joseph Eakins. Sejarawan mengatakan, lukisan itu membantu mempopulerkan penggunaan jas lab putih. Dalam perkembangannya, jas lab putih melambangkan kebersihan dan ketelitian ilmiah. Jas putih tidak hanya membuat dokter dan ilmuwan mudah dibedakan, namun juga mempermudah mendeteksi kontaminasi apapun. Simbolismenya menjadi semakin kuat pada tahun 1989, ketika upacara jas putih pertama kali dilakukan untuk mahasiswa sekolah kedokteran, yang menandai transisi mereka ke dunia klinis.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mas Nata lan Kuto Tuban
Teen Fiction"Mas Nata mileh kuntilanak opo aku?" teriak Ivena. Perempuan dengan daster abu-abu itu berdiri berkacak pinggang di depan makam. Menunggu suaminya memunculkan batang hidungnya. Gimana sih rasanya punya suami yang suka cari setan? bukan nyembah setan...