Daru duduk tenang dengan kaki bersila di samping Abi Salman. Bibirnya mengikuti alunan ayat suci Al Quran yang dipimpin oleh seorang pemangku pondok tempat haul diadakan. Daru duduk di barisan paling depan. Seperti nya Abi Salman termasuk tamu undangan yang dituakan kalau tak bisa dibilang diistimewakan.Daru dan Abi Salman sudah berada di pondok pesantren yang berada di daerah Bungah, Gresik sejak pagi tadi. Kemarin Abi Salman meminta Daru untuk menemaninya memenuhi undangan haul yang diadakan pondok. Seharusnya Abi Salman datang bersama Kemal yang juga diundang secara resmi oleh pihak pondok. Tapi Kemal mendadak ada rapat di kantor diknas sehingga akhirnya batal datang.
Daru terus mengikuti bacaan yang terus berkumandang. Semaan dan khataman Qur'an menjadi acara pembukaan dari serangkaian acara Haul Akbar ini. Kebetulan ayat yang sedang dibacakan masuk juz tiga. Daru sendiri sudah hapal juz tersebut. Karena Daru sudah menyelesaikan hapalan Qur'an nya sampai juz 20. Abi Salman sendiri yang selalu menyimak dan menguji hapalan nya. Jadi jangan ditanyakan keabsahan hapalan Daru, meski ia bukan asli santri pondok pesantren Abi Salman. Bahkan Daru tak pernah mengenyam pendidikan ala pondok pesantren. Sejak kecil Daru bersekolah di sekolah negeri. Tapi hapal Qur'an dan menjadi hafidz itu bukan cuma bisa dilakukan oleh anak pondok pesantren saja. Sejatinya semua muslim, mau lulusan pondok atau bukan, bisa menghapal Qur'an dan menjadi hafidz.
"Jadi ini haulnya kyai Sholih Tsani. Kebetulan cucu beliau itu dulu teman Abi sekolah. Abi juga kenal sama abahnya alias ayah dari teman Abi ini. Mereka memang rutin mengadakan haul. Kebetulan tahun ini adalah haul Akbar. Jadi Abi berusaha memenuhi undangan beliau " begitu tadi yang dikatakan Abi Salman pada Daru mengenai acara haul yang mereka hadiri. Tentang apa hubungan abi Salman dengan pemangku pondok disini.
Daru hanya anggut-anggut mendengar penjelasan Abi. Tadi waktu berangkat Abi lebih banyak bercerita tentang bagaimana pertemanan nya dengan cucu dari kyai Sholih Tsani. Abi Salman juga sempat bercerita tentang perjuangan nya bisa mendapatkan beasiswa hingga ke Kairo. Cerita yang belum pernah Daru dengar. Selama ini abi Salman lebih suka membahas tentang pondok, panti asuhan dan beberapa usaha milik pondok kalau bersama Daru. Iya, Abi Salman memang lebih suka membahas tentang pembangunan pondok, membenahi sarana pondok dan beberapa hal yang lebih ke arah sarana fisik pondok. Mungkin karena Daru lebih pas diajak ngobrol masalah tersebut karena memiliki kemampuan profesional di bidang tersebut.
Setahu Daru, haul adalah peringatan hari meninggalnya seorang kyai atau ulama yang diadakan oleh ahli warisnya. Haul merupakan bentuk tradisi yang dilakukan khususnya oleh masyarakat Jawa. Sebenarnya Daru cukup familiar dengan kegiatan bernama haul ini. Karena ia hidup di Jawa. Beberapa pondok pesantren tradisional di pulau Jawa memang menjadikan haul sebagai kegiatan rutin. Meski baru kali ini Daru mengikuti acara bernama haul tersebut.
Haul dalam lingkup pesantren biasanya lingkupnya lebih luas. Masyarakat umum sekitar pondok biasanya ikut serta memeriahkan haul meski mereka bukan bagian dari keluarga pondok. Apalagi jika pesantren tersebut berumur lama. Kyai atau pemangku pondok yang sangat dihormati dan disegani akan terus diingat oleh para muridnya. Dan mereka ingin menghormati kyai mereka dengan acara haul ini.
"Haul mubah atau boleh saja dilaksanakan asal tak berlebihan dan tak ada kegiatan mubazir. Para kyai yang melakukan haul memakai dalil dari hadits riwayat Muslim dimana disebut bahwa Rasulullah berziarah ke makan syuhada atau orang-orang yang mati syahid dalam perang Uhud dan makam keluarga Baqi'. Beliau mengucapkan salam dan mendoakan mereka..." Itu penjelasan Abi Salman saat Daru bertanya tentang sebetulnya bagaimana hukum Haul dalam Islam.
Haul sendiri biasanya diisi dengan serangkaian acara seperti tahlil, wirid, khataman hingga pasar malam. Seperti di Bungah Gresik ini, acara haul bahkan sudah dimulai sejak seminggu yang lalu dengan diadakannya pasar malam di jalan sekitar pondok. Selain dihadiri oleh keluarga, kerabat, alumni pondok dan masyarakat lingkungan pondok, haul juga biasanya mengundang para kyai atau astatid pemilik pondok pesantren di berbagai daerah yang memiliki hubungan baik dengan keluarga yang mengadakan haul. Begitulah sedikit serba serbi tentang haul yang Daru tahu dari abi Salman.
YOU ARE READING
BETTER LOVE
Short StorySide story Andai kau Tahu & Dila's Love Yasna tak pernah menyangka mahligai yang berusaha ia jaga dengan sepenuh hati akhirnya kandas juga. Yasna merasa sudah berusaha sekuat mungkin menjaga kesakralan hubungan yang terjalin di hadapan Allah. Menjag...