Sofa kulit merah di sebuah ruang tamu. Sepasang suami istri paruh baya masuk dengan bergandengan tangan. Sang suami mengenakan kaos polo biru tua, pasangannya cheongsam dengan warna senada. Mereka duduk bersisian.
Teks di bawah layar bertuliskan
Wimharja & Heni, Orang tua Lisbeth
Suara pewawancara : Sudah siap Om, Tante?
Heni menoleh ke arah Wim sambil merapikan rambutnya.
Heni : Udah cakep belum, Pi?
Wim : Istri Papih mah paling cakep.
Heni memukul bahu Wim mesra.
Heni : Idih si Papih. Malu atuh banyak orang.
Wim tertawa lepas.
Pewawancara : Siap Om Tante? Pertanyaannya dijawab apa adanya ya.
Tiga ... dua ... satu ... camera action!
Keduanya melihat ke arah kamera.
Wim : Lisbeth lahir normal. Sepanjang kehamilan juga normal, ya, Mi?
Heni : Normal, normal. Tante tidak sakit, tidak apa. Waktu bayi, Lisbeth anteng sekali. Kagak seperti si Livi noh, nangis berjam-jam. Lisbeth mah kagak. Anak baik dia. Habis minum susu, ditaruh eh tidur sendiri. Enggak rewel. Suka ketawa-ketawa. Normal, semua normal. Semua bilang Lisbeth cantik, matanya besar, putih. Lucu sekali.
Muncul foto Lisbeth bayi. Foto Lisbeth kanak-kanak mengenakan baju adat Bali.
Wim : Tidak ada yang menyangka Lisbeth ...
Heni menunduk lalu mengeluarkan tisu dari tas tangannya.
Heni : Awalnya, Tante pikir Lisbeth memang anteng. Sampai Tante bingung kenapa setahun lebih belum bisa ngomong. Tapi jalan mah udah pinter. Kalau difoto selalu senyum. Pinter niruin orang. Jarang nangis. Lalu ... maklum orang dulu yah ... kagak ada itu tes-tes pendengaran apa. Baru ketahuan pas ...
Jeda. Heni menarik napas panjang.
Heni : Maaf. Tante kalau inget itu masih ... sedih ...
Tangan kanan Wim merangkul Heni, sementara tangan kirinya menggenggam tangan Heni.
Heni : Akhirnya kita bawa ke dokter. Dites ... baru deh ... ketahuan.
Wim : Hasil tes dinyatakan Lisbeth Tuli. Berat. Kami semua bingung. Kok bisa? Kakaknya lahir normal. Heni selama hamil juga tidak pernah sakit berat. Tapi yah hasilnya begitu.
Heni : Waktu tahu ... shock. Sempet kagak mau makan, kagak mau ngapa-ngapain. Hidup kagak ada artinya. Apalagi ... (Heni melirik Wim), Mamanya si Om, galak.
Wim : Keluarga Om totok. Namanya orang dulu ya, sukanya anak laki. Kurang suka sama anak perempuan.
Heni : Udah perempuan, cacat lagi.
Heni menunduk sementara Wim menepuk lengan Heni.
Wim : Untung ada Mak Kintan. (Wim terkekeh) Dulu Om diancem pakai golok sama Mak Kintan.
Pewawancara : Siapa Mak Kintan?
Heni : Mama saya.
***
Author's note :
Karena hari Jumat, jadiii ... hari ini 2 bab! Yeay :D Happy weekend, gaes.
YOU ARE READING
Dunia Lisbeth
Roman d'amourBagi Lisbeth, laki-laki dengar hanya akan membuatnya patah hati. Berkaca dari kegagalan percintaan di antara orang Tuli dan orang dengar yang ia lihat, Lisbeth bertekad hanya sudi membuka hati untuk pria Tuli. Lagi pula, dia sibuk mengejar mimpi mem...