Matahari sore menyusup melalui jendela studio musik kecil yang mereka sewa. Reynada duduk di depan laptop, jemarinya menari di atas keyboard sementara Azra berlatih dengan gitarnya. Mereka sedang mempersiapkan lagu baru mereka yang berjudul "Silent Wings" - sebuah lagu tentang menemukan kekuatan dalam keheningan.
"Rey, coba denger ini," Azra memainkan serangkaian nada yang lembut. "Kayaknya lebih cocok buat bridge-nya."
Reynada mengangguk antusias, cepat-cepat mengetik di ponselnya: "Sempurna! Kayak suara sayap yang mengepak pelan tapi pasti."
Mereka telah mengunggah lima lagu dalam dua bulan terakhir ke platform musik daring. Setiap lagu membawa cerita berbeda - ada yang tentang kehilangan suara, tentang menghadapi bully, tentang bangkit kembali, dan tentu saja, tentang persahabatan yang menyelamatkan. Yang mengejutkan mereka, lagu-lagu itu mendapat sambutan hangat.
"Lagu kalian bikin aku nggak merasa sendirian lagi." "Liriknya dalam banget. Siapa yang nulis ini?" "Please upload more! We need this kind of music."
Komentar-komentar seperti itu membanjiri setiap unggahan mereka. Setiap kali membacanya, mata Reynada berkaca-kaca. Ia ingat bagaimana dulu ia berpikir hidupnya sudah berakhir saat kehilangan suaranya. Siapa sangka justru 'keheningan' itu yang membawanya pada bentuk musik yang berbeda namun sama bermaknanya?
"Lo tau nggak, Rey?" Azra meletakkan gitarnya, menatap sahabatnya dengan senyum hangat. "Dulu gue pikir gue yang bantu lo bangkit. Tapi ternyata, lo juga udah ngebantu banyak orang bangkit lewat lirik-lirik lo."
Reynada mengambil notes kecil yang selalu ia bawa, menuliskan sesuatu dengan cepat: "Kita saling bantu. Aku nulis, kamu nyanyiin. Kita sempurna sebagai team."
Azra tertawa kecil. "Yeah, we're dream team!"
Di sudut ruangan, ponsel Reynada bergetar. Sebuah notifikasi dari Instagram - Siska baru saja mengunggah story, menampilkan cuplikan salah satu lagu mereka dengan caption sinis: "Masih sok-sokan nge-music padahal udah nggak bisa nyanyi."
Dulu, komentar seperti itu akan membuat Reynada terpuruk. Tapi kini, ia hanya tersenyum dan menunjukkannya pada Azra.
"What do you wanna do about it?" tanya Azra, siap mendukung apapun keputusan sahabatnya.
Reynada mengetik dengan tenang: "Upload lagu baru kita. Let the music speak for itself."
Azra mengangguk bangga. Ini Reynada yang baru - yang tidak lagi membiarkan kata-kata negatif menenggelamkannya, yang menemukan cara untuk tetap bersuara meski dalam keheningan.
Mereka kembali fokus pada musik mereka. Di luar, langit mulai berubah oranye, menciptakan siluet indah di dalam studio. Reynada memandang ke luar jendela, merasakan kedamaian yang dulu tak pernah ia bayangkan bisa ia rasakan lagi. Ia telah kehilangan suaranya, ya, tapi ia menemukan 'suara' yang lebih kuat - suara yang membawa harapan tidak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain.
Saat Azra mulai menyanyikan lirik yang baru ia tulis, Reynada menutup matanya, membiarkan musik mengalir dalam dadanya. Mungkin ia tak bisa lagi bernyanyi dengan bibirnya, tapi hatinya... hatinya bernyanyi lebih keras dari sebelumnya.
Dan di antara nada-nada yang mengalun, di antara kata-kata yang tertulis, Reynada akhirnya menemukan kebenaran yang selama ini ia cari: bahwa kekuatan sejati tidak selalu datang dalam bentuk yang kita harapkan. Terkadang ia datang dalam keheningan, dalam persahabatan tulus, dan dalam keberanian untuk tetap berkarya meski dunia mencoba menghentikan langkahmu.
------------------------------------------------------------------------------
Silent Wings
[Verse 1]
Di balik jendela kamar
Kutatap dunia yang tak lagi sama
Suaraku hilang dalam kegelapan
Tapi hatiku masih ingin bercerita[Pre-Chorus]
Meski semua kata tertahan
Di ujung lidah yang membisu
Aku tak akan menyerah
Karena ada sayap yang tumbuh[Chorus]
In my silence, I found my wings
Flying higher than my screams
Though my voice may disappear
My soul sings crystal clear[Verse 2]
Mereka pikir aku tenggelam
Dalam lautan ketidakberdayaan
Tapi di sini, dalam keheningan Kutemukan kekuatan[Pre-Chorus]
Setiap huruf yang kutulis
Adalah nada yang tak terucap
Setiap kata yang mengalir
Adalah nyanyian yang tak dapat hilang[Chorus]
In my silence, I found my wings
Flying higher than my screams
Though my voice may disappear
My soul sings crystal clear[Bridge]
When words fail
Music speaks
Through every note
My heart beats
I'm still here
Still standing strong
This is my song[Final Chorus]
In my silence, I found my wings
Now I'm soaring through my dreams
Though my voice may disappear
My soul sings forever clear[Outro]
Di balik jendela kamar
Kini kulihat dunia berbeda
Dalam diamku kutemukan suara
Yang tak akan pernah bisa mereka renggut dariku
KAMU SEDANG MEMBACA
PUISI Untuk Cintaku [ PFML ]
Romance[ Poem for my love ] Suara yang selama ini menjadi jiwaku, menghilang saat aku sedang bernyanyi. Seperti dunia runtuh, segala usaha yang telah kutempuh sirna begitu saja. Kini, aku berbicara melalui jari, dalam kesepian yang mencekam. Ibuku meningga...