Lukisan anak yang menangis ini sangatlah terkenal di seluruh dunia. Bukan karena wajah dalam lukisan ini tetapi justru karena rumor kutukan yang dibawa oleh lukisan ini. Lukisan ini dibuat oleh Bruno Armadio alias Giovanni Bragolin. Lukisan ini diproduksi massal pada tahun 1950an dan disebar luaskan. Objek lukisan ini adalah anak kecil laki-laki atau perempuan yang sedang menangis.
Lukisan ini dianggap akan menimbulkan kebakaran di tempat lukisan ini dipajang. Menurut berita yang dikabarkan The Sun pada 4 September 1985, sebuah rumah di Rotherham, South Yorkshire hangus terbakar karena memajang lukisan ini. Anehnya, di tengah kerusakan parah dalam kebakaran tersebut, tapi lukisan The Crying Boy tetap tergantung rapih tanpa cacat sedikitpun.
Sejak kejadian itu, misteri kutukan lukisan ini terus berlanjut. Rumor lukisan ini penyebab kebakaran pun tersebar. Beberapa tahun berikutnya, kasus serupa juga kerap terjadi. Sejak tahun 1985, tercatat 40-50 kasus kebakaran rumah terjadi karena memajang gambar tersebut. Anehnya, setelah kerusakan parah akibat kebakaran tersebut, hanya lukisan The Crying Boy inilah yang masih utuh tergantung.
Dari rentetan kejadian misterius yang diberitakan, beberapa paranormal pun mengklaim bahwa semua lukisan yang diproduksi massal ini, telah dihantui oleh jiwa anak itu. Sebagai aksi untuk memutuskan kutukan tersebut, warga Inggris pun melakukan aksi pembakaran massal lukisan tersebut. Tapi sayangnya, belum semua lukisan The Crying Boy bisa dimusnahkan. Karena, masih ada ribuan lukisan serupa yang tersebar di seluruh dunia.
Steve Punt seorang jurnalis dan komedian asal inggris menginvestigasi tentang kutukan lukisan ini. Steve pun bertemu dengan Tim Marlow, seseorang yang kenal dengan sang pembuat lukisan.
Tim mengutarakan cerita tentang Bragolin dan lukisannya. Menurut Tim, bocah yang objek lukisan ini adalah yatim piatu. Kedua orangtuanya tewas dalam kebakaran. Bragolin kemudian memutuskan untuk mengadopsinya walaupun banyak orang melarang karena bocah itu dianggap seorang firestarter, manusia yang bisa membakar apapun tanpa menyentuh.
Studio lukis Bragolin akhirnya terbakar. Bocah itu pun melarikan diri. Sepuluh tahun kemudian, sebuah tabrakan dan kebakaran mobil terjadi di Barcelona, Spanyol. Dari identitas si pengemudi ditemukan bahwa dia adalah si anak yatim piatu. Bocah itu tewas dalam kecelakaan itu.
Sumber: Rangkuman dari beberapa sejarah terkait
Semoga misteri ini segera terpecahkan.
Feedback + vote kalian sangat berarti dalam menentukan seberapa menarik kisah ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Urban Legend - Kumpulan Teori Konspirasi Horor
Mistério / Suspense#1 - Misteri/Getaran (1/3/2016) Apa kalian berani menguak kumpulan fenomena, sejarah, teori dan konspirasi horor yang nyata dan berada di sekitar kita selama ini? Teori Urban Legend -Mitos atau legenda kontemporer yang berkembang di masyarakat perk...