#26 - Hitobashira (Pilar Manusia)

11.9K 778 34
                                    

Urban legend kali ini akan mengangkat teori dan sejarah tentang orang-orang yang menurut rumor sengaja dikubur hidup-hidup di dalam proyek konstruksi berskala besar.

Kisah ini telah beredar di Jepang sejak jaman kekaisaran kuno. Kebanyakan legenda tersebut diasosiasikan dengan konstruksi kastil, bendungan, dan jembatan. Legenda ini muncul berdasarakan kepercayaan kuno, jika sebuah struktur akan lebih stabil dan tahan lama dengan cara menyegel manusia di dalam dinding atau pondasi sebagai persembahan untuk dewa.

Benarkah ada wanita muda ditanam di dinding Kastil Matsue? (Gambar atas)

Salah satu kisah paling populer adalah legenda pembangunan Kastil Matsue (prefektur Shimane) yang dibangun pada abad ke-17. Menurut legenda setempat, selama masa pembangunan, dinding batu dari menara tengah kerap ambruk. Saat diyakinkan jika pilar manusia akan menstabilkan struktur, para pembangun memutuskan mencari orang yang cocok pada festival Bon di daerah tersebut.

Di tengah keramaian, mereka memilih seorang wanita muda cantik yang tengah menunjukkan kemampuan menari Bon. Setelah menculiknya dari festival, para pembangun menyegelnya di dalam dinding. Mereka akhirnya sukses menyelesaikan pembangunan kastil. Namun, jiwa sang gadis yang tidak tenang akhirnya menghantui kastil itu setelah selesai dibangun.

Struktur ternama di Jepang yang rumornya menggunakan pilar manusia:

- Kastil Gujo-Hachiman (prefektur Gifu)
- Kastil Nagahama (prefektur Shiga)
- Kastil Maruoka (prefektur Fukui)
- Kastil Ozu (prefektur Ehime)
- Kastil Komine (prefektur Fukushima)
- Kuil Itsukushima (prefektur Hiroshima)
- Jembatan Fukushima (prefektur Tokushima)
- Jembatan Kintaikyou (prefektur Yamaguchi)
- Waduk Hattori-Oike (prefektur Hiroshima)
- Saluran irigasi Imogawa (prefektur Nagano)
- Tanggul Karigane (prefektur Shizuka)
- Bendungan Manda (prefektur Osaka)

Tidak semua rumor mengindikasikan jika pilar manusia benar dipraktikkan di Jepang. Tapi, diduga beberapa pekerja mungkin saja telah disingkirkan secara paska di kastil karena alasan keamanan. Dipercaya hal itu akan mencegah bocornya informasi dan rahasia tentang kelemahan sebuah kastil yang mungkin saja jatuh ke tangan musuh.

Versi modern dari legenda tua ini dapat ditemukan di pulau paling utara Jepang, yaitu Hokkaido. Terdapat tulang belulang manusia yang ditemukan di sekitar beberapa jembatan dan terowongan. Memunculkan rumor jika para pekerja sengaja dikorbankan selama masa konstruksi.

Terowongan Jomon, dibangun pada masa Sekihoku Main Line (JR Hokkaido) tahun 1914. Sangat terkenal akan rumor korban manusianya. Pada tahun 1968, terowongan tersebut diperbaiki setelah sebuah gempa bumi besar merusakkan bagian dalam dinding. Ketika direnovasi, para pekerja menemukan sejumlah tulang belulang manusia yang berdiri tegak ditanam di dalam dinding.

Sejumlah besar tulang manusia juga berhasil digali di dekat terowongan. Penemuan ini telah memicu kabar, jika terowongan itu dibangun menggunakan pilar manusia. Banyak orang, termasuk masinis kereta menjadi takut apabila terowongan itu benar-benar dihantui oleh arwah para korban.

Beberapa teori berpendapat, pekerjaan disana brutal dan nutrisi para pekerjanya buruk. Para pekerja yang kebanyakan adalah pelaku kriminal dan debitur telah dipaksa untuk bekerja hingga menderita beri-beri. Penyakit itu mematikan sistem saraf mereka. Karena tidak ada akses untuk pengobatan, para korban itu dipercaya telah dikubur hidup-hidup di dekat situs konstruksi.

Sebuah monumen telah selesai dibangun pada tahun 1980 untuk menghormati para pekerja.

Menurut rumor, korban lain juga telah ditanam di dalam konstruksi beton penyangga jembatan Koshikawa yang sudah tidak digunakan lagi. Walaupun tidak pernah ditemukan tulang belulang manusia disana, survey mengungkap adanya kemungkinan ruang kosong di dalam struktur yang mungkin saja berisi manusia.

Sebuah catatan mengindikasikan jika setidaknya 11 pekerja tewas saat pembangunan jembatan itu yang selesai dibangun pada tahun 1939.

Sumber: japanesestation.com

Urban legend pilar manusia dan teorinya tidak hanya berasal dari Jepang.

Temuan tulang belulang manusia juga pernah ditemukan di destinasi wisata seperti Tembok Cina dan situs terkenal lainnya.

Urban Legend - Kumpulan Teori Konspirasi HororTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang