Secara etimologi, kata 'manusia' berasal dari bahasa sansekerta “manu” dan “mens” (Latin) yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain).
Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai khalifah berbekal akal pikiran untuk berkarya di muka bumi. Kepada manusia diberikan-Nya akal dan dipersiapkan untuk menerima bermacam-macam ilmu pengetahuan dan kepandaian; sehingga dapat berkreasi (berdaya cipta) dan sanggup menguasai alam dan binatang.
Kehidupan manusia sendiri sangatlah komplek, begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas. Hubungan tersebut dapat terjadi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam, dan manusia dengan Sang Pencipta.
Setiap hubungan harus berjalan selaras dan seimbang. Namun, apa jadinya jika kecerdasan dan rasa keingintahuan manusia yang terlampau tinggi justru digunakan untuk tujuan eksploitasi dan pada akhirnya berpotensi memusnahkan dunia?
Berikut adalah 5 eksperimen ekstrem yang pernah dirancang dan dilakukan oleh manusia dengan potensi bahaya sangat tinggi untuk memusnahkan segala peradaban di dunia. Beberapa eksperimen di bawah pernah menjadi kontroversi besar sehingga sebagian proyek ada yang ditunda atau dihentikan.
1. Kola Superdeep Borehole
Proyek dimulai pada tahun 1970an dan pada tahun 1994, bor mereka sudah mencapai kedalaman 12.000 kilometer. Tempat ini dijuluki sebagai tempat terdalam di permukaan bumi. Peristiwa ini pada akhirnya menjadi sejarah pengeboran paling dalam yang pernah dilakukan oleh manusia. Mereka sempat berambisi untuk mencapai lapisan mantel dalam bumi.
Sayangnya, bumi bereaksi dengan menciptakan sebuah gaya tekan ke atas yang kuat. Ketakutan, akhirnya pengeboran ini dihentikan. Para ilmuan khawatir jika sesuatu yang buruk akan menimpa mereka jika proyek ini diteruskan. Mereka mulai menyadari kenyataan bahaya dari penggalian bumi yang bisa saja memicu kehancuran bumi.
2. Trinity Test
0.06 - 0.127 ms setelah ledakan
KAMU SEDANG MEMBACA
Urban Legend - Kumpulan Teori Konspirasi Horor
Mistério / Suspense#1 - Misteri/Getaran (1/3/2016) Apa kalian berani menguak kumpulan fenomena, sejarah, teori dan konspirasi horor yang nyata dan berada di sekitar kita selama ini? Teori Urban Legend -Mitos atau legenda kontemporer yang berkembang di masyarakat perk...