Hanya dirimu sendiri

126 5 0
                                    

Banyak orang tidak percaya pada dirinya sendiri sehingga membuat mereka meminta orang lain untuk menilai hidup nya. Kadang kamu tak percaya hujan ,akan mengundang kedatangan pelangi yang indah. Mengapa demikian? Hal itu terjadi saat kamu tak mampu mempercayai dirimu sendiri bahwa sebenarnya kamu itu mampu. Bahwa sebenarnya tidak ada satu pun orang di dunia ini paham apa keinginan mu kecuali dirimu sendiri. Mereka akan tau apa keinginan mu lewat tindakan tindakan mu. Jadi sebenarnya mereka yang peduli terhadap mu juga karena mereka berhasil menebak tingkah mu. Tidak ada yang ajaib,yang bisa memahami kamu itu dirimu sendiri. Bahkan sekalipun kamu menangis mencari pohon tempat mu berteduh,mencari angin yang menerbangkan bisikan ceritamu , itu hanya lah cara membuat mu merasa tidak beban dengan masalah mu. Ketika kamu menceritakan apa masalah pada orang terpecaya mu,itu hanya sebuah tindakan dimana orang lain berusaha memahami cerita mu dan mencari jalan keluar. Padahal jalan keluar yang tidak rumit ada pada diri mu sendiri . Aku tidak menyuruh mu berhenti menceritakan masalah mu pada orang lain. Aku hanya menjelaskan bahwa bercerita hanya berbagi rasa agar orang lain dapat memahami mu dan aku tidak menyalahkan itu. Ketika kamu bercerita ,tidak dapat di elak bahwa kamu meminta orang lain paham bahwa sulit berada diposisimu. Hanya itu sebenarnya tujuan mu menceritakan keluh mu,bukan untuk menemukan jalan keluar. Jalan keluar yang terbaik setiap masalah itu yang pertama ada pada diri sendiri. Selanjutnya bantuan orang lain itu jalan pintas untuk mengatasi masalah mu. Jadi yang terpenting pahamilah dirimu sendiri. Diam lah sejenak dan pahami alur apa yang sebenarnya sedang berjalan untuk mu. Jangan tergesa merutuki nasib padahal kamu sendiri tidak dapat memahami hidup mu.

Yosefina
21oktober2016
20.10

Seulas penaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang