Mencintai dunia adalah penyakit yang banyak dinikmati manusia. Penyakit ini di anggap kebanyakan manusia adalah penawar derita hidup di dunia, padahal ia adalah racun yang orang berlomba-lomba untuk menenggaknya.
Cinta dunia membuat seseorang celaka di dunia maupun akhirat. Berikut ini dampak-dampak dari mencintai dunia yang berlebihan:
1. Sibuk ngurus dunia hingga lupa nyiapkan bekal untuk akhirat dan melalaikan kewajiban.
Berkata Alhasan Bashri Rahimahullah:
" فإن الدنيا كثيرة الأشغال لا يفتح رجل على نفسه باب شغل إلا أوشك ذلك الباب أن يفتح عليه عشرة أبواب"
Sungguh dunia ini sangat menyibukkan,tidaklah seseorang membukakan bagi dirinya satu pintu kesibukan dunia kecuali , satu pintu itu akan membuka pula sepuluh pintu kesibukan yang lain.
2. Mendatangkan gundah gulana dan merusak fokus terhadap tujuan yang hakiki menuju negeri akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
(( مَنْ كانت الدنيا هَمَّهُ فَرَّق الله عليه أمرَهُ وجَعَلَ فَقْرَهُ بين عينيه ولم يَأْتِه من الدنيا إلا ما كُتِبَ له، ومن كانت الآخرةُ نِيَّتَهُ جَمَعَ اللهُ له أَمْرَهُ وجَعَلَ غِناه في قَلْبِه وأَتَتْهُ الدنيا وهِيَ راغِمَةٌ
“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya.
Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)“
(Hadits shahih riwayat ibnu majjah, ahmad, dan ibnu hibban)
3. Mencintai dunia akan mendatangkan seribu duka nestapa yang melelahkan yang tiada putus-putusnya.
Berkata Ibnul Qayyim:
و محب الدنيا لا ينفك من ثلاث : هم لازم و تعب دائم و حسرة لا تنقضي و ذلك أن محبها لا ينال منها شيئا إلا طمحت نفسه إلى ما فوقه كما في الحديث الصحيح عن النبي ـ صلى الله عليه و سلم ـ : "لو كان لابن آدم واديان من المال لابتغى لهما ثالثا"
Pecinta dunia tidak kan lepas dari tiga hal; gundah gulana yang tiada putus,keletihan yang panjang, dan keluh kesah yang tiada henti, sebab tiap kali dia memperoleh satu nikmat maka jiwanya akan meronta untuk memperoleh lagi kenikmatan yang lebih besar. Berkata Nabi-sallallahu alaihi wa salam-seandainya anak Adam telah memiliki dua lembah emas,niscaya ia akan ambisi memiliki lembah emas lainnya".
4. Mencintai dunia sebab kehinaan. Berkata Ahli hikmah:
من أراد الدنيا فليتهيأ للذل
Barang siapa yang tergila-gila dengan dunia bersiaplah untuk hina.
5. Mencintai dunia membuat seseorang rela menjadi penjilat dan menjadi"syetan yang bisu" tak punya nyali mengingkari kemungkaran disebabkan takut ditinggalkan orang kaya dan penguasa.
6. Cinta dunia membuat seseorang sibuk membicarakannya.
Seluruh topik pembicaraan selalu menjurus ke dunia,bagaimana memperolehnya, ambisi untuk menikmati pakaian mahal,kendaraan bagus,rumah mewah,pasangan yang cantik, maupun pusat-pusat perbelanjaan ternama.
Ulama terdahulu berkata:"sungguh aku membenci orang-orang yang sibuk membicarakan perut dan syahwatnya.".
Berkata Ayyub as-Sakhtiyani: aku tidak pernah mendengar Ahmad Bin Hambal bicara tentang dunia sedikitpun.
Berkata Aun bin Abdullah:"adalah generasi salaf terdahulu menjadikan sisa-sisa waktu mereka untuk mencari dunia". Adapun kalian sekarang menjadikan porsi akhirat kalian dari sisa-sisa dari waktu dunia.
Semoga kita dilindungi Allah dari penyakit ini, dan mendapat bimbingannya untuk menyibukkan diri mengumpul bekal akhirat kita.
Segala yang benar itu datang dari Allah, segala yang salah itu dari kami. Allah dan rasulnya terbebas dari segala kesalahan. Hanya Allah yang beri hidayah dan petunjuk.
WAllahu ta’ala a’lam bish-shawab.
"Barang siapa yang menunjukan kepada kebaikan, maka ia seperti orang yang menunjukannya dan akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya." [HR. Muslim no. 3509]
LIKE&SHARE
Cek juga
blog kami di krmalikhlash2bdg.blogspot.co.idFollow ig kami:
Instagram.com/krm_sman2bdgJuga telegram:
Telegram.me/krmalikhlashLine @ : @ysc4273p
KAMU SEDANG MEMBACA
CERPEN REMAJA MUSLIMAH
SpiritualUntuk karya " Remaja Muslimah" ini berisi seputar dunia islam. Mulai dari info islam, questo islam, cerita memotivasi, hukum dalam islam, ilmu fikih, hadis, dan belajar bahasa arab. Mungkin dalam karya ini terdapat kekurangan. Kurang dan lebihnya mo...