Pengendalian Cemburu

390 15 6
                                    

Sering mendengar istilah 'cemburu buta'?

Cemburu buta didefinisikan sebagai cemburu tanpa alasan. Padahal cemburu hanya sebatas rasa yang seringkali terlihat dari sikap dan ucapan seseorang.

Wanita yang memiliki pasangan rata-rata memiliki kadar cemburu buta yang tinggi. Ada banyak faktor yang memengaruhi kecemburu butaan wanita. Diantaranya, rupa pasangan yang terlalu tampan atau seksi, pasangan penggombal, pasangan jarang pulang, dan lain-lain.

Cemburu itu wajar, karena memang cemburu tandanya cinta. Tapi, jangan lupa satu hal: cemburu membunuhmu.

Tahukah anda efek cemburu berimbas pada kesehatan fisik, psikis, dan sosial anda?

Karena cemburu, anda sering uring-uringan, kehilangan fokus kerja, hingga lupa makan. Waktu yang seharusnya anda gunakan untuk beraktifitas, justru anda gunakan untuk mencari informasi mengenai pasangan, baik stalking akun media sosialnya ataupun stalking secara langsung. Kegiatan tersebut jelas menguras tenaga dan pikiran anda, bukan?

Selain itu, karena rasa cemburu, terjadi penurunan mood, emosi yang sering meledak-ledak, kadar kecurigaan pun semakin meningkat. Sedikit saja kesalahan pasangan, semisal terlambat pulang kerja atau ada perubahan sikap, anda langsung mengaitkannya pada 'seseorang' yang anda cemburui. Anda tidak peduli kejujuran dari alasan pasangan anda, bagi anda semuanya bohong, dan hanya karena wanita lain itulah pasangan anda seperti itu.

Kemudian, karena kecemburuan tersebut anda dan pasangan anda sering bertengkar. Orang yang dikuasai emosi, tentu tidak akan bisa menjaga sikap dan nada bicaranya. Bagi orang yang mendengar atau menyaksikan pertengkaran itu tentu akan menjadikannya obrolan di warung kopi. Kehidupan sosial anda pun terganggu. Bisa jadi anda marah pada si penyebar berita, minimal anda akan mendengar gunjingan orang tentang anda. Apakah anda mau menjadi selebriti dadakan tanpa bayaran di lingkungan anda?

Semua kendali tubuh berasal dari otak. Otak anda kendalikan tanpa sadar dengan pikiran. Kalau pikiran anda terganggu dengan cemburu buta yang berefek seperti disebutkan di atas, masihkah anda mau memupuk rasa cemburu tersebut?

Untuk menghilangkan rasa cemburu, anda harus memberantasnya dari akarnya, bukan?

Kecemburuan itu berasal dari pikiran anda, bukan orang yang anda cemburui. Jadi, anda bisa menghilangkan rasa tersebut dengan pikiran anda sendiri.

Pertama, berpikirlah logis. Apa alasan anda dan pasangan anda bersatu?

Kalau alasan cinta kalian karena penampilan, kecantikan, kemolekan, dan alasan fisik lainnya, maka wajar saja jika pasangan anda berpaling. Kecemburuan anda termasuk dalam kategori wajar. Karena fisik perlahan akan berkurang seiring usia. Lalu, wajar jika cinta pasangan anda berpaling ke lain fisik. Tidak seperti wanita yang bisa menopause, sebagian besar lelaki justru lebih bergairah di usia matang. Tapi, tetap cemburulah sewajarnya.

Kalau alasan cinta kalian adalah rasa nyaman, maka secantik apa pun wanita lain, tidak perlu dikhawatirkan kesetiaan pasangan anda. Kecuali, pasangan anda adalah orang yang memang mata keranjang.

Lelaki yang sudah merasa nyaman, tidak akan mencari kenyamanan lain. Karena pada dasarnya lelaki suka tantangan dalam hidupnya. Tapi, tidak dalam hubungan. Ia akan mempertahankan semampunya tentang hubungannya dengan anda. Dengan syarat, kenyamanan yang anda berikan bertahan hingga kapan pun. Tidak berubah seiring lamanya waktu kalian bersama.

Setelah anda mengingat kembali alasan atau sebab cinta kalian. Berikutnya, yang kedua yaitu lihat pada siapa anda cemburu!

Rata-rata perselingkuhan terjadi karena adanya kesempatan. Kesempatan dalam kesempitan. Seperti:

Untuk WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang