Penyesalan.

876 16 0
                                    

Udah seminggu berlalu semenjak kepergian Dion, itu artinya udah seminggu juga Gue ada di Dalem Kamar gak keluar sama sekali. Gak ada yang Gue lakuin, Gue cuma liatin foto-foto Gue sama Dion, dengerin lagu favorit kita berdua, mengenang hal konyol yang pernah kita lakuin, dan menatap sini kepada hujan yang turun sesekali, sambil membaca surat dari Dion berulang kali. Sekarang jangankan main sama hujan, denger suaranya aja Gue gak suka. Gue sama sekali gak mau keluar, untuk apa? ada apa di luar sana? Gue rasa gak ada lagi hal yang bisa Gue lakuin di luar sana, karena tanpa Dion memangnya masih ada hal yang bahagia yang bisa Gue temuin di luar sana?

Hal yang Gue rasain saat ini adalah rasa penyesalan. Setiap kali Gue baca surat dari Dion, tanpa terasa air mata ini mengalir dengan deras, entah sudah berapa banyak air mata yang Gue keluarin, rasanya gak ada habisnya untuk menangisi penyesalan ini. Harusnya Gue nelfon dia malem itu, cuma buat bilang kalo Gue maafin Dia. Setidaknya Dia pasti bakal ngabarin Gue, dan Gue tau dimana posisi dia. Gue pasti bakal nyuruh dia nginep di Rumah temennya dulu, dan pasti kejadian itu gak akan terjadi. Pasti saat ini Dion masih ada, lagi ngehibur Gue, kita main hujan sama-sama. Sungguh penyesalan yang sangat dalam, mata ini sudah bengkak, kepala ini sudah pusing, hati ini sudah sakit, rasanya lengkap sudah penderitaan ini.

Udah seminggu juga Gue gak masuk sekolah, padahal sebentar lagi ujian nasional. Tapi, Gue sama sekali gak konsentrasi buat belajar, apalagi pergi ke sekolah, karena yang Gue pikirin saat ini cuma Dion. Bener kata Dion, mungkin kata orang ini cuma Cinta SMA, tapi rasa yang kita punya sudah begitu dalam. Begitupun yang Gue rasain, kehilangan Dion, rasanya seperti kehilangan separuh dari hidup Gue.

Saat lagi melamun, Gue dikagetkan dengan suara ketukan pintu dan suara yang memanggil nama Gue, bukan nyokap Gue, Tapi, Mufti sahabat Gue. Mufti adalah sahabat terbaik Gue, kita temen sebangku. Kalo ada apa-apa Gue pasti selalu cerita ke Mufti, dia pendengar yang sangat baik. Gak kaya temen-temen Gue yang lain, yang selalu nyalahin Gue kalo Gue lagi ada masalah sama Dion. Mufti sebenernya udah nyuruh Gue buat maafin Dion waktu itu, tapi emang dasar Guenya yang terlalu egois dan mikir dia sama aja kaya temen-temen yang lain. Harusnya Gue dengerin dia waktu itu. Huh, air mata ini kemudian menetes lagi begitu derasnya.

"Alya, ini Gue Mufti"
"Buka Pintunya Al, please ijinin Gue masuk ya. Biar Gue temenin Lo. Udah seminggu Lo gak masuk sekolah, Lo gak angkat telfon Gue, bahkan bales WA Gue aja engga, Gue khawatir" 

Mungkin Gue emang butuh temen ngobrol saat ini, gak ada salahnya kalo Gue ijinin Mufti masuk dan dengerin semua keluh kesah Gue. Akhirnya Gue buka pintu untuk Mufti, belum sempat Mufti masuk, Gue tarik dia dan Gue peluk dia, kemudian Gue nangis sejadi-jadinya. Mufti pun dengan sabar dan setia dengerin semua keluh kesah Gue. Dia selalu berusaha nguatin Gue. Gue merasa beruntung banget punya dia. Setelah Gue omongin apa isi hati Gue, sekarang giliran Mufti yang ngomong.

"Ini emang udah takdir Tuhan Al. Lo gak bisa hindarin ini,  memang begini harusnya, Tuhan mau Lo belajar untuk lebih menghargai orang-orang yang Lo sayang, dan waktu yang Lo punya sama mereka. Daripada Lo sedih terus-terusan gini, gak ada gunanya Al, gak bakal bisa bikin Dion balik lagi. Hidup Lo masih panjang Al, katanya kan Lo mau masuk Universitas Negeri Favorit Lo. Sekarang udah waktunya Lo bangkit dan kejar impian Lo, sekarang Lo yang sedih, tapi apa Lo tega bikin orang-orang yang masih ada sekarang kecewa, Gue dan nyokap Lo. Jangan sampe Lo nyesel untuk yang kedua kalinya. Gue yakin kok Dion udah bahagia disana, jangan bikin dia berat karena udah ninggalin Lo."

Denger nasihat sahabat Gue, bikin Gue jadi mikir, Mufti bener, Gue masih punya mimpi yang harus Gue kejar, perjalanan hidup Gue masih panjang. Masih ada nyokap yang harus Gue bahagiain. Gue gak boleh larut dalam kesedihan ini, Gue gak boleh kalah sama cobaan ini, Gue harus kuat demi orang-orang yang masih ada disekitar Gue saat ini, Gue gak boleh bikin mereka kecewa, karena Gue ga mau nyesel untuk yang kedua kalinya.

Akhirnya Gue kembali ke Sekolah, di sekolah Gue disambut oleh temen-temen Gue yang heboh itu. Gue punya 4 temen deket ada Arina, Mutia, Clara, dan Mufti. Mufti orang yang paling deket sama Gue, karena kalo Gue cerita Gue lebih nyaman sama dia, soalnya dia bisa jaga rahasia dan lebih bijaksana dibandingkan ketiga temen Gue yang lain. Mufti selalu bisa ngasih masukan kalo Gue lagi ada masalah sama Dion, kalo temen Gue yang lain psati mereka belain Dion. Mereka cuma bertiga tapi kalo udah ngobrol ketawa mereka, teriaknya mereka bisa kali didenger satu sekolah, tapi Gue seneng kok punya mereka karena mereka yang selalu ngehibur Gue.Selain Mufti, Reza juga suka Gue curhatin masalah Dion, apalagi kemaren Gue lagi sering-seringnya berdua sama Reza. Setelah kejadian waktu itu Gue sama sekali belum ketemu dan komunikasi lagi sama Reza, terakhir komunikasi waktu Reza masih di Rumah Sakit.

Udah hampir 2 minggu Gue masuk sekolah lagi, tapi Gue sama Reza masih belum saling ngomong. Paling cuma tatapan bentar, senyum abis itu udah. Gue masih takut buat nyapa Reza, Gue takut dia masih marah sama Dion, sama Gue juga. Gue juga takut deket dia, karena tiap Gue liat dia, Gue inget lagi kejadian waktu itu di Coffe Shop.  Kejadian yang bikin Gue sama Dion berantem dan belum saling bicara lagi sampai sekarang dan gak akan pernah lagi.

Ngeliat temen-temen Gue yang terus berusaha ngehibur Gue, rasanya seneng, tapi walaupun ditemenin sama kerameannya mereka, kekonyolan-kekonyolan mereka, tetep aja hati Gue rasanya sepi, Gue masih suka ngelamun mikirin gimana Dion sekarang. Tiba-tiba Gue dibangunkan dari lamunan Gue sama suara yang gak asing, itu suara reza. Gue langsung salting, entah kenapa, rasanya Gue belum siap ketemu dia.

"Al, Sorry Gue ganggu"

"Gak apa-apa kok Za, kenapa?"

"Lo masih marah sama Gue?"

"Hah? marah?" dalam hati Gue mikir, bukannya harusnya Lo yang marah Za

"Iya.. semenjak kejadian itu Lo gak hubungin Gue, bahkan kita satu kelas Lo gak mau nyapa Gue.  Maaf ya Al, harusnya Gue gak ngajak Lo ke sana, apalagi sampe bilang kalo Gue suka sama Lo. Gue nyesel Al"

Ternyata bukan Gue aja yang punya rasa bersalah atas meninggalnya Dion, ternyata Reza juga punya perasaan yang sama.

"Gue kira Lo yang marah sama Gue, sama Dion juga. Makannya Gue gak berani nyapa Lo Za"

"Lo pasti kehilangan banget ya Al? Sekali lagi maafin Gue ya Al, please, biar hati Gue tenang"

"Udah lah Za, gak ada yang bener dan gak ada yang salah disini. Ini semua udah takdir Tuhan. Tanpa Lo minta maaf Lo udah Gue maafin. Maafin Gue sama Dion juga ya Za"

"Iya Al, Lo yang kuat ya, Gue yakin Lo pasti bisa lewatin semuanya. Gue turut berduka cita Al"

"Iya Za, makasih"

Gu gak nyangka, kata-kata "Udah lah Za, gak ada yang bener dan gak ada yang salah disini. Ini semua udah takdir Tuhan. Tanpa Lo minta maaf Lo udah Gue maafin. Maafin Gue sama Dion juga ya Za", bisa-bisanya Gue nguatin orang lain, padahal sebenernya hati ini juga masih belum bisa nerima, atau mungkin emang udah waktunya Gue terima semua kejadian ini dan belajar mengikhlaskannya.

Aku gak mau kamu pergi secepat itu Dion, karena aku juga berharap kita akan tua bersama, bukannya mau melupakan apalagi menghilangkanmu dari kehidupanku, tapi aku hanya ingin belajar mengikhlaskan dan merelakan.



SEMUA KARENA HUJAN [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang