Malam diary ku sayang...
Yang penting, Naya harus nyiapin buat ujian dan masuk program IPA. Eit, tunggu dulu! Dari hasil tes IQ kemaren Naya disaranin ngambil IPS loh, Ry. Nilai IPA Naya kan ancur-ancuran banget! Tapi, Naya maunya masuk IPA aja deh. Gak mau yang IPS ah... hmm..., kayaknya harus 'nyewa' si Hanna untuk nginep n ngasih privat selama sebulan nih. Naya harus bisa masuk IPA!
Ry, smakin hari, Naya semakin tersiksa aja dengan rasa yang ngerayap di pojok jiwa ini. Rasa yang ingin selalu diperhatikan, selalu deketan. Siang malam Naya kepikiran terus ma dia. Bahkan, sedang shalat sekalipun. (astaghfirullah)
Hmm... Naya jadi tersadar sama satu hal, Ry. Naya kan suka nggak peduli kalo Naya bersikap ke semua cowo'. Trus, kalo ada yang b'pikiran, Naya tuh kok perhatian banget ke dia. waduh! Ternyata susah banget ngejaga fikiran 'n hati itu. Naya malah baru nyadar setelah Naya ngalamin sendiri.
Naya harus gimana nih, Ry? Naya bener-bener gak bisa lepas dari dia. Kepikiraa...n terus sama dia. (ups, Naya masuk IPA juga dengan harapan kali aja sekelas). Aduh.. segitu jauhkah Naya menyelewengkan cinta-Nya?
Allah..., tolong Naya, wahai Rabb... Tolong Naya untuk nyadarin diri kalo' Naya tuh belum pantas untuk ngerasain hal-hal kayak begituan, kecuali kalo' ntar udah legal (dengan kata lain, setelah menikah)
Allah,... tolong Naya buat ngelupain sosok itu. Bantuin Naya ya Rabb... tapi, Rabb,... Naya tuh, gak bisa kalo' sehari aja gak ketemu ma dia...
Aaa...h, Rabb. Cinta itu kan anugrah dari-Mu? Tapi, apakah ini smua salah, Rabb? Wahai Maha Pemilik Cinta, Kenapa Naya begitu tersiksa sekali dengan anugrah-Mu itu? Tolong hamba-Mu ini ya Rabb...
***
"Kang Hafidz." panggil Faiz suatu hari. Ketika lelaki yang dua tahun diatasnya itu berkunjung ke kamar mungilnya.
"Hem.."
"Akang pernah jatuh cinta?" Tanya Faiz to the point
"Apa? Jatuh cinta? Aduh, gimana yach? Emang kenapa, atuh?"
"Gak ada sih,... Cuma aja, Faiz lagi bingung nih?"
"Kenapa? Kamu jatuh cinta yach?" Tanya Hafidz lagi. Wajah Faiz memerah. Namun dia tak menjawab pertanyaan itu.
"Kang, kalo' ada akhwat yang deket ma ikhwan, gimana?"
"Tergantung konteks deketnya dong. Untuk keperluan dakwah sih sah-sah aja. Kan gak mungkin dakwah diusung dengan ikhwan dan akhwat yang terpisah. Tapi, yang jelas, antara sesama muslim tentu ada kedekakatan hati (Ta'liful quluub). Cuma aja dalam dakwah fardiyah atau dakwah inter personal da'i (yang mendakwahi) dan mad'u (yang didakwahi) gak boleh beda jenis. Bahaya bagi hati, atuh."
"Hmm... maksud Faiz tuh gini, ada ikhwan trus ada akhwat, mereka nih sering berinteraksi meski gak terlalu penting. Sedang, keduanya mengerti akan batasan islam."
"Wah, itu gawat namanya! Perlu dipertanyakan kualitasnya tuh. Masak udah tau, masih ngelakuin juga?"
"Misalnya gini, si ikhwan sih awalnya nanggepnya biasa-biasa aja. Tapi, akhwatnya terus-terusan ngasih perhatian en deketan ma ikhwan. Si ikhwan ini malah segan mengingatkan akhwat karena berpikir, ntar akhwatnya GR atau karena akhwatnya itu sebenarnya bersikap sama ke smua ikhwan en dia ngerasa biasa-biasa aja tanpa embel-embel perasaan lain"
"Kalo menurut akang sih, sikap ikhwan itu salah juga! Meski ikhwan tersebut udah bersikap biasa-biasa aja. Ingat, akhi. Laki-laki dan perempuan itu bagai magnet yang berada dalam satu medan. Laki-laki adalah kutub utara yang cendrung mengalirkan arus. Sedang, perempuan itu bagai kutub selatan yang cendrung menerima arus. Namun, kendatipun menerima arus, kutub selatan itu cendrung menarik arus ke dia. Intinya, kutub selatan yang notabenenya hanya di posisi menerima arus, berpotensi untuk menarik kutub utara.
KAMU SEDANG MEMBACA
Penantian Gadis Buruk Rupa
SpiritualNaya, mahasiswi muslimah berjilbab lebar yang terkenal sebagai aktivis BEM dan orator ulung tiba-tiba mengalami pendarahan, kejang dan membiru serta kehilangan kesadaran ketika perjalanan menuju luar kota bersama pengurus BEM lainnya. Semua orang pa...