Keluar dari zona nyaman

55 0 0
                                    

Seekor kupu-kupu terbang di angkasa mengitari bunga matahari dengan senyuman, mereka bergerombol masuk ke dalam lembah khatulistiwa , bersinar terang bagaikan mutiara. Sayap-sayap indah berwarna-warni hiasi awan di langit bersama burung merpati. Engkau terbang jauh bagaikan kilat yang menyambar , bebas kemana saja tanpa ada suatu ikatan. Apakah engkau akan tetap seperti ini , jika suatu saat nanti sayap-sayap indah tersebut lapuk terkena sinar matahari, apakah engkau akan tetap bahagia ketika tubuhmu tak lagi mampu menaruh beban.

Wahai kupu-kupu pulanglah ke tempat asalmu , tempat dimana engkau di lahirkan dan di besarkan disana , nama besarmu ada karena jasa dari orang tuamu yang besusah payah merawat dan membesarkan dirimu, kembalilah ke jalan yang benar. Jangan sampai rasa bahagiamu saat ini menjadi racun bagi kehidupanmu. Buatlah hari-harimu lebih indah dari hari-hari kemarin , semuanya akan bahagia jika engkau berani mencoba , hindarilah masa-masa ketenanganmu demi masa depanmu yang lebih baik , jangan sampai engkau terbang tanpa membawa hasil , keluarlah dari zona nyaman, karena tantangan kehidupanmu semakin berat demi masa depanmu jika ingin selamat.

Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti ingin mempunyai kehidupan yang nyaman,damai dan sejahtera, terkadang kita sering melarikan diri dari berbagai macam persoalan hidup yang sedang kita hadapi , persoalan hidup ini berupa masalah yang terjadi tanpa adanya suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. jika posisi anda sekarang sudah nyaman dengan pekerjaan yang anda lakukan , maka anda tidak akan mau berkembang dan bergerak untuk hidup yang lebih baik lagi , orang yang seperti ini biasanya memiliki sifat statis , dia tidak bisa pergi kemana-mana , namun sering di atur oleh kehidupan yang memihak kepadanya. Semua itu terjadi karena terlalu sering di manjakan oleh kehidupanya sendiri.

Tak semua orang bisa mengatur kehidupanya sendiri , terkadang kita harus di tuntut oleh atasan agar anda mau bekerja sesuai dengan keinginanya. Disini saya mempunyai dua perbedaan antara orang yang berada dalam kondisi nyaman dan orang yang berada dalam kondisi tidak nyaman. Seperti halnya dengan kisah kupu-kupu yang saya ceritakan di atas , bahwa manusia tidak selamanya hidup dalam zona nyaman , suatu saat manusia harus keluar dari zona nyaman tersebut, agar bisa mengatur masa depanya lebih baik lagi. Sebagai contoh, ada kisah dari pengusaha restoran ayam bakar yang sudah terkenal di seluruh ibu kota jakarta , nama usahanya adalah "Ayam bakar mas mono" sesuai dengan nama pemiliknya yaitu: mas mono. Kisah ini berawal dari kariernya sebagai petugas cleaning service di sebuah perusahaan , setelah beberapa tahun kemudian mas mono di angkat sebagai supervisor cleaning service, dalam diri mas mono menjadi seorang supervisor cleaning service bukanlah pekerjaan yang cocok dengan dirinya , padahal kalau di hitung gaji mas mono saat itu sudah lumayan besar dan saat itu banyak di antara karyawan yang ingin naik ke posisi tersebut, setelah beberapa tahun kemudia mas mono memutuskan untuk keluar dari pekerjaanya , keputusan ini sempat mendapat tentangan dari keluarga mas mono , karena mas mono sendiri sudah dalam keadaan nyaman dan mendapatkan gaji yang cukup besar.

Menjadi seorang karyawan sebenarnya bukan menjadi keinginanya , selama ini mas mono menjadi karyawan hanya ingin belajar bagaimana seorang pengusaha bisa memanajemen karyawan dengan baik , keputusan ini adalah keputusan yang sangat tepat bagi dirinya , kalau menurut saya sendiri , menjadi karyawan itu baik , namun alangkah lebih baik jika anda bisa menjadi sorang pengusaha , lebih baik anda mengatur bisnis anda sendiri , daripada anda harus bekerja untuk bisnis orang lain, menjadi seorang pengusaha di butuhkan mental spiritual yang sangat kuat , anda harus bisa keluar dari zona nyaman , mau sampai kapan anda akan menjadi orang gajian.? , maka dari itulah mulailah bisnis anda dari sekarang .

Hanya dengan bermodal rombong kecil , mas mono pertama kali bisnis jualan gorengan setelah terkumpul banyak modal , akhirnya mas mono banting setir membuka usaha ayam bakar. Sampai saat ini sudah berdiri banyak cabang ayam bakar mono , salah satu kunci kesuksesanya adalah dia mau untuk keluar dari zona nyaman , yang asalnya bekerja sebagai supervisor cleaning service , kini mas mono menjadi pengusaha ayam bakar yang sangat sukses , jika anda mau keluar dari zona nyaman , saya yakin kehidupan anda akan lebih baik lagi , hidup itu harus dinamis , bisa apa saja dan bisa mengerjakan apa saja. Jangan sampai hidup anda bersifat statis , bisanya hanya jalan di tempat saja tanpa ada suatu perubahan.

Hidup ini banyak sekali rintangan dan tantangan yang akan kita hadapi , kalau kata motivator nomor satu indonesia bapak andre wongso yang mengatakan "Jika anda keras kepada diri anda sendiri maka dunia akan lunak kepada anda , akan tetapi jika anda lunak kepada diri anda sendiri , maka dunia akan keras kepada diri anda" , jadi pilih yang mana , apakah anda ingin hidup anda keras atau pilih yang lunak? , itu semua tergantung pada diri anda masing-masing. Pernahkah anda pergi ke suatu tempat dimana ada orang yang pekerjaanya selalu tidur setiap hari? , menarik untuk kita simak , bahwa tidur adalah kondisi saat tubuh kita dalam keadaan nyaman, namun ada orang yang ingin sembuh dari penyakit tidur , namanya adalah penyakit insomnia. Nah, pada kesimpulanya bahwa dalam kondisi senyaman apapun kita tetap saja tidak bisa nyaman, karena rasa nyaman itu terjadi karena rasa dan rasa itu akan berubah menjadi sebuah karakter atau kebiasaan sehingga orang akan merasa selalu nyaman , padahal sebenarnya kondisi yang dia lakukan dalam garis ketidaknyamanan, sebagai contoh : ada seorang pengusaha yang menikmati pekerjaanya sehingga dia merasa nyaman dengan pekerjaanya , bukan berarti pengusaha tersebut harus hidup santai , tetap saja si pengusaha tersebut harus berpikir bagaimana caranya agar pekerjaanya tetap nyaman, kita semua mungkin tidak akan tahu , bahwa musibah akan terjadi kapan saja dan kepada siapa saja , tidak peduli dia orang kaya , miskin , cerdas , bodoh dan lain sebagainya.

Hindarilah kehidupan nyaman anda dengan memperbanyak kegiatan yang bersifat menantang , jika anda mampu merubah zona kenyamanan anda , saya yakin anda akan lebih cepat sukses , bukankah kita hidup di dunia ini di perintah hanya untuk mengabdi dan menyembah Allah SWT? , dan di dalam proses tersebut terdapat posisi dimana kita harus mampu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk , ujian dan cobaan terjadi karena ketidaknyamanan dalam diri manusia , sesungguhnya cobaan dan ujian tersebut hanya bersifat sementara , tergantung anda yang menyikapinya , jika anda mampu menyikapinya dengan sabar , maka saya yakin anda akan mampu merubah posisi ketidaknyamanan anda menjadi posisi yang sangat nyaman , walaupun kita harus hati-hati suatu saat nanti ada posisi yang tidak nyaman datang kepada kita atau diri anda masing-masing.

METAMORFOSIS KEHIDUPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang