Banyak orang yang belum mengerti arti ikhlas yang sebenarnya , ikhlas merupakan perbuatan yang di lakukan oleh seseorang tanpa rasa pamrih atau ingin mendapat balasan dari orang lain setelah mengerjakanya. kita sebagai seorang manusia seharusnya bisa menempatkan ikhlas pada kaidah yang sudah berlaku saat ini , kebanyakan dari kita bekerja pasti mengharapkan suatu imbalan , namun sedikit orang yang ikhlas dengan pekerjaan yang dia kerjakan . orang yang ikhlas dalam bekerja berarti orang tersebut sudah menikmati pekerjaanya , akan tetapi orang yang belum ikhlas dalam bekerja berarti orang tersebut masih mempunyai rasa mengeluh dengan pekerjaan yang dia kerjaan .
Pentingnya ikhlas dalam bekerja akan kembali kepada diri kita masing - masing , kalau kita ikhlas bekerja tanpa adanya suatu pamrih tertentu , saya yakin rejeki yang anda terima akan lebih besar , sebagai contoh , ada seorang karyawan cleaning service / Office boy di perusahaan A , setiap hari dia pergi ke kantor untuk membersihkan kantor , ketika ada bos datang office boy tersebut kelihatan sangat rajin dan antusias dalam bekerja , akan tetapi jika bosnya sedang keluar kantor , office boy tersebut malas - malas san dalam bekerja . orang yang seperti ini bisa di katakan orang yang cari muka , di depan kelihatan bagus , di belakang ternyata busuk .
Seharusnya kita sebagai manusia yang di ciptakaan Allah SWT sempurna , harus bisa melaksanan seluruh pekerjaan dengan ikhlas , entah itu nanti di bayar atau gak di bayar yang penting harus ikhlas , Allah itu maha melihat , Allah juga maha mendengar , Allah tahu segala aktivitas yang anda kerjakan , jadi bekerjalah dengan baik , di sisi kiri kananmu ada malaikan , dan Allah selalu mengawasimu pagi , siang hingga malam tiba , maka bekerjalah sebaik mungkin , seikhlas mungkin untuk meraih kesuksesan anda.
Jika kita tidak mampu untuk ikhlas ada beberapa hal yang harus kita pelajari , disini ada beberapa langkah agar kita bisa cepat ikhlas dalam bekerja ,
1. Utamakan ibadah
Ibadah kita tidak hanya sholat , puasa dan sedekah saja , bekerja juga merupakan ibadah yang paling penting , dengan kita beribadah maka kita akan selalu dekat dengan Allah SWT , jika anda sebagai seorang karyawan , niatkanlah dari rumah anda bekerja untuk mencari nafkah yang akan di berikan kepada anak dan istri di rumah , jangan sampai kita niat bekerja hanya untuk mencari uang . jika anda seorang bos atau atasan di sebuah perusahaan , niatkanlah dari rumah untuk mencari ridho Allah , dan senantiasa berbuat adil kepada karyawan , bisa jadi kalau Allah tidak ridho perusahaan yang anda pimpin akan bangkrut.
2. Sadar diri
Langkah yang ke dua agar kita bisa cepat adalah dengan rasa sadar diri , jika anda seorang karyawan tiba - tiba di halaman kantor ada sampah yang berserakan , maka yang anda lakukan adalah harus memungut sampah tersebut lalu membuangnya , jangan mentang - mentang anda sebagai seorang bos atau atasan melihat sampah di tanah malah di biarin begitu saja , dengan alasan di kantor tersebut sudah ada petugas kebersihanya . seharusnya kita mampu sadar diri bahwa apa yang kita lakukan itu tidak semata - mata hanya ingin memanfaatkan orang saja , jika kita mampu untuk melakukanya maka lakukanlah , dan sesuatu hal yang sangat spele walau hanya memungut sampah itu pahalanya sungguh luar biasa kalau dalam hati kita sudah ikhlas . jadi yang terpenting kita harus sadar diri , jangan sampai kita menyuruh atau menunggu orang untuk mengerjakanya.
3. Tidak memamerkan pekerjaan
Orang ikhlas itu ibarat kalau kita buang air besar atau buang air kecil , ketika kita sudah membuang kotoran tersebut , apakah mungkin kita akan mengambilnya lagi . begitu juga dengan ikhlas , apapun amal perbuatan baik anda jika anda melakukanya tidak ikhlas , maka yang terjadi adalah anda akan terus mengigat kebaikan yang telah anda lakukan . sebagai contoh ada seorang karyawan yang dia niat ikhlas sedekah 100.000 , namun setelah ia sedekah ternyata dia sangat sombong , sedekah cuman 100.000 tapi seluruh kantor tahu semua kalau dia sudah bersedekah . nah , orang yang seperti jangan kita contoh , sebaik apapun amal kita jangan sampai kita perlihatkan kepada orang lain , cukup anda dan Allah SWT yang tahu , niscaya kesuksesan akan datang kepada anda dalam waktu sangat cepat.
Kembali kepada permasalahan awal , bahwa ikhlas dalam bekerja sangatlah penting bagi diri kita , kalau kita mampu untuk ikhlas , menjalani pekerjaan seberat apapun pasti akan terasa ringan dan hati kita akan lebih tentram . jadi jika anda ingin cepat sukses maka belajarlah untuk ikhlas dan tetap semangat menjalani kehidupan yang keras seperti sekarang ini.