Pernahkan anda membayangkan bahwa setiap hari kita di beri anugerah oleh Allah SWT berupa tubuh dan bentuk wajah yang indah , dari tubuh itu kita di berikan nyawa dan bernafas setiap hari gratis tanpa membayar . jika anda lihat di rumah sakit besar , pernahkan anda melihat seorang pasien yang sedang di beri bantuan alat pernafasan berupa oksigen , jika anda bayangkan juga , berapa harga oksigen itu sekali pakai , dan berapa uang yang harus kita keluarkan untuk membayarnya.? , pernahkah kalian berpikir jika anda dalam posisi sangat genting , ada seseorang yang mau membegal anda , dia memberi pilihan dua , harta atau nyawa , maka tentunya kita sebagai seorang manusia memilih nyawa , walau kita saat ini bergelimangan banyak harta.
Apa gunanya jika setiap hari bekerja dari pagi , siang hingga malam berturut - turut selama satu minggu , satu bulan , satu tahun bahkan sampai mati sekalipun , apa yang bisa kita persembahkan untuk tuhan kita Allah SWT yang memiliki sifat rahman dan rahim , terkadang kita harus punya rasa malu yang sangat malu , amal ibadah apapun seperti sholat , puasa , zakat , haji dan amalan - amalan yang lain , tidak mampu atau masih belum sanggup melunasi hutang - hutang kita kepada Allah SWT . Beruntung Allah masih mempunyai sifat rahman dan rahimnya , Allah memberikan kebebasan kepada kita , apakaha kita mau surga apa mau masuk neraka , tentunya jika berpikir , kenapa orang - orang yang selalu berbuat dzalim Allah masih saja memberikan mereka kekayaan harta yang melimpah , sedangkan orang - orang yang selalu taat beribadah kepada Allah SWT , Mereka justru kebanyakan banyak di antaranya yang kekurangan harta .
Inilah kehidupan dunia dan inilah kehidupan akherat , Allah itu maha adil , tidak mungkin Allah menguji hambanya dengan berbagai macam ujian dan cobaan tanpa suatu maksud tertentu. saya sendiri yakin Allah punya maksud lain , terkadang apa - apa yang kita anggap baik menurut Allah tidak baik , begitu sebaliknya terkadang apa yang menurut Allah tidak baik menurut kita bisa jadi itu baik . maka pada intinya janganlah sekali - kali kita berprasangka buruk kepada Allah , karena apapun rencana Allah SWT kebaikan akan kembali kepada kita dan anda semua.
Kembali kepada inti pembahasan kita , "bahwa jika kita bersyukur maka hidup kita akan makmur , begitu sebaliknya , jika kita kufur maka hidup kita akan hancur" , sungguh luar biasa anugerah nikmat yang di berikan Allah SWT kepada hamba - hambaNya . jika kita mampu untuk bersyukur maka Allah akan memudahkan jalan kita menuju kesuksesan yang nyata . jangan sampai kita tertipu daya oleh gemerlap indahnya dunia , semua yang ada di bumi ini adalah titipan dari Allah SWT , Kesuksesan adalah hak untuk seluruh manusia , tergantung dia bisa menyikapinya dan mensyukuri kesusksesanya dengan sesuatu hal yang positif , maka jika kita ingin sukses maka kita harus pandai untuk mensyukuri nikmat yang di berikan Allah SWT kepada kita semua .
Ada beberapa nikmat yang sering kita lupakan , ini juga ada di dalam hadis yang di terangkan oleh Rasulullah SAW yaitu " Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia terpedaya kepadanya yaitu, kesehatan dan kesempatan" (HR. Bukhari ) yang tercantum di dalam kitab riyadus sholihin.
Berikut kita akan ikuti ulasanya :
1. Nikmat Sehat
Sehat adalah kunci kebahagiaan yang paling utama , buat apa kita punya banyak harta akan tetapi diri kita sakit dan tidak bisa menikmati atas apa - apa yang dia miliki , maka dari itu kita harus memanfaatkan waktu sehat kita untuk senantiasa ikhlas beribadah kepada Allah SWT , dan menggunakan waktu kita untuk bekerja dan berkarya di jalan Allah , saya yakin dengan waktu yang sangat cepat kesuksesan akan menghampiri anda semua.
2. Nikmat kesempatan / Waktu luang
Gunakanlah waktu 24 jam sehari ini sebaik mungkin , jangan sampai ada waktu luang yang kita sia - siakan dengan kegiatan yang negatif , maka bersyukurlah jika anda mampu memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang lain contoh dari kegiatan tersebut adalah , kerja bhakti , menyirami tanaman , dan membantu orang yang sedang dalam kesusahan . jadi tak ada waktu yang tertinggal sia - sia , saya yakin jika anda mampu membagi waktu dengan baik , maka kesuksesan tersebut akan datang dan hidup anda akan bahagia.
Maka pada kesimpulanya , kita tidak boleh mengeluh dengan apa yang kita dapatkan selama ini , kita seharusnya harus mampu untuk bersyukur atas karunia yang di berikan Allah SWT kepada kita semua . maka jika anda ingin lebih sukses , pandai - pandailah mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita , Semoga anda mampu mensyukurinya dan semoga kesuksesan datang kepada anda yang pandai bersyukur.