The Power Of Sabar

26 0 0
                                    

    Pengertian sabar kalau menurut pandangan saya adalah : suatu tindakan yang di lakukan oleh seseorang untuk mendapatkan hasil dengan cara berusaha dan berupaya sekuat tenaga agar hasil tersebut bisa dicapai secara maksimal baik dalam jangka waktu yang cepat maupun lama sehingga harus merelakan segala sesuatunya jika suatu saat nanti terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan terjadi. Orang yang melakukan tindakan ini bisa disebut dengan istilah "penyabar" yaitu orang yang bersifat sabar. Kesabaran ini sangat penting bagi diri manusia , tanpa kesabaran manusia akan mudah menyerah serta putus asa.

Orang yang sabar adalah orang yang di uji keimananya oleh Allah SWT , selama ujian berlangsung orang ini akan dihadapkan kepada persoalan sulit, seperti halnya saat anda mengikut ujian nasioan waktu masih sekolah dulu. Saat itu anda harus rela berangkat pagi sekali agar tidak terlambat sampai di sekolah. Setelah itu anda mengerjakan soal – soal ujian nasional , tentunya soal – soal tersebut ada yang sulit dan ada yang mudah. Saat itu anda memerlukan banyak kesabaran ketika harus mengisi jawaban di lembar kertas , karena anda pasti takut kalau lembar jawaban sobek atau terkena kotoran dan cara mengisinya harus hati – hati supaya jawaban yang kita jawab bisa masuk ke dalam sistem komputer.

Kalau zaman dulu ujian nasional masih menggunakan kertas , kalau zaman sekarang ini lebih simpel dan fleksibel , karena ujian nasional tahun ini lewat media personal komputer semua, jadi mereka tidak akan khawatir dengan lembar jawab yang kotor bahkan ada yang sampai sobek. Setelah anda sudah selesai mengikuti ujian nasional , tentunya anda akan merasa lega dan bahagia , tapi anda harus wajib bersabar lagi untuk menunggu pengumuman kelulusanya. Ketika hasil ujian nasional sudah di umumkan , maka ada dua kemungkinan yang terjadi , yang pertama jika anda lulus , anda akan merasa bahagia dan senang sekali mendengar kabar kalau anda lulus , yang namanya anak muda saya yakin kalau lulus mereka akan merayakan kelulusanya. Ada yang merayakanya dengan cara yang positif dan ada juga yang merayakanya dengan cara yang negatif , salah satu contoh yang merayakanya secara positif adalah : mereka lebih baik diam di dalam rumah , setelah itu mengadakan acara syukuran bersama keluarga dan salah satu contoh yang merayakanya secara negatif adalah: mereka lebih suka berkeliaran di jalan raya sambil memilok seragam mereka , padahal lebih baik seragam tersebut bisa di simpan atau bisa digunakan untuk adek kelasnya nanti.

Kemungkinan yang terjadi ke dua adalah : jika ada anak yang tidak bisa lulus ujian , maka saya yakin anak tersebut akan frustasi , ketika melihat teman – temanya lulus sedangkan dirinya tidak bisa lulus , padahal dia sudah bersabar selama 3 tahun dia belajar namun tidak membuahkan sebuah hasil , jika ini terjadi maka akan ada dua kemungkinan : yang pertama anak ini semakin tidak percaya diri , dia lebih banyak mengurung dirinya di dalam rumah dan yang ke dua anak ini akan memberontak kepada dirinya sendiri , sehingga pergaulan di dunia luar tidak bisa terkontrol dengan baik. jika semua ini terjadi , maka sabar menjadi satu – satunya alat yang paling ampuh untuk mengatasi sebuah kegagalan.

Ketika ada seorang anak yang tidak lulus ujian sekolah , jika dirinya masih mempunyai sifat sabar, saya yakin anak ini akan menunggu kesempatan yang lain , mungkin anak ini akan menunggu paket C atau ujian susulan yang lainya. ini adalah contoh anak yang pantang menyerah walaupun kegagalan pernah di alaminya. Kuncinya hanyalah sabar dan sabar. Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah di uji , kita di ciptakan di dunia ini tidak untuk hidup berfoya – foya , kita di ciptakan di dunia ini tidak untuk hanya bersenang – senang saja , namun kita di ciptakan di dunia agar kita bisa hidup susah . walaupun kenikmatan ada pada diri anda , namun sejatinya manusia yang hidup di dunia ini serba susah. Ada yang punya rumah mewah tapi hutangnya segudang , ada yang punya istri cantik tapi selingkuhan , ada yang punya jabatan tapi korupsi dan lain sebagainya.

METAMORFOSIS KEHIDUPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang