Jadikan ujian sebagai proses menuju kesuksesan

144 0 0
                                    

 Banyak sebagian orang frustasi dengan problematika kehidupan yang menimpa dirinya. , namun ada pula yang sangat berbahagia ketika ada seseorang yang mengalami suatu masalah , menurut mereka masalah itu sebagai bahan pembelajaran bagi kita untuk bisa sukses menuju kehidupan yang lebih baik lagi . seluruh umat manusia pasti pernah berada dalam posisi paling rendah , ketika kita dalam kondisi nol dalam arti kita tidak membawa apa - apa dan tidak mendapatkan apa - apa , nah itulah contoh saat kita semua di lahirkan di dunia dengan membawa tangan kosong .

Pada prinsipnya manusia terlahir di dunia semuanya ingin menguasi sesuatu yang ada di bumi , semua ini bisa di buktikan ketika ada seorang bayi yang lahir pasti tanganya menggengam , tidak ada bayi yang lahir tanganya memekar . itulah kuasa Allah SWT yang menciptakan mahluk terbaiknya yaitu manusia. ketika kita hidup di dunia, rintangan dan cobaan hidup itu pasti ada, pada dasarnya kita hidup di dunia itu hanya di uji coba oleh Allah SWT melalui beberapa cobaan yang akan menimpa kita semua . cobaan itu datangnya setiap hari , kapan saja, dimana saja anda berada.

Banyak sebagian orang yang mengatakan kalau kemiskinan itu gudangnya cobaan dan ujian , padahal persepsi yang semacam itu salah besar , ujian dan cobaan datang tidak mengenal pandang bulu siapa orangnya , apakah itu orang miskin , orang kaya , cantik , tampan dan lain sebagainya. banyak orang yang mengira kalau orang kaya itu hidupnya enak , serba mewah dan punya banyak harta , bisa membeli apapun yang mereka suka , wahai sahabatku yang di cintai Allah SWT , ketahuilah bahwa orang kaya sekalipun itu juga termasuk dalam proses ujian dan cobaan yang di berikan oleh Allah SWT , Sebenarnya Allah itu menguji hambanya dengan kekayaan dengan kata lain , apakah dengan rezeki yang Allah limpahkan kepada orang kaya tersebut bisa di gunakan dengan baik atau tidak , kalau orang kaya tersebut bisa menggunakan hartanya dengan baik , maka orang kaya tersebut akan lolos ujian , akan tetapi jika orang kaya tersebut tidak menggunakan hartanya dengan baik maka begitu sebaliknya , orang tersebut tidak bisa lolos dalam ujian Allah SWT , malah Allah akan membuat dirinya murka di hadapaNya , dan kelak di akhirat nanti orang kaya tersebut akan menghadapi audit besar - besaran , mereka akan di mintai pertanggung jawaban atas harta yang ia miliki.

Jadikan ujian dan cobaan sebagai proses menuju kesuksesan , seperti halnya kalau kita sedang naik gunung , di tengah jalan nafas kita hampir habis , rasa lelah letih dan capek di seluruh badan , namun kita sudah sampai di posisi puncak , maka apalah yang terjadi.? ,terlihat pemandangan indah yang memanjakan mata kita semua . pada kesimpulanya , kesuksesan itu tidak bisa di raih dengan cara - cara instan , semua itu melalui proses kehidupan yang panjang , dan di tengah jalan pasti ada rintangan , ujian dan cobaan , jadi pesan saya , jadilah orang yang kuat , jangan mudah pesimis dengan keadaan jika posisi kita sedang terkena masalah atau cobaan . tataplah masa depan anda ke depan , jangan tengok masalalu yang suram dan penuh dengan duka .

Cerita sedikit tentang pengalaman pribadi saya , saya adalah orang kampung yang dulunya tidak mengerti apa itu sekolah , apa itu pendidikan , apa itu moral dan apa itu akhlak , saya terlahir dari lingkungan orang - orang yang keras , banyak teman - teman saya yang menjadi pemabuk berat , bahkan ada yang sampai mengidap kasus narkoba , namun semua itu tidak menjadi pengaruh buat saya untuk kepadanya , ayah saya seorang penjual mainan , waktu aku kecil ayah pergi berdagang dengan menggunakan sepeda ontel , beliau mengayuh sepeda berkilo - kilo meter demi masa depan saya dan adek - adek saya , namun saat saya berumur kurang lebih 16 tahun dan saya saat itu masih duduk di kelas 11 SMA , ayah saya meninggal dunia . dari situlah saya baru mengerti bahwa kehidupan ini hanyalan titipan semata , dari ujian itulah yang sampai saat ini saya masih menjadi seorang manusia yang paling bersyukur di muka bumi ini , karena Allah telah memilih dan Allah sangat mencintai saya , sehingga Allah memberikan ujian yang sangat berat kepada saya .

Tidak hanya itu saja , ketika awal - awal saya masuk kuliah , dan saat itu aku masih duduk di semester satu awal kuliah , ibu saya sudah mulai sakit - sakitan dan sudah lama tidak bisa jualan lagi di pinggir sekolah , sementara itu aku masih punya dua orang adek , yang mereka berdua ini masih sangat semangat menempuh pendidikan , saya sangat salut sekali dengan adekku yang nomer dua ini , namanya rika , setiap hari dia harus merawat ibu yang saat ini sedang terkena penyakit syaraf kejepit , tidak bisa aku bayangkan jika saya sendiri menjadi dia . setiap hari ia juga harus kuliah ke IAIN Sunan Kudus , pulangnya dia harus merawat ibu lagi . pernah suatu hari dia meminta kepada saya agar dia putus kuliah karena faktor biaya dan lain sebagainya, namun saat itu saya sangat marah , saya sendiri tidak ingin adek saya putus kuliah , karena usia juga masih muda dan pendidika di masa depan adalah segala - galanya , nah dari itu saya mulai berpikir inilah yang dinamakan dinamika kehidupan , di tengah jalan pasti ada rintangan , namun apa boleh buat seorang anak yang sudah di tinggal oleh ayahnya , sementara saya sebagai anak pertama harus membantu biaya kuliah adek saya , biaya sekolah adek saya yang paling ragil , serta membelikan obat untuk ibu yang sedang sakit dan tidak bisa bekerja lagi .

Semoga dengan ujian yang sedang aku alami saat ini , bisa menjadi pengalaman hidup yang tidak pernah aku lupakan , dan aku yakin Allah sangat cinta kepada saya , Allah sangat cinta kepada keluarga saya dan aku yakin suatu saat bahagia akan datang dengan sendirinya , impian terbesar saya saat ini adalah ingin memberangkat ibu saya ke tanah suci dan saya sendiri sudah bernazar kalau ibu sudah sembuh dan penghasilan saya sudah lima puluh juta ke atas maka InsyaAllah dengan izin Allah kami berdua akan umroh ke tanah suci makah dan bisa berkunjung ke makam junjungan nabi kita Rasulullah Muhammad SAW. dan yang terakhir semoga ayah saya yang sudah meninggalkan keluarga kami tercinta , di alam barzah senantiasa mendapatkan nikmat kubur dan di dalam kuburnya terdapat taman - taman surga , saya sendiri berharap jika saya nanti mati , saya ingin sekali bertemu dengan ayah lagi , semoga saya di berikan umur yang panjang oleh Allah SWT dan meninggal dengan khusnul khatimah dan ibuku yang sekarang sedang sakit semoga Allah memberikan keajaiban dan mukjizat agar ibuku bisa sembuh kembali . 

METAMORFOSIS KEHIDUPANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang