Menanam pasti akan memanen , sebuah biji kacang di tanam ke dalam tanah selama berada di dalam tanah biji kacang tersebut melakukan sebuah mediasi , sehingga setelah kacang tersebut berhasil melakukan mediasi maka kacang tersebut akan menghasilkan buah yaitu berupa biji kacang. seperti halnya dengan manusia jika kita menanam benih - benih kebaikan , maka hasil yang akan kita dapat adalah kebaikan - kebaikan yang akan datang kepada diri anda. coba anda bayangkan , sebuah tanaman yang di tanam di dalam tanah , tanah sendiri bermakna rendah , terkadang banyak orang yang menginjaknya , namun kacang tetaplah kacang , dia tetap bersabar walau sering kali di injak , hingga saat dia tumbuh menjadi kacang dewasa banyak orang yang ingin mengambil buahnya.
Kacang yang tumbuh dan berbuah maka kacang tersebut sudah berhasil menjadi kacang , akan tetapi kacang yang gagal menjadi kacang adalah kacang yang kulit luarnya bagus dan terlihat indah , namun di dalamnya tidak terdapat isinya. inilah yang dinamakan kacang kopong , maukah anda menjadi seperti kacang yang kopong.? , jika anda bersabar dalam menerima suatu masalah atau ujian yang menghadapi anda , maka yang anda lakukanya hanyalah bersyukur dan bersabar , kelak anda akan memanen buahnya yaitu berupa kebaikan di dunia maupun di akherat nanti , berbanding terbalik jika anda terkena suatu masalah atau ujian yang menimpa anda ,akan tetapi anda belum sanggup menerima kenyataan yang ada , anda marah dan selalu mengeluh dengan masalah yang sedang anda hadapi , maka suatu saat anda tidak akan bisa memanen , yang ada hanyalah rasa sedih dan kekecewaan sehingga mengakibatkan anda mudah menyerah dan putus asa serta kebaikan akan menjauh dengan anda.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menanam kebaikan dan memanen dari hasil kebaikan tersebut.? adapun cara agar kita bisa memanen dengan apa yang kita tanam saat ini adalah sebagai berikut :
1. Rajin bersedekah
Sedekah adalah cara paling efektif untuk menanam amal kebaikan yang paling abadi , hasil panen tersebut akan kita terima tidak hanya di dunia saja , melainkan sampai kelak di akherat nanti, hasilnya masih bisa anda nikmati , namun untuk melakukan hal yang seperti itu tidaklah mudah , mulailah anda berlatih dengan sedekah , walau mungkin hati anda tidak ikhlas , saya yakin jika anda melakukan sedekah secara kontinyu dan istiqomah saya yakin rasa ikhlas itu akan datang dengan sendirinya , kalau kata mas ippo santosa "Lebih baik sedekah tidak ikhlas daripada tidak bersedekah sama sekali" , memang awalnya kelihatan berat , namun jika kita sudah biasa , sedekah akan menjadi hal yang paling mudah anda lakukan , kadang kita sendiri merasa ingin di sedekahi , tapi alangkah baiknya jika kita menyedekahkan harta kita kepada orang lain.
Sedekah tidak harus menunggu kita kaya dulu , walau dalam kondisi sesulit apapun kita harus bersedekah , balasan sedekah tidak mesti harus berupa uang dan harta benda , bisa jadi balasan tersebut berupa kesehatan , ketentraman dan kesejahteraan di dalam kehidupan anda , dan saya sayakin sedekah merupakan cara kita menanam kebaikan yang paling efektif , senyum aja termasuk sedekah , maka jangan sampai kita selalu memasang muka yang murung dan bersedih , walau pada hakikatnya hati anda menangis dengan masalah dan ujian yang anda hadapi saat ini , namun anda harus memberikan pancaran energi positif kepada orang lain berupa senyuman yang membahagiakan.
2. Mempunyai Anak yang sholeh dan sholehah
Semua orang tua pasti pingin punya anak - anak yang sholeh dan sholehah , seorang bajingan kelas kakap pun tidak ingin suatu saat nanti anaknya tumbuh dewasa seperti ayahnya , ibarat singa tak mungkin makan anaknya sendiri. semua orang dan saya sendiri pasti kepingin mempunyai anak yang baik , baik dari segi akhlak maupun ilmu agamanya. orang tua mempunyai peran penting dalam mendidik anak - anaknya , jika anda mampu menanam benih kebaikan kepada anak anda , saya yakin besok ketika anda sudah meninggal dunia kebaikan tersebut masih melekat di hati sang anak , sehingga anak tersebut tergerak hatinya untuk selalu mendo'akan ke dua orang tuanya agar di ampuni semua dosa - dosanya dan di beri kebaikan di dunia dan di akherat oleh Allah SWT.
Jika anda mampu menanamkan kebaikan pada anak anda , maka saya yakin anda sendiri yang akan memanen kebaikan tersebut dengan pancaran energi positif yang ada di dalam diri anda. maka jika anda ingin menanen kebaikan , berikanlah kebaikan kepada orang lain melalui sedekah dan mendidik anak dengan baik , ujian dan cobaan pasti ada , jadi bersiap - siaplah anda untuk menghadapinya , jika anda sanggup untuk bertahan maka anda akan menang , orang sukses yaitu orang yang tidak akan berhenti ketika ia gagal , akan tetapi orang sukses adalah orang yang ketika gagal ia bangkit lagi dan mampu menanam seribu benih kebaikan , kelak di masa yang akan datang dia akan memanen seribu kebaikan tersebut dengan berlipat - lipat ganda pahalanya. perlu anda ingat bahwa "Jika anda menanam sudah pasti anda akan memanen , jika anda sabar tanaman itu akan tumbuh denga capet , jika anda marah dan bersedih maka jangan berharap tanaman tersebut tumbuh".
"Tanamlah Seribu
Kebaikan didalam Hidup
Niscaya akan tumbuh
Sejuta Kebahagiaan
didalam hidupmu"