lima : pantes aja Ayah ngebet!

3.6K 848 59
                                    

Setelah jarum infus Ayah dibenerin suster, pendarahannya berenti. Tapi Ayah masih ngedrama. Kalau bukan Ayah gua itu sendal udah melayang. Drama abis, alter ego Ayah kali ya centil gini. Mungkin pengaruh belasan tahun ga deket sama cewek. Gua cuma duduk di sova, cuma gua liatin aja. Ayah lagi sakit, biarin aja dia seneng dulu.

"Kamu kaget ya liat Ayah kamu gitu?" Tanya Tante Nayeon.

"Iya, biasanya kan Ayah tuh cool." Jawab gua.

"Dia bisa jadi apa aja yang dia mau Jin. Pas SMA dia anak teater sama photographi. Makanya hidup dia kebanyakan acting."

"Tante udah lama kenal Ayah?" Tanya gua.

"Dari SMP, dia kakak kelas tante." Jawab Tante Nayeon.

Satu fakta yang baru gua tahu. Ayah kenal tante Nayeon dari SMP. Berarti Ayah kenal Tante Nayeon duluan daripada Ibu. Menurut cerita Ayah, Ibu ketemu sama Ayah pas kuliah.

"Tante juga kenal Ibu kamu. Tapi pas kuliah Jin." Kata Tante Nayeon.

Gua jadi tertarik buat ngobrol sama Tante Nayeon. Soalnya topiknya soal Ibu.

"Dulu Ibu gimana orangnya Tan?" Tanya gua.

"Ibu kamu baik Jin. Dia temen deket tante karena kita sejurusan. Tau nya dia malah pacaran sama Ayah kamu. Mereka cocok sih, sama - sama ga pake saringan kalau ngomong. Kalau inget masa itu rasanya pengen muda lagi." Jawab Tante Nayeon.

"Emang ga enak ya jadi orang dewasa?" Tanya gua.

"Ga enak Jin. Mikirin anak, kerjaan, belum masalah lain. Apalagi tante juga kan single parents sama kaya Ayah kamu. Bedanya sih, Ayahnya Yejin masih ada. Tapi dia udah punya keluarga baru." Jawab Tante Nayeon.

"Tan, bukannya pernikahan itu sampai maut memisahkan ya Tan?" Tanya gua.

"Ya harusnya begitu. Sayangnya semua hal ga bisa berjalan semulus itu. Pasti ada aja sulitnya. Sesulit apapun masalahnya jangan lupa bahagia aja. Itu sih prinsip Tante. Eh iya Tante telepon Yejin dulu ya." Jawab Tante Nayeon.

"Yejin sendirian di rumah Tan?" Tanya gua. Gua nanya karena kasian ya bukan bentuk perhatian.

"Kalau di apartmen kita sendiri, kayaknya dia mau nginep di rumah Ayahnya." Jawab Tante Nayeon.

Gua paham sekarang kenapa Yejin biasa aja lihat Bundanya akrab sama Ayah. Dia aja biasa bareng sama keluarga baru Ayahnya. Gua heran kenapa dia bisa menerima. Gua aja baru dikenalin udah ngamuk.

"Jin, nanti Yejin mau jenguk boleh kan?" Tanya Tante Nayeon.

"Boleh kok." Jawab gua.

Kayaknya kesan gua di mata Tante ini galak. Mungkin karena gua kabur pas dikenalin kemarin.  Ga apa deh kalau gini dia ga bakalan ngelunjak nganggap gua mau ngerestuin. Saat ini kan situasinya urgent makanya gua baik.

Ayah bangun pas tante Sooyoung sama Oma dateng. Lagi gua heran liat Oma gua akrab banget sama Tante Nayeon. Pake acara peluk -peluk. Apa Ayah udah ngenalin tante ini sama Oma?

"Tante Sooyoung. Kenapa Oma akrab banget sama Tante Nayeon ?" Tanya gua.

"Kamu ga tau Jin?" Tanya Tante Sooyoug balik.

"Apaan emang Tan?" Tanya gua.

"Kak Nayeon kan mantan Ayah kamu sebelum pacaran sama Ibu kamu. Lama loh mereka pacarannya, dari Ayah kamu kelas 3 SMP sampai 3 SMA. Empat tahun." Jawab Tante Sooyoung.

Gua kaget banget sekarang. Parah banget sih gua ga tau kalau Tante Nayeon itu mantan pacar Ayah. Kalau gini wajarlah Oma akrab. Terus Ayah ngebet nikah, ketemunya Mantan. Bisa jadi Ayah itu gagal move on dari Tante ini. Hmm ga mungkin sih, kalau gamon dari Tante ini mana mungkin Ayah kuat menduda dua belas tahun.

"Masih muda jangan banyak ngelamun." Ujar Oma.

"Eh Oma."

"Jin, cocok ya Tante Nayeon sama Ayah." Ujar Oma.

"Ga ah cocokan sama Ibu aku." Jawab gua.

Oma cuma senyum. Ngelus kepala gua.

"Jin, jangan terlalu keras sama Ayah kamu. Dia sakit ini merajuk." Kata Oma sambil tertawa.

Gua jadi bingung sama omongan Oma ini.

"Bingungkan, ini makan dulu. Nay jangan lupa makan ya masakan Mama." Ujar Oma.

Oma sengaja bawain makanan, tau nya porsi triple. Buat Ayah, gua dan Tante Nayeon. Sampai Oma dan Tante Sooyoung pulang, gua memilih diam. Melihat keakraban Tante Nayeon sama mereka. Ditambah Ayah keliatan seneng banget. Gua jadi ikut seneng walau dalam hati dongkol.

"Jin, tante tidur di sova aja kamu yang di kasur ya." Ujar Tante Nayeon.

"Ngga Tan, aku aja yang tidur di sova." Kata gua.

Walau gua sebel, tapi gua masih punya hati.  Masa biarin Tante Nayeon yang lebih tua tidur di sova. Kamar rawat ayah kan VVIP ada tempat tidur buat yang jaga. Denger ucapan gua Ayah senyam senyum liat gua.

"Gini kan Ayah seneng liatnya Jin. Tau gini temuin kalian pas sakit aja. Biar ga ada yang kabur." Ujar Ayah.

"Ayah nyindir aku?" Tanya gua.

"Ngga, yang ngerasa aja." Jawab Ayah.

"Udah - udah ga udah berantem." Ujar Tante Nayeon.

"Siapa yang berantem." Kata gua sama Ayah barengan.

"Tuh kan saling ngerasa. Jinyoung tidur deh. Anak tuh harusnya ga digodain." Kata Tante Nayeon.

"Tuh Jin. Kamu yang dibelain bukan Ayah." Ujar Ayah.

Gua pura pura ga denger langsung ngeringkuk di sova. Ga lama ada yang selimutin gua. Terus usap kepala gua.

"Jis, anak lo sayang banget sama lo. Dia mirip Jinyoung 99.99 persen. Lo cuma dikasih sepersen pun ngga. Selamat tidur Jin." Kata Tante Nayeon.

Gua denger semuanya dan gua merasa bersalah.

(1) AYAH ! ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang