Rene Descartes adalah seorang ilmuwan, filosof, matematikus Prancis yang tersohor.
Mungkin, bagian paling menarik dari filosofi Descartes adalah caranya dia memulai sesuatu.
Meneliti sejumlah besar pendapat-pendapat yang keliru yang umumnya sudah disepakati orang.Descartes berkesimpulan untuk mencari kebenaran sejati dia mesti melakukan langkah yang polos dan jenih. Untuk itu, dia mulai dengan cara meragukan apa saja yang dikatakan gurunya.
Meragukan kepercayaan atau pendapat yang sudah berlaku, meragukan eksistensi alam di luar dunia, bahkan meragukan eksistensinya sendiri.
Pokoknya meragukan segala-galanya.Apakah mungkin menemukan pengetahuan yang bisa dipercaya mengenai segala-galanya?
Tapi, lewat alasan-alasan metafisika yang cerdik, dia mampu memuaskan dirinya sendiri bahwa dia sebenarnya "ada"
Cogito Ergo Sum (saya berpikir, maka saya ada) merupakan teorinya yang sangat terkenal.
Makna penting teori Descartes punya nilai ganda;
Pertama, dia meletakkan pusat sistem filosofinya persoalan epistemologis yang fundamental
"Apakah asal muasalnya pengetahuan manusia itu?" Para filosof terdahulu sudah mencoba melukiskan gambaran dunia. Descartes mengajar kita bahwa pertanyaan macam itu tidak bisa memberi jawab yang memuaskan kecuali dikaitkan dengan pertanyaan "Bagaimanaa saya tahu?"Kedua, Descartes menganjurkan kita harus berangkat bukan dengan kepercayaan, melainkan dengann keraguan.
Descartes yakin bahwa seluruh alam, kecuali Tuhan dan jiwa manusia bekerja secara mekanis, dan karena itu semua peristiwa alami dapat dijelaskan secara dan dari sebab-musabab mekanis. Atas dasar ini, dia menolak anggapan-anggapan astrologi, magis dan yang berbau takhayul.
Sedikitnya ada lima ide Descartes yang punya pengaruh penting terhadap jalan pikiran Eropa:
1. Pandangan mekanisnya mengenai alam semesta
2. Sikapnya yang positif terhadap penjajagan ilmiah
3. Tekanan yang diletakkannya pada penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan
4. Pembelaannya terhadap dasar awal sikap skeptis
5. Penitikpusatan perhatian terhadap epistemologi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Philosophy's World
RandomWhat is philosophy ? *Referensi di atas berasal dari buku dan internet !